Kesehatan

Patut Dicoba! 11 Merek Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Patut Dicoba! 11 Merek Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Memilih sunscreen untuk kulit sensitif terbilang susah-susah gampang. Biasanya karena ada 2 kemungkinan terjadi, yaitu kulit kamu sensitif terhadap kandungan sunscreen atau sensitif terhadap paparan sinar matahari. Menurut laman Healthline, kandungan di dalam sunscreen sendiri dapat menyebabkan rasa panas, gatal dan kemerahan. Sehingga sebaiknya kamu memilih sunscreen untuk kulit sensitif yang mengandung zinc atau titanium dioxide yang cukup aman. Meski begitu, masih ada kemungkinan juga kulit kamu sensitif terhadap kandung tersebut. Sedangkan kandungan yang wajib kamu hindari adalah parfum, alkohol, oxybenzone, salicylates, para-aminobenzoic acid dan cinnamates.

Untuk bisa mengetahui sunscreen mana yang tepat untuk kulitmu, kamu perlu mencoba beberapa produk dan menyesuaikan dengan kondisi kulit. Laman DermNet NZ juga menyarankan untuk membeli sunscreen yang berlabel hypoallergenic/low irritant. Fungsinya adalah untuk menyamankan kulit sensitifmu. Ohya, kamu juga perlu memperhatikan permasalah kulit lain yang muncul. Misalnya berjerawat. Ini berarti kamu perlu sunscreen untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Sensitif


Kamu yang berkulit sensitif tentu membutuhkan uji coba pada beberapa merk sunscreen agar menemukan kandungan yang tepat dan tidak melukai kulit. Ini dia beberapa pilihan diantaranya:


1. Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion


Photo source: sensatia.com

Sunscreen untuk kulit sensitif yang satu ini minim komposisi. Cocok untuk kamu yang ingin menggunakan bahan natural dan sederhana. produk ini mengandung minyak bunga matahari   yang bersifat anti bakteri dan melembabkan kulit. Adanya Beeswax juga membantu produk ini tahan air. Yang utama, kandungan non-nano zinc oxide yang mampu menangkal sinar UV tetapi juga mengurangi iritasi pada kulitmu. Tapi, teksturnya agak berat dan cenderung oily, beberapa jenis kulit akan bermasalah menggunakan produk ini. Pemakaiannya akan meninggalkan white cast. Sehingga kamu perlu benar-benar meratakannya degan maksimal. Harga produk ini adalah Rp 150.000 untuk 100ml bentuk tube.

2. Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50


Photo source: cetaphil.co.id

Sunscreen untuk kulit sensitif Cetaphil memiliki tekstur yang cukup ringan. Penggunannya mudah dan juga tidak menyumbat pori. Di beberapa orang tekstur produk ini cukup disukai karena bisa ditumpuk dengan make up dengan hasil riasan yang bagus. Harganya cukup mahal Rp 250.000 untuk kemasan tube 50 ml. Cetaphil sendiri kini telah mengeluarkan produk sunscreen untuk kulit sensitif lainnya yaitu Cetaphil Sheer Mineral yang berbentuk liquid, broad dan stick broad. Jadi pilhan untukmu lebih beragam.

3. Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen SPF 50 PA+++


Photo Source: kiehls.co.id

 
Kiehls’s memiliki beberapa pilihan Ultra Light Daily UV Defense. Untuk mineral sunscreen ditujukan bagi kulit sensitif dan mudah berjerawat. Hasil akhirnya matte dan sifatnya non-komedogenik. Dibandrol dengan harga Rp 730.000 untuk kemasan 50 ml.

4. L’Oreal Paris UV Defender Matte & Fresh SPF 50 PA++++


Photo Source: loreal-paris.co.id

Sesuai namanya, sunscreen untuk kulit sensitif dari L’Oreal ini menjanjikan hasil akhir matte dan tetap segar untuk kulit sensitif yang berminyak. Brand ini mengklaim produk ini mampu menyamarkan pori. Harganya sekitar Rp 150.000-an.

5. Aveeno Baby Sunscreen Lotion with Zinc Oxide

Photo source: aveeno.com

Produk ini diformulasikan untuk bayi berkulit sensitif dan termasuk yang disarankan dokter spesialis anak. Orang dewasa pun bisa menggunakan ini. Bebas paraben dan SPFnya 50. Harganya sekitar Rp 250.000-an. 


6. Some by Mi Truecica Mineral 100 Calming Suncream

Photo source: pinterest

Produk Korea yang sedang hits ini mengklaim cocok digunakan kulit sensitif dan kandungan Truecicanya mencerahkan wajah. Aromanya cukup lembut dan tekstur tidak terlalu kental. Harganya sekitar Rp 125.000.

7. Innisfree Daily Sensitive Sunscreen SPF 50+ PA++++

Photo Source: innisfree.com 

Sunscreen yang satu ini mudah untuk diaplikasikan karena teksturnya yang ringan. Seperti halnya kebanyakan sunscreen, white cast sangat mungkin terjadi. Tetapi produk ini cukup cepat penyerapannya dibanding merk lainnya. Harga produknya sekitar Rp 210.000 untuk ukuran 50ml.

8. Neutrogena Sheer Zinc Sunscreen Broad Spectrum SPF 50

 Photo Source: neutrogena.com

Sunscreen yang satu ini bersifat non-comedogenic dan tahan keringat serta air. Sudah berlabel Hypoallergenic dan aman untuk kulit sensitif. Harganya sekitar Rp 140.000 - Rp 190.000 untuk 88 ml.

9. Klairs Mid-day Blue Sun Lotion SPF 40 PA++

 Photo Source: klairscosmetics.com

Klairs disebut sebagai sunscreen yang berkarakteristisk karena selain sebagai UV protector, produk ini ternyata juga bersifat tone up untuk kulitmu. Teksturnya ringan bahkan sampai website resmi brand ini menegaskan bahwa sunscreen ini ditujukan bagi mereka yang tidak suka sunscreen. Harga produk ini adalah Rp 305.000.

10. Banana Boat Simply Protect Sensitive Sunscreen Lotion

 Photo Source: bananaboat.com

Brand ini cukup terkenal dalam produksi sunscreen dan after sun lotion. Variannya umum, bayi, anak, hingga sensitif dihadirkan oleh brand ini. Sunscreen ini paraben free dan tahan air hingga 80 menit. Produk ini juga direkomendasikan oleh Skin Cancer Foundation, lho. Harga produknya Rp 200.000-an.

11. Skin Aqua UV Mild Milk Dry to Sensitive Skin SPF 25 PA++

 Photo Source: rohto.co.id

Sunscreen untuk kulit sensitif yang satu ini terbilang cukup murah. Skin Aqua merupakan salah satu skincare produk Rohto. Skin Aqua sendiri memiliki beberapa pilihan sunscreen dan Mild Milk adalah yang ditujukan untuk kulit kering sampai sensitif. Produk ini memiliki soothing agent untuk menenangkan jerawat dan peradangan. Tetapi, ada pengguna produk yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat kurang cocok menggunakan sunscreen ini. Harga produk dibandrol dari Rp 45.000-Rp 60.000-an.

Pilihan sunscreen untuk kulit sensitif sangat beragam. Saatnya kamu mencoba mana yang paling tepat untuk kulit sensitifmu.

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editor: Dwi Ratih