Keluarga

Segera Ganti! 8 Peralatan Rumah Tangga Ini Punya Masa Kadaluarsa

Segera Ganti! 8 Peralatan Rumah Tangga Ini Punya Masa Kadaluarsa

Tiap produk makanan pasti memiliki masa kadaluwarsa yang berbeda. Namun dapat dipastikan hampir semua memiliki tanggal kadaluarsa.

Masa kedaluwarsa atau expiration date yang sering disingkat exp pada sebuah produk merupakan suatu tanda produk tidak layak dikonsumsi atau digunakan lagi setelah melewati tanggal tersebut. Masa kadaluarsa merupakan sebuah tanggal yang berkaitan dengan keamanan produk tersebut.

Tanggal kadaluarsa biasanya tercantum pada kemasan bagian bawah atau di balik sebuah produk. Sayangnya, tak banyak yang tahu ternyata selain produk makanan ada produk serta peralatan rumah tangga lain yang memiliki masa kadaluwarsa lho.

Bahkan tanpa disadari kita juga sering mengabaikan hal tersebut. Padahal jika di diamkan akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Dilansir dari Times of India, ternyata ada beberapa barang rumah tangga yang belum diketahui masa simpannya oleh para anggota keluarga. Berikut ini adalah 8 barang rumah tangga yang ternyata memiliki masa kadaluarsa dan mungkin bisa menjadi perhatian Ibu:

1. Talenan


Talenan adalah salah satu peralatan rumah tangga yang memiliki masa kadaluarsa. Akan tetapi hanya berlaku untuk talenan dengan bahan kayu. Masa kadaluawarsa talenan dengan bahan kayu hanya sekitar 3 tahun.

Jadi kalau Ibu di rumah masih menggunakan talenan kayu sebaiknya ganti secata berkala setidaknya tiap setahun sekali. Hal ini sangat penting untuk menjadi perhatian, apalagi jika talenan kayu sering digunakan setiap hari untuk memasak. Talenan rawan sekali tergores pisau dan menjadi sarang bakteri saat kamu memotong sayur, buah, terutama daging.

2. Handuk 


Peralatan rumah tangga yang sering kita gunakan tiap hari ini nggak hanya harus rajin di cuci ya Bu tapi juga harus rajin diganti. Sebab, masa kadaluwarsa handuk maksimal hanya sampai 3 tahun saja namun semua tergantung dari kualitas handuk tersebut.

Handuk yang masih basah sangat rentan terhadap tumbuhnya bakteri yang tidak bisa dengan mudah dihilangkan hanya dengan dicuci biasa. Jadi usahakan mengganti handuk setidaknya setahun sekali, ya Bu.

 3. Sisir 


Nggak di sangka sisir ternyata juga punya masa kadaluwarsa lho. Sisir setidaknya harus diganti minimal setahun sekali. Gunanya untuk menghindari adanya bakteri yang menempel di gerigi sisir. 

Jangan lupa selalu bersihkan sisir seminggu sekali, untuk menghindari risiko Infeksi pada kulit kepala. Perlu diketahui bahwa sisir yang jarang dibersihkan juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Jadi jangan lupa bersihkan sisirmu ya!

 4. Celana dalam


Dilansir dari Smart Parenting ada baiknya mengganti celana dalam secara berkala. Sebab ternyata celana dalam juga memiliki masa kadaluarsa yakni hanya sekitar 6 bulan atau maksimal selama 1 tahun.

Hal ini juga perlu menjadi perhatian penting, apalagi setiap kali kita mencuci pakaian dalam sebenarnya bukan berarti pakaian dalam tersebut akan bersih 100%, justru akan ada bakteri yang tertinggal. Maka tak mengherankan jika setelah digunakan berulang-ulang dalam beberapa waktu, pakaian dalam bisa mengandung hingga 10.000 bakteri hidup.

Bakteri ini kemudian bisa menjadi salah satu penyebab infeksi jamur dan ISK (Infeksi Saluran Kemih). Jelas hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita ya Bu.

 5. Deterjen


Terbuat dari bahan utama surfaktan, deterjen mempunyai daya cuci yang lebih baik, serta tidak terpengaruh oleh kesadahan air. Ketika melihat kemasan deterjen, mungkin kamu tidak akan menemukan tanggal masa kedaluwarsa di sana.

Namun melansir Great American Laundry Mark A Benveuto, seorang profesor kimia dan biokimia di Detroit Mercy serta Scott Leckledge, mengatakan bahwa kebanyakan detergen   sebenarnya memiliki masa kadaluwarsa sebagai berikut:

  • Deterjen cair yang belum yang belum dibuka sebaiknya digunakan selama 9 bulan sampai 1 tahun setelah tanggal pembelian;
  • Deterjen cair yang terbuka sebaiknya gunakan produk dalam waktu 6 bulan untuk hasil terbaik; dan
  • Deterjen bubuk tidak kedaluwarsa atau kehilangan efektivitasnya kecuali jika terkena kelembapan. Jika deterjen bubuk menjadi keras atau lengket, harus dibuang. Bubuknya mungkin tidak akan larut dengan benar di dalam mesin cuci sehingga meninggalkan sisa di pakaian. Sehingga membuat Ibu jadi bekerja dua kali dan terpaksa kembali mencuci pakaian yang harusnya sudah bersih tersebut.

6. Sikat gigi


Peralatan rumah tangga yang satu ini sangat wajib diganti secara berkala. Tujuannya agar kemampuan sikat dapat bekerja dengan baik dan mencegah gusi berdarah. Penting dicatat bahwa sikat gigi yang dipakai selama kita terserang flu atau penyakit karena virus lainnya harus diganti begitu kita sembuh. Karena jika tidak, kita akan kembali tertular penyakit tersebut.

7. Spons pencuci piring


Banyak orang tahu bahwa spons pencuci piring adalah salah satu sarang kuman dan bakteri yang ada dalam rumah kita. Berguna untuk membersihkan sisa kotoran pada piring, spons harus diganti secara berkala yakni sekitar 3-4 bulan. 

Jangan tunggu hingga spons rusak atau robek ya Bu! Selain spons, beauty blender dan shower puff yang sering kita pakai juga memiliki masa kadaluarsa dan bisa menjadi sarana penyebaran jamur atau kuman penyebab penyakit kulit. Sebaiknya cuci barang-barang ini 1 atau 2 minggu sekali dengan air hangat. Kemudian rutin ganti dengan yang baru.

8. Bantal


Walau masih nyaman digunakan, namun bantal juga punya masa kadaluarsa lho. Apalagi bantal adalah salah satu benda yang nggak luput terkena debu dan kotoran. Selain itu, bantal yang dalam jangka panjang digunakan akan berubah bentuk dan membuat leher sakit ketika menggunakannya.

Nah, itu dia peralatan rumah tangga yang memiliki masa kadaluarsa yang jarang diketahui banyak orang. Jangan sebaiknya jangan menunggu masa kadaluarsa, sebaiknya segera ganti peralatan rumah tangga tersebut apabila sudah tidak layak pakai ya.

Penulis: Aprilia Ramdani
Editor: Dwi Ratih