Kesehatan Dibaca 250 kali

Waspadalah, Anak Juga Bisa Terkena Diabetes

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 20 Oktober, 2018 22:10

Waspadalah, Anak Juga Bisa Terkena Diabetes
Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang membuat kadar gula dalam darah menjadi semakin meningkat. Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh ini bisa menyebabkan masalah serius bagi kesehatan Anda. Diabetes mempunyai 2 macam tipe yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 diketahui banyak ditemukan pada anak-anak sedangkan diabetes tipe ke 2 kebanyakan penderitanya adalah orang dewasa yang berusia 40tahunan.

 

Sebenarnya faktor apa yang bisa menjadi pemicu adanya penyakit diabetes? Terutama diabetes tipe 1 yang sering ditemukan pada anak-anak? Ketika buah hati Anda makan sesuatu, organ pencernaan dia akan mencerna dan menghancurkan makanan kedalam susunan struktur gula yang sederhana. Susunan struktur gula yang sederhana ini biasa kita sebut dengan glukosa.

 

Glukosa memiliki peranan penting bagi tubuh yaitu sebagai sumber energi tubuh. Glukosa yang didapat dari makanan tadi kemudian diedarkan keseluruh bagian tubuh melalui darah dan dengan bantuan hormon insulin glukosa dalam darah bisa diubah menjadi sumber energi dan zat yang digunakan untuk menunjang pertumbuhan buah hati Anda.

 

Hormon insulin yang ada dalam tubuh diproduksi dalam organ pankreas, yaitu salah satu organ tubuh, berupa kelenjar besar yang terletak di belakang organ perut Anda. Dalam keadaan normal, pankreas secara otomatis memproduksi hormon insulin sesuai dengan jumlah glukosa dalam darah.

 

Namun pada penderita diabetes tipe 1, pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin. Sedangkan pada penderita diabetes tipe 2, hormon insulin pankreas tetap diproduksi hanya saja sel-sel tubuh penderita diabetes tipe 2 ini tidak bisa menyerap hormon insulin yang ada sehingga gula darah dalam tubuh mengalami peningkatan.

 

Kesamaan antara diabetes tipe 1 dan 2 ini yaitu, kadar glukosa dalam tubuh yang meningkat tadi sama-sama dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Jadi bisa Anda bayangkan bahwa para penderita diabetes ini pasti akan cepat lelah dan lemas karena glukosa yang seharusnya diserap oleh tubuh sebagai sumber energi tidak bisa digunakan sebagaimana seharusnya.

 

Jika buah hati Anda atau salah satu anggota keluarga Anda ada yang mengalami penyakit diabetes, perhatikanlah mereka dengan seksama dan kontrol gula darah mereka agar tetap dalam batas normal.

 

Karena, jika para penderita diabetes ini tidak dapat mengatur dan mengkontrol gula darahnya maka dalam beberapa tahun kedepan, penyakit ini akan menuntun penderita pada penyakit yang lebih berbahaya lagi seperti penderita diabetes ini bisa mengalami kebutaan, gangguan paga organ ginjal, berpengaruh buruk untuk organ hati, kerusakan pada sistem syaraf, infeksi pada kulit dan gigi, osteoporosis, kehilangan salah anggota tubuh bahkan bisa menyebabkan kematian.

 

Di Amerika, kasus diabetes pada anak-anak termasuk salah satu penyakit yang sangat sering terjadi. Diabetes tipe 1 ini bisa menyerang 400 sampai 600 anak-anak dan orang dewasa per tahun.

 

Faktor utama adanya diabetes tipe 1 yang biasa ditemukan pada anak-anak disebabkan karena adanya kelainan sistem imun dalam tubuh buah hati Anda. Kelainan sistem imun tersebut menyebabkan imun tubuh buah hati Anda yang menderita diabetes tipe 1 ini, menyerang sel-sel penghasil hormon insulin dalam pankreas.

 

Mengapa sistem imun bisa menyerang balik organ tubuhnya sendiri? Belum ada jawaban pasti mengenai hal tersebut, sampai sekarang para peneliti masih terus mencari tahu dan terus mencoba untuk menentukan, kondisi seperti apa yang bisa menjadi faktor pemicu timbulnya diabetes tipe 1 ini pada anak-anak.

 

Sedangkan pada diabetes tipe 2, faktor genetik sangatlah berpengaruh dan menjadi faktor utama yang memicu hadirnya diabetes dalam tubuh. Selain hal tersebut, kelebihan berat badan atau obesitas dan kurang berolahraga bisa menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya diabetes dalam tubuh.

 

Jadi selalu waspada, atur pola makan dan hidup Anda agar selalu hidup sehat. Jika Anda memiliki silsilah keluarga yang mengalami diabetes maka Anda dan buah hati harus lebih  waspada.

 

Berikut gejala-gejala yang harus Anda perhatikan dan waspadai, gejala-gejala berikut ini biasa muncul bila buah hati Anda menderita diabetes:

 

  • Buah hati Anda terlihat selalu kehausan
  •  
  • Si kecil terlihat sering buang air kecil
  •  
  • Si kecil cepat lelah dan sensitif
  •  
  • Nafsu makan buah hati Anda tiba-tiba meningkat
  •  
  • Tiba-tiba berat badan si kecil turun drastis
  •  
Jika si kecil mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas tadi, maka segeralah bawa buah hati Anda pada dokter agar ia segera mendapatkan penanganan yang tepat. Sehingga tak akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan. 

(Wati)