Kesehatan Dibaca 4,303 kali

Waspadai Kelelahan Ekstrim Pasca Melahirkan!

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 01 November, 2018 07:11

Waspadai Kelelahan Ekstrim Pasca Melahirkan!

Setelah melewati beberapa minggu masa persalinan, banyak sekali ibu yang mengeluhkan bahwa mereka tetap merasakan tubuhnya belum pulih secara sempurna. Tubuh mereka masih terasa lemas, letih dan lesu. Apakah Anda merasakan hal yang serupa? Bila iya, Anda tak usah panik terlebih dahulu. Keletihan pasca persalinan wajar terjadi, apalagi bila mengingat tubuh Anda baru saja mengalami peristiwa besar yang cukup menguras tenaga serta pikiran Anda yaitu mengandung serta melahirkan.

 

Seperti yang kita tahu mengandung dan melahirkan si kecil bukanlah hal yang mudah, memerlukan kekuatan fisik dan mental. Maka dari itu waktu 2-3 minggu terkadang tak cukup untuk memulihkan tenaga dan tubuh Anda menjadi fit kembali seperti sebelumnya. Terkadang memerlukan waktu hingga 2-3 bulan masa pemulihan agar tubuh Anda dapat melakukan aktifitas secara normal. Terlebih lagi bagi Anda yang menjalani persalinan dengan jalan operasi sesar, waktu pemulihan pasca melahirkan pastilah akan cukup lama.

 

Pasca melahirkan tentu Anda harus siaga mengurusi dan merawat si kecil yang baru saja lahir seperti menggantikan popoknya, menyusui, terjaga ditengah malam, banyak hal lainnya lagi yang cukup banyak menguras tenaga Anda dan hal ini terkadang membuat Anda para ibu yang baru saja menjalani masa persalinan mengalami keletihan yang luar biasa. Tidur cukup dan berkualitas yang seharusnya Anda lakukan, terkadang terabaikan karena banyak hal yang harus Anda urus dan alhasil Tubuh Anda pun akan terasa letih dan semakin letih.

 

Lalu Apakah hal tersebut bisa berbahaya bagi Anda? Jawabannya tentu saja, keletihan ektrim yang Anda derita dan waktu tidur yang kurang memungkinkan Anda menderita depresi pasca melahirkan atau yang lebih dikenal dengan sebutan PPD (Postpartum Depresion).

 

Seperti yang kita ketahui, dalam keadaan normal ketika waktu tidur kita tidak mencukupi, tubuh  akan terasa kurang fit dan kehilangan gairah dalam melakukan rutinitas sehari-hari. Selain itu tidur yang kurang dapat menyebabkan tingkat emosi Anda menjadi tidak stabil sehingga Anda selalu merasa sedih dan kecewa tanpa sebab hingga bisa mengalami perasaan putua asa. Tentu hal ini akan sangat berbahaya bagi Anda. Maka sesibuk apapun Anda dirumah merawat si kecil, usahakanlah untuk beristirahat sejenak dan melakukan hal-hal yang nerileksasi tubuh dan pikiran Anda. sehingga Anda terjauh dari intaian depresi yang mungkin mengancam Anda.

 

Hal lain yang mungkin muncul karena waktu tidur yang kurang yaitu timbulnya anemia atau kurang darah. Segera periksakan diri pada dokter jika Anda mulai terasa pusing-pusing, badan lelah dan kelopak mata terlihat pucat. Bisa jadi Anda sedang mengalami anemia. Selain itu waspadalah, terkadang keletihan ekstrim yang Anda alami pasca melahirkan ini bisa menjadi pertanda atau gejala adanya penyakit serius, hipotiroidisme.

 

Hipotiroidisme yaitu suatu keadaan mulai menurunnya fungsi kelenjar tiroid pada tubuh Anda sehingga mengakibatkan keletihan yang luar biasa pada Anda, orang yang menderita gangguan tersebut. Banyak yang menyebutkan bahwa hipotiroid ini sering ditemukan pada bulan ke-4 atau ke-8 pasca persalinan. Namun Anda pun tak usah terlalu khawatir, hipotiroid adalah penyakit yang cukup langka, hanya sedikit saja wanita di dunia yang mengalami hal tersebut. Walau begitu Anda tetap harus waspada.

 

Hal yang harus Anda ingat ketika Anda sudah terlihat mengalami kelelahan yaitu pastikan Anda memiliki waktu untuk beristirahat, walaupun sejenak. Bila Anda mempunyai waktu luang untuk beristirahat, beristirahatlah dengan baik. Hal ini sangat penting bagi Anda mengingat Anda harus merawat dan membesarkan buah hati Anda yang tentu itu meerlukan tenaga ekstra. Usahakanlah  pula agar Anda mempunyai waktu untuk merelaksasi pikiran dan tubuh Anda, entah sekedar makan malam sebentar di luar dengan suami, atau berbelanja keluar dekat rumah, sehingga Anda terhindar dari depresi pasca melahirkan.

 

Untuk membantu Anda menaikan kembali tenaga dan semangat Anda yang terkuras seharian karena merawat si kecil dan mengurusi pekerjaan di rumah, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

 

  • Bila Anda memiliki kesempatan untuk tidur, gunakanlah waktu tersebut dengan baik. Ketika si kecil mulai tertidur lelap, usahakanlah agar Anda bisa tidur juga. Istirahatkanlah tubuh dan pikiran Anda sejenak. Jangan pikirkan hal lain terlebih dahulu, tak usah memikirkan piring kotor yang menumpuk didapur, atau halaman yang belum disapu, tidurlah sebentar untuk mengisi kembali tenaga Anda sehingga bila terbangun nanti Anda sudah memiliki tenaga ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut tanpa harus mengalami kelelahan yang luar biasa.
  •  
  • Hidup sehat. Hal ini berarti Anda harus banyak-banyak minum air putih, makanlah makanan yang sehat dan bergizi, hindari junk food. Selain itu sisihkanlah waktu untuk mengemil, tapi camilan sehat tentunya. Ingat Anda membutuhkan banyak sekali energy, jadi jangan menghindari waktu untuk ngemil, asal Anda harus pastikan bahwa camilan Anda sehat dan bergizi. Anda bisa mencoba camila seperti buah-buahan, sayuran atau cake yang bernutrisi sehingga bisa membantu menambah energi pada tubuh Anda.
  •  
  • Bila Anda cukup merasa kewalahan mengurusi rumah dan merawat si kecil secara bersamaan, mintalah bantuan pada orangtua atau saudara Anda. bila memungkinkan Anda bisa membayar pekerja untuk mengerjakan pekerjaan di rumah dan membantu Anda mengurusi si kecil. Hal ini tentu akan sangat membantu Anda menghindari kelelahan eksrim. Sehingga Anda akan mempunyai waktu yang cukup untuk memulihkan tenaga Anda dan keletihan ekstrim pun akan segera menghilang dan pergi.

(Wati)