Kesehatan Dibaca 1,057 kali

Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Anak

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya
Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Anak
Jika si kecil mengalami luka bakar segeralah bawa si kecil pada dokter untuk segera diperiksa. Jangan lupa untuk mematikan sumber api segera jika memang masih menyala, sehingga api tersebut tidak akan menjalar kebagian rumah lainnya atau membahayakan orang lain disekitar Anda.

Jika api terlihat membakar baju si kecil, padamakan lah api tersebut dengan cara membalut tubuh si kecil menggunakan handuk, selimut atau gunakan sesuatu apapun yang basah dan bisa membalut badan buah hati Anda. Sehingga api dapat dipadamkan dengan aman.

Jika buah hati Anda terlihat berhenti bernapas karena mungkin terlalu banyak menghirup asap atau kaget, segera lakukan tindakan CPR atau resusitasi jantung dan paru-paru untuk melancarkan saluran pernapasan si kecil. Jangan lupa untuk segera memanggil bantuan medis pula agar Anda mendapatkan bantuan dan juga luka bakar si kecil cepat segera tertangani.

Selain itu, Anda juga harus selalu memperhatikan luka bakar yang diderita buah hati Anda dengan seksama, pastikan agar si kecil tetap steril dari debu atau kotoran selama perjalanan ke rumah sakit. Hal ini agar luka bakar si kecil tidak mengalami infeksi atau peradangan yang dikarenakan debu atau kotoran yang menempel pada luka bakarnya tadi.

Dalam menangani luka bakar, Anda harus memahami bahwa ada 3 tingkatan dalam menilai seberapa parah luka bakar yang dialami oleh buah hati Anda, yaitu:

  • Luka bakar tingkat 1, luka bakar tingkat ini termasuk luka bakar yang sangat ringan karena hanya merusak kulit bagian terluar saja dan tidak sampai merusak jaringan kulit. Luka bakar tingkat 1 ini biasanya akan menimbulkan dampak seperti kulit kemerahan, terdapat bengkak ringan dan terlihat seperti kulit yang terbakar sinar matahari. Luka bakar seperti ini biasanya akan segera pulih setelah beberapa minggu diobati.  

  • Luka bakar tingkat 2, yaitu luka bakar yang mampu mencapai lapisan kulit ke dua. Luka bakar ini biasanya ditandai dengan kulit buah hati Anda yang terlihat melepuh dan terdapat bengkak yang serius. Selain itu, luka bakar ini menimbulkan efek sakit yang sangat terasa dan memerlukan waktu dan pengobatan yang serius untuk memulihkannya kembali.

  • Luka bakar tingkat 3, ini adalah tipe dari luka bakar yang sangat serius. Membutuhkan penanganan dari dokter khusus karena luka bakar tingkat ini telah mencapai dasar kulit hingga sampai menghancurkan syaraf-syaraf yang ada dalam kulit buah hati Anda. Perlu pemeriksaan dan pengobatan yang intensif pada tipe luka bakar tingkat 3 ini dan jika luka bakar si kecil tergolong dalam luka bakar tingkat 3 ini maka dokter akan menyarankan agar buah hati Anda tetap berada dirumah sakit. Sehingga dia tetap berada dalam pengawasan dokter. Mengingat luka bakar si kecil termasuk kedalam salah satu luka bakar yang cukup parah.

Maka dari itu selalu berhati-hatilah dan awasi selalu buah hati Anda ketika bermain, apalagi bila si kecil bermain di sekitar tempat-tempat yang rawan terjadi kebakaran seperti dapur, tempat beradanya stop kontak atau di ruang TV yang banyak terdapat kabel-kabel. Hindari tempat tersebut sebagai tempat bermain anak, sehingga tak akan ada sesuatu kejadian yang tak diinginkan terjadi.

Namun bila Anda melihat ada luka bakar di tangan atau bagian tubuh si kecil lainnya yang tak terlalu serius, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mengobati luka bakar buah hati Anda:

  • Anda bisa menetralkan suhu luka bakar si kecil terlebih dahulu dengan air dingin selama 10-15 menit. Jangan pernah menggunakan es batu untuk mendinginkan luka bakar buah hati Anda, karena es batu hanya akan merusak kulit buah hati Anda. Lebih baik Anda menggunakan air dingin biasa untuk menetralkan suhu kulit yang terkena luka bakar karena aman dan tak menimbulkan efek-efek lainnya.

  • Lap lah area yang diberi air dingin tadi dengan menggunakan kain dan lilitlah area luka bakar si kecil dengan perban untuk menghindarkan debu dan kotoran lain menempel pada luka bakar si kecil.

  • Jika si kecil terlihat kesakitan, Anda bisa memberikannya acetaminophen atau ibuprofen sesuai dosis yang dianjurkan untuk meringankan rasa sakit yang dialami si kecil karena luka bakarnya tersebut. Ingat jangan pernah memberikan aspirin sebagai obat pereda nyeri, karena dikhawatirkan aspirin hanya akan menjadi pemicu timbulnya penyakit lain yaitu reye sindrom.

  • Jika luka bakar si kecil  terlihat melepuh, Anda bisa mengoleskan sedikit salep antiseptik pada luka bakar si kecil.

  • Hindari pemakaian bedak atau lotion, pada area luka bakar si kecil karena hal itu hanya akan memicu adanya infeksi pada luka bakarnya.

Ingatlah selalu untuk menyimpan semua perabotan yang mungkin berbahaya dan beresiko menimbulkan percikan api, jauh dari jangkauan buah hati Anda. Jangan lupa untuk selalu mengawasi  si kecil ketika ia bermain dan jauhkan pula dia dari ruangan atau benda-benda yang beresiko menimbulkan kebarakan, jika dia mendekatinya.

Waspada dan jaga si kecil untuk selalu tetap berada dalam tempat dan ruangan yang aman adalah cara yang paling efektif untuk menghindarkan mereka dari bahaya kebakaran. Sehingga buah hati Anda terhindar dari luka bakar yang serius yang mungkin akan membuatnya menderita.

(Wati)