Kesehatan

Tahi Lalat dan Tanda Lahir Pada Anak

Tahi Lalat dan Tanda Lahir Pada Anak

Tanda Lahir

Tanda lahir adalah area kulit yang berubah warna pada tubuh bayi saat lahir atau muncul dalam beberapa bulan setelah lahir. Sekitar 80 persen bayi memiliki beberapa tanda lahir. Ada tanda lahir yang tidak hilang seumur hidup, ada yang menghilang seiring waktu. Bentuk, ukuran, dan warnanya bisa beragam, dan dapat muncul dimana saja pada tubuh.

Tanda lahir punya dua kategori, vascular atau pigmented. Tanda lahir vascular disebabkan oleh pembuluh darah di bawah permukaan kulit. Warnanya bisa merah muda, merah, atau kebiruan, bergantung kedalaman pembuluh darah. Tanda lahir pigmented biasanya berwarna coklat, abu, kebiruan, atau hitam, sebagai hasil dari perkembangan sel pigmen yang tidak normal.

Masalah Kesehatan Karena Tanda Lahir

Kebanyakan tanda lahir tidak berbahaya, dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa tahun. Tapi ada beberapa pengecualian. Ada tanda lahir yang membutuhkan perhatian medis. Jadi periksakan ke dokter semua tanda lahir yang ada pada anak Bunda. Masalah kesehatan yang mungkin terjadi akibat tanda lahir antara lain:

  • Tanda lahir di dekat mata dan pipi yang kadang mengakibatkan masalah penglihatan seperti glukoma atau keterlambatan perkembangan.

  • Hemangioma berukuran besar, bergantung lokasinya, bisa mengganggu makan, penglihatan, atau pernafasan. Hemangioma kadang tumbuh di bagian dalam tubuh, yang mengganggu kesehatan organ.

  • Tanda lahir di bagian bawah tulang belakang bisa menembus kulit dan mengganggu saraf dan aliran darah ke tulang belakang.

  • Tanda lahir yang sangat jelas dan terlihat tidak bagus bisa mengganggu anak secara psikologis.

Cara Menghilangkan Tanda Lahir

Beberapa tanda lahir kemungkinan perlu diangkat seperti hemangioma yang mengganggu penglihatan. Tanda lahir lainnya akan hilang dengan sendirinya tanpa menyebabkan masalah psikologis. Dokter anak biasanya memberi saran orangtua untuk bersabar daripada mengangkat tanda lahir bila tidak mengganggu atau menyebabkan masalah fisik. Bicarakan pada dokter bila anak Anda memiliki tanda lahir yang mengganggu dan dapatkan pendapat lain jika perlu tentang pilihan pengobatannya.

Pilihan pengobatan untuk tanda lahir bisa berupa pembedahan, terapi laser, dan steroid topikal, oral, atau suntik, atau beta-blocker topikal atau oral. Tapi perlu diingat, hampir semua pengangkatan tanda lahir meninggalkan bekas luka.

Mengatasi Efek Psikologis Terhadap Anak Yang Punya Tanda Lahir

Biasanya anak mengalami efek psikologis jika tanda lahir yang mereka punya terletak di bagian tubuh yang sering terekspos. Kalau ada orang asing, kerabat, atau teman yang menatap tanda lahir anak Anda dengan cara yang berlebihan, Anda bisa langsung berbicara pada mereka. Kebanyakan orang tidak bermaksud negatif. Jika ada orang yang menunjuk atau menatap anak Anda dengan tidak wajar, Anda bisa mendekati orang itu dengan cara yang ramah dan jelaskan kalau anak Anda memiliki tanda lahir.

Bun, ketika anak sudah cukup besar untuk mengerti, jelaskan tentang tanda lahirnya, kenapa orang sering melihatnya, dan cara ia mengatasi komentar orang. Bantu ia mempraktekkan apa yang ingin ia katakan. Bila anak akan masuk preschool atau sekolah, bicara pada guru sebelumnya untuk memberi informasi tentang tanda lahir dan kemukakan tentang perasaan anak tentang penampilannya.

Tahi lalat

Tahi lalat, atau nevi adalah bercak pada kulit. Bentuknya bisa datar atau timbul, besar atau kecil, oval atau bundar, belang atau berwarna. Tampilan tahi lalat disebabkan oleh sel pigmen yang disebut melanocytes, dengan warna dari coklat hingga merah muda, sawo matang, atau hitam. Nevi bisa muncul dimana saja pada kulit. Tak ada yang tahu pasti penyebabnya, tapi hampir setiap orang memilikinya. Sekitar 1 dari 100 bayi lahir dengan tahi lalat. Tahi lalat tanda lahir dikenal dengan congenital nevi.

Tahi lalat paling mungkin berkembang pada 20 tahun pertama kehidupan, tapi kadang tahi lalat juga bisa muncul di usia berapapun. Tahi lalat bisa berkembang seiring waktu atau muncul tiba-tiba.

Tahi lalat bisa berubah seiring waktu. Tahi lalat umumnya melewati siklus perubahan bertahap sekitar 50 tahun. Biasanya berawal dari bentuk datar dan seperti bintik, lalu lama-lama menjadi melebar. Umumnya tahi lalat menjadi lebih gelap selama 10 tahun, selama hamil, dan pada paparan cahaya. Beberapa ada yang berambut dan lebih timbul atau lebih terang warnanya.

Jenis Tahi Lalat

Kebanyakan tahi lalat tidak berbahaya, tapi hampir 50 persen melanoma (jenis kanker kulit yang serius) berawal dari tahi lalat. Tapi melanoma sangat jarang terjadi pada anak kecil, jadi tak perlu panik bila anak Anda memiliki tahi lalat ya Bun. Tapi Anda tetap perlu memonitornya dengan seksama. Melanoma mulai muncul paling awal di usia belasan tahun.

Beberapa jenis tahi lalat lebih berbahaya dari yang lain. Tahi lalat bawaan lahir lebih rentan berkembang menjadi melanoma. Dokter perlu memeriksa tahi lalat bawaan lahir dan memberi referensi ke ahli kulit jika diperlukan evaluasi lebih lanjut.

Jenis tahi lalat lain yang lebih mungkin berkembang menjadi melanoma adalah dysplastic nevus atau tahi lalat tidak teratur. Ukurannya lebih besar dari penghapus pada pensil dan tidak beraturan bentuknya. Biasanya warnanya tidak merata, dengan bagian pinggir yang lebih terang dan bagian tengah coklat gelap. Kadang ada titik-titik hitam pada pinggirnya. Dokter anak atau ahli kulit perlu memeriksa tahi lalat yang tidak beraturan ini.

Tanda Tahi Lalat Yang Berbahaya

Bunda, selain meminta dokter atau ahli kulit memonitor tahi lalat anak, Anda juga perlu mengawasi sendiri tahi lalat anak. Ada beberapa panduan untuk membantu menentukan apakah tahi lalat pada kuli anak perlu perhatian  profesional, caranya ingat saja ABCD:

  • A untuk asimetris, jika setengah bagian dari tahi lalat tidak sama dengan bagian setengah lainnya.

  • B untuk border atau pinggir tahi lalat, jika pinggir tahi lalat bergerigi, atau tidak jelas.

  • C untuk color (warna), jika tahi lalat bercampur warna coklat, hitam, dan sawo matang, bukan sekedar satu warna utuh keseluruhan.

  • D untuk diameter, jika tahi lalat lebih besar dari penghapus pada pensil (sekitar 6 mm).

Bila Anda menemukan salah-satu dari yang diatas, periksakan tahi lalat anak ke dokter. Juga bila tahi lalat tumbuh, terasa gatal, atau berdarah. Biasanya tahi lalat tidak perlu diangkat, tapi jika anak Anda memiliki tahi lalat yang tidak nyaman karena berada di area yang sering digaruk, bicaran ke ahli kulit tentang pilihan pengobatannya.

Menghilangkan Tahi Lalat

Kemunculan tahi lalat bisa berkaitan dengan gen, tapi paparan cahaya matahari dapat meningkatkan jumlah tahi lalat dan mengelapkan tahi lalat yang sudah ada, terutama pada orang dengan kulit berwarna terang. Jadi Anda perlu menjauhi anak dari matahari selama jam terik matahari di siang hari. Bila Anda keluar rumah, pastikan anak mengenakan tabir surya. Pilih taman dan area bermain dengan banyak tempat berteduh dan minta anak mengenakan topi lebar dan baju serta celana panjang.

Dokter bisa menyarankan pengangkatan tahi lalat jika ada resiko pada kesehatan bayi. Jika tahi lalat bukan ancaman dalam waktu dekat, maka pengangkatan tahi lalat bisa dilakukan ketika anak mencapai pubertas karena perubahan hormon pada tubuh bisa meningkatkan resiko melanoma.

(Ismawati)