Kesehatan

12 Penyebab Mata Kedutan yang Bukan Karena Mitos!

12 Penyebab Mata Kedutan yang Bukan Karena Mitos!

Penyebab mata kedutan dapat diakibatkan dari banyak hal, dari mulai penggunaan alkohol berlebihan, kondisi udara di lingkungan sekitar, dan masih banyak lagi. 

Kita pasti cukup penasaran kenapa mata kedutan sebelah kiri atau mata kedutan kanan atas. Banyak juga yang mengaitkan hal ini dengan mitos. 

Beberapa masalah penyebab mata kedutan bisa disembuhkan dengan baik tanpa perlu tindakan medis yang serius karena sangat jarang penyebab mata kedutan ada kaitannya dengan tanda gangguan pada sistem saraf tertentu maupun otak.

Pada beberapa kasus mata kedutan ini termasuk ringan. 

Namun melansir dari laman Healthline, bila kejang atau kedutan pada mata terasa begitu kencang sehingga memaksa kedua kelopak mata sampai tertutup sepenuhnya makan kemungkinan ini bukan kedutan biasa dan dapat mengarah pada diagnosa blepharospasm.

Orang yang mengalami masalah ini akan merasakan kedutan pada mata dengan intensitas beberapa detik selama satu hingga dua menit. 

Bila ditemui kedutan tak kunjung sembuh lalu disertai dengan penyakit serius lainnya, segera periksakan ke dokter supaya pasien mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Penyebab Mata Kedutan


Saat mata kedutan kanan atas itu berarti Ibu akan segera mendapatkan rejeki nomplok, begitu juga kenapa mata kedutan sebelah kiri, banyak yang mengartikan akan mengalami momen sedih hingga menangis. 

Benar demikian? Tentu saja ini hanyalah mitos yang beredar di masyarakat kita saja Bu. Penyebab mata kedutan sangat erat kaitannya karena kondisi lingkungan tertentu atau mengalami masalah medis. Namun seringnya bukan merupakan masalah serius. 

Melansir dari laman Mayo Clinic, penyebab mata kedutan dapat dipicu karena:

1. Gaya Hidup Tidak Sehat 

Penyebab mata kedutan dapat disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat, dari mulai terlalu sering mengkonsumsi alkohol hingga terlalu banyak mengkonsumsi kafein setiap harinya. 

Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menjadi penyebab mata kedutan. Gaya hidup yang tidak sehat kerap kali menimbulkan masalah lain tak hanya menjadi penyebab mata kedutan saja.

Ada baiknya sedini mungkin kita menyadari pentingnya melakukan olahraga rutin, minum air putih yang cukup, mulai mencoba mengkonsumsi makanan dan minuman sehat kaya manfaat, hingga mengusahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya.

2. Sering Melihat Cahaya Terang Tanpa Pelindung Mata

Terlalu sering terpapar cahaya yang cukup terang tanpa dilengkapi dengan pelindung mata dapat menjadi penyebab mata kedutan. Sensitivitas pada cahaya cukup berpengaruh pada kesehatan mata kita. 

Dianjurkan untuk tidak melihat langsung ke arah sumber cahaya yang begitu terang. Bila harus terus berada di lingkungan pekerjaan yang memungkinkan untuk terpapar cahaya terang, maka disarankan untuk menggunakan kacamata pelindung yang memiliki lensa antiradiasi. 

Hal ini tak hanya akan membuat penyebab mata kedutan berkurang saja namun juga akan membantu memelihara kesehatan mata.

3. Mengalami Kelelahan Dan Stress Berat


Melansir dari laman Mayo Clinic, kelelahan dan stress berat dapat menjadi penyebab mata kedutan. Imbangi kegiatan sehari-hari dengan waktu istirahat yang cukup dan cobalah untuk mengkonsumsi air putih dengan takaran yang pas supaya tubuh tetap bugar. 

Memulihkan diri dari stress memang tidak mudah, namun Ibu bisa mulai mencobanya dengan melakukan kegiatan yang menjadi kegemaran Ibu.

4. Terjadi Iritasi pada Kelopak Mata Dalam

Penyebab mata kedutan berikutnya kemungkinan Ibu mengalami iritasi pada kelopak mata bagian dalam. Iritasi dapat dihindari juga dengan penggunaan kacamata saat sedang berkendara atau ketika sedang berada di lingkungan penuh debu, Ibu bisa menggunakan kacamata khusus yang dapat membantu melindungi seluruh bagian mata.

5. Terpapar Polusi Angin dan Udara

Kondisi lingkungan saat ini sedang terpapar polusi angina maupun udara. Ini sangat mengganggu aktifitas harian bukan? Beberapa penyebab mata kedutan juga diakibatkan karena sering atau pernah terpapar polusi angin dan udara sebelumnya. 

Iritasi lingkungan seperti ini sangat rentan menjadi penyebab mata kedutan. Harap berhati-hati jika sering terpapar polusi lingkungan ya!

6. Blefaritis


Penyebab mata kedutan yang dinilai lebih serius dan membutuhkan penanganan medis adalah penyakit Blefaritis. Mengutip dari laman Mayo Clinic, Blefaritis adalah sebuah kondisi peradangan pada kelopak mata dan mempengaruhi kedua mata di sepanjang tepi kelopak mata. 

Penyebab mata kedutan seperti Blefaritis ini sangat umum terjadi ketika kelenjar minyak kecil yang ada di dekat pangkal bulu mata mengalami penyumbatan sehingga menyebabkan iritasi dan kemerahan. 

Penyakit yang satu ini kemungkinan agak sulit diobati dan akan sangat tidak nyaman bagi penderitanya serta tidak sedap dipandang. Kondisi yang satu ini perlu penanganan medis lebih lanjut.

7. Abrasi Kornea

Abrasi kornea dapat menjadi penyebab mata kedutan berikutnya. Mengutip dari laman Hello Sehat, abrasi kornea merupakan suatu kondisi dimana permukaan kornea mata tergores benda asing seperti debu, pasir yang ikut terbang bersama angin, hingga hewan kecil seperti serangga. 

Abrasi kornea harus dilakukan perawatan yang tepat karena tak hanya menyebabkan mata kedutan kanan atas atau menjadi sumber kenapa mata kedutan sebelah kiri, namun akan menyebabkan kerusakan kornea permanen. Hati-hati ya!

8. Mata Kering Hingga Mata Merah

Mata kering merupakan suatu kondisi saat mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup yaitu air mata. Kondisi ini dapat menimbulkan mata kedutan kanan atas atau penyebab kenapa mata kedutan sebelah kiri. 

Selain itu mata merah atau konjungtivitis juga merupakan salah satu penyebab mata kedutan. Mata kering dan mata merah dapat diatasi dengan memberi obat tetes khusus untuk mata kering atau mata merah. Namun bila terasa amat mengganggu dan kemudian memerah, Ibu bisa langsung berkonsultasi ke dokter.

9. Uveitis


Penyebab mata kedutan yang mungkin belum diketahui masyarakat luas adalah Uveitis. Melansir dari laman NHS, Uveitis adalah peradangan pada lapisan mata bagian tengah yaitu uvea atau saluran uveal yang dapat menyebabkan mata sakit dan perubahan penglihatan seseorang. 

Sebagian besar penyakit ini dapat segera membaik jika melalui pengobatan tertentu seperti pemberian steroid. Namun bila tidak diobati lebih lanjut, masalah mata yang satu ini dapat menyebabkan glaucoma bahkan katarak.

10. Ketegangan pada Kelopak Mata

Mengutip dari laman Healthline, kelopak mata yang tegang akibat aktivitas harian yang cukup padat sehingga kurang istirahat dapat menjadi penyebab mata kedutan. 

Hal ini kemungkinan menghampiri banyak orang yang harus terus menerus bekerja di depan layar komputer, laptop, bahkan handphone. Paparan radiasi yang ditimbulkan pada sejumlah perangkat pintar tak sepenuhnya baik terutama untuk kesehatan mata. 

Karena hal ini juga ada batasan waktu atau screentime bagi anak-anak supaya mata mereka tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari sejumlah penyakit mata lainnya.

11. Aktifitas Fisik Lainnya

Fisik yang tidak dijaga kebugarannya rentan terhadap berbagai macam jenis penyakit. Salah satu penyebab mata kedutan adalah aktifitas fisik yang sudah melampaui batas. 

Bagi para pekerja baik lapangan atau kantoran, terdapat batasan waktu yang harus dipatuhi supaya tubuh mereka tetap bugar, mata tidak mudah lelah, hingga acap kali merasakan kedutan yang mengganggu. 

Mata yang harus terus dipaksa untuk melihat saat bekerja lambat laun akan menurun kualitasnya bila tidak dijaga dengan baik.

12. Penyakit Serius Lainnya

Penyebab mata kedutan sangat jarang merupakan sebuah tanda serius atau berkaitan dengan kesehatan otak dan saraf tertentu. Namun bila harus terjadi, biasanya akan diikuti dengan gejala lainnya. 

Gangguan otak dan sistem saraf sebagai penyebab mata kedutan biasanya meliputi: Bell’s Palsy, Distonia Serviks, Distonia, Sklerosis ganda, Distonia wajah (ormandibular), Parkinson, hingga Sindrom Tourette. 

Mata kedutan kanan atas ataupun kiri kemungkinan terjadi juga karena efek obat-obatan yang digunakan pada penyakit Parkinson. 

Penyebab kenapa mata kedutan sebelah kiri atau sebaliknya juga merupakan suatu tanda awal gangguan gerakan kronis terutama bila terjadi kejang wajah atau ada penyakit lain yang ikut berkembang.

Pengobatan untuk Mengatasi Mata Kedutan


Bila penyebab mata kedutan sudah ditemukan, sekarang ini kita dapat mulai mencari tahu bagaimana mengatasi mata kedutan yang paling tepat. 

Penyebab mata kedutan yang cukup variatif dari mulai gejala ringan hingga berat juga akan membuat pengobatan dan perawatannya berbeda. 

Penyebab mata kedutan yang paling ringan dan umum terjadi adalah karena kelelahan, stress, atau gaya hidup yang kurang sehat. Melansir dari laman Healthline, berikut ini ada beberapa pengobatan untuk mengatasi mata kedutan dengan intensitas ringan:

1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Penggunaan alkohol, merokok, atau terlalu banyak minum kafein dapat menjadi penyebab mata kedutan. Oleh karenanya, cara mengatasi mata kedutan pada kasus ini adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. 

Kurangi alkohol, kafein, serta merokok dapat membantu mengatasi mata kedutan dengan gejala ringan.

2. Kelola Stress dan Tidur yang Cukup

Beristirahat yang cukup dan mengelola stress dengan baik dapat mengatasi mata kedutan karena biasanya penyebab mata kedutan karena tubuh sedang merasa sangat kelelahan. 

Mata kedutan kanan atas atau sebelah kiri bukan sama sekali karena firasat tertentu, ini bisa jadi tanda Ibu sedang sangat lelah dan hanya butuh istirahat yang cukup dan membuat tubuh rileks sejenak.

3. Menjaga Mata Tetap Lembap


Mengatasi mata kedutan dapat juga dengan tetap membuat mata lembab dan tidak kering. Menjaga permukaan mata tetap lembab bisa menggunakan air mata buatan atau obat tetes mata yang dijual bebas dipasaran. 

Perhatikan kembali obat mata yang dibeli apakah sesuai dengan kebutuhan dan memiliki masa kadaluarsa yang panjang.

4. Mengompres Mata Saat Kedutan Terjadi

Penyebab mata kedutan bisa jadi karena faktor lingkungan dan juga kondisi tubuh yang sedang tidak prima. Mata kedutan kanan atas atau saat terjadi pada lokasi lainnya cenderung membuat kita tidak nyaman. 

Salah satu hal yang dapat mengatasi mata kedutan adalah dengan mengompres mata menggunakan air hangat. Ibu bisa siapkan kain sejenis waslap atau handuk kecil kemudian rendam dengan air hangat lalu letakkan pada bagian mata yang kedutan. Cara ini juga cukup ampuh untuk membuat mata lebih nyaman dan rileks.

5. Sejumlah Operasi atau Suntikan Tertentu

Cara mengatasi mata kedutan yang satu ini bukan menjadi pilihan utama karena cara alami dan lebih aman masih sangat dianjurkan. 

Melansir dari laman Healthline, menggunakan suntikan toksin botulinum atau botox kadang-kadang digunakan juga untuk mengobati blefarospasme esensial jinak. 

Suntikan botok ini dapat mengatasi mata kedutan atau kejang yang parah pada bagian mata yang terjadi beberapa bulan. Namun sayangnya efek injeksi semakin lama akan semakin pudar sehingga Ibu memerlukan suntikan botox lebih lanjut. 

Kasus blefarospasme esensial jinak ini juga dapat diatasi dengan cara proses pembedahan yang akan mengangkat beberapa otot saraf di kelopak mata (miomiektomi).

Editor: Dwi Ratih