Kesehatan

Mengenal Decidual Cast Yang Bikin Darah Haid Menggumpal

Mengenal Decidual Cast Yang Bikin Darah Haid Menggumpal

Menstruasi merupakan hal yang rutin dialami oleh tiap wanita yang sudah akhil baliq alias sudah dewasa. Saat menstruasi kebanyakan wanita sering mengeluhkan perut kram yang sangat mengganggu aktivitas harian.

Selain itu, mood saat menstruasi tiba terkadang juga jadi tidak stabil. Membuat kita jadi mudah marah atau tersinggung, meski dengan hal sepele.

Belum lagi dengan keluarnya darah haid menggumpal saat menstruasi yang terkadang membuat kita semakin khawatir. Nah, terkadang bentuk darah haid menggumpal seperti hati ayam alias berbentuk segitiga.

Dalam dunia medis, kondisi ini juga dikenal dengan decidual cast. Yuk! Kenali mengapa hal tersebut bisa terjadi dalam penjelasan berikut ini.

Decidual cast bikin darah haid menggumpal


Melansir WebMD merupakan potongan jaringan darah merah yang berbentuk seperti darah haid menggumpal. Biasanya gumpalan ini keluar melalui vagina saat kita sedang menstruasi.

Hal tersebut terjadi ketika lapisan lendir tebal rahim, yang disebut decidual luruh di dekat bentuk rongga rahim. Kebanyakan bentuk darah haid menggumpal ini memang berbentuk segitiga mengikuti bentuk rahim.

Hingga saat ini, para ahli masih belum bisa memastikan apa penyebab darah haid menggumpal. Namun, decidual cast atau darah haid menggumpal ini erat kaitannya sebagai tanda kehamilan ektopik (kehamilan yang terbentuk di luar rahim) atau terkait dengan kontrasepsi hormonal dengan progesteron.

Ketika darah haid menggumpal terjadi di dalam rahim kita, biasanya kita akan merasa sakit perut atau kram yang lebih sakit dari biasanya. Bahkan, sebelum darah haid menggumpal itu keluar biasanya Ibu juga mulai mengalami beberapa tanda seperti;

  • Darah haid yang keluar lebih banyak
  • Kram perut
  • Rasa tidak nyaman beraktivitas
  • Tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga

Uniknya, begitu darah haid menggumpal itu keluar tanda dan gejala tersebut tiba-tiba bisa hilang. Rasanya bisa seperti sangat melegakan bagi Ibu.

Bentuk decidual cast atau darah haid menggumpal seperti hati ayam ini memang terlibat layaknya daging. Berwarna merah muda, padat dan sedikit mengkilap. Hal ini karena, darah haid menggumpal memang terdiri dari jaringan, lendir, dan darah yang menggumpal.

Cara mengatasi haid menggumpal


Decidual cast penyebab darah haid menggumpal memang belum dapat dipastikan apa penyebabnya. Namun, sebagai sebuah ikhtiar pencegahan nggak ada salahnya melakukan beberapa hal berikut:

  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan konsumsi air putih yang cukup selama hadi berlangsung. Apalagi ketika darah haid muncul dengan volume lebih banyak, dapat membuat tubuh Ibu menjadi mudah lemas dan lelah.
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan sejenis aspirin. Sebab hal ini hanya akan memperparah perdarahan yang terjadi.
  • Tetap konsumsi makanan sehat yang kaya akan zat besi.
  • Berolahraga secara rutin. Lakukan olahraga ringan saat sedang menstruasi. Hindari melakukan olahraga berat yang akan membuat Ibu jadi mudah lelah.

Apakah darah haid menggumpal berbahaya? 


Sebuah jurnal dari National Library of Medicine berjudul Reasons Women Do Not Seek Health Care for Dysmenorrhea sebenarnya darah haid menggumpal saat menstruasi tidak berbahaya. Kebanyakan wanita bahkan tidak memerlukan penanganan khusus dari dokter berupa obat-obatan ketika hal ini terjadi.

Namun, decidual cast atau darah haid menggumpal ini tergolong kondisi yang jarang terjadi. Sehingga saat Ibu mengalaminya dan mengalami kram tak tertahankan, serta pendarahan vagina yang berbeda dari yang biasanya ada baiknya segera periksakan kondisi ini ke dokter.

Ibu juga wajib berkonsultasi ke dokter apabila mengalami periode menstruasi yang lama atau berat atau bahkan menimbulkan ketidaknyamanan yang cukup parah. Sebab, bisa jadi ini merupakan tanda dan gejala dari penyakit lain.

Selain itu, jika ditanya bisakah darah haid menggumpal dicegah? Sayangnya, melansir Healthline  kondisi ini tidak dapat dicegah ya, Bu. Apalagi, decidual cast yang menyebabkan darah haid menggumpal ini kebanyakan terjadi akibat efek dari alat kontrasepsi hormonal yang digunakan oleh Ibu. 

Sebaiknya, tetap waspada ketika timbul gejala tidak biasa yang mungkin terjadi saat Ibu menggunakan alat kontrasepsi, seperti kram parah dan pendarahan vagina. Beberapa kondisi lain yang harus diwaspadai ketika darah haid menggumpal keluar:

  • Darah haid menggumpal sering terjadi atau bahkan selalu terjadi tiap kali menstruasi.
  • Bentuk dan ukuran darah haid menggumpal sangat besar seperti seukuran kepalan tangan.
  • Darah menstruasi yang muncul sangat deras, bahkan dalam 1 jam Ibu harus mengganti pembalut berkali-kali.
  • Terjadi penurunan kesadaran, terutama ketika kram perut terjadi.

Secara keseluruhan, darah haid menggumpal ini terdiri dari campuran sel darah, jaringan dari lapisan rahim serta protein dari dalam darah yang dapat membantu mengatur aliran darah mens. Ketika kondisi darah haid mengumpak terjadi terlalu sering, bisa menjadi pertanda adanya penyakit penyerta lain seperti kanker dan lain sebagainya.

Namun, darah haid menggumpal berbentuk segitiga seperti hati ayam ini sebenarnya punya fungsi yang cukup krusial dalam mencegah darah haid keluar terlalu banyak. Akan tetapi, nggak ada salahnya kok Bu untuk mengetahui apa saja hal yang perlu diwaspadai seperti yang sudah disebutkan di atas.