Konsepsi

4 Olahraga untuk Tingkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Terakhir diperbaharui

4 Olahraga untuk Tingkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil
Olahraga selain membuat tubuh Bunda menjadi bugar dan sehat, kegiatan ini juga sangat penting bagi Bunda yang sedang mengharapkan kehamilan. Ambillah sedikit waktu setiap hari untuk berolahraga karena nantinya ini akan membantu Bunda menghadapai masa ovulasi, konsepsi, dan kehamilan.
Saat berolahraga, Bunda tidaklah harus melakukan yang berat-berat seperti mengikuti kelas fitness. Cukup tingkatkanlah aktivitas yang sehari-hari Anda lakukan dengan cara yang simple seperti berjalan kaki keliling perumahan, bersepeda, memakirkan kendaraan jauh dari pintu masuk, menggunakan tangga daripada naik lift, dan lain-lain.
Berikut 4 olahraga yang bisa dilakukan para pemula:
  1. Latihan Kardio Rendah (berjalan, jogging, aerobic) – Pastikan Bunda tidak melakukan kegiatan ini secara berlebihan dan pilihlah apa yang membuat Bunda nyaman. Latihan Kardio membantu Bunda meningkatkan aliran darah ke tubuh. Dan ini penting untuk kesehatan reproduksi. Cukup berjalan-jalan atau jogging sekitar 30 menit dalam sehari, Bunda akan mendapatkan kesehatan yang prima.
  2. Latihan Kekuatan – Kegiatan ini dapat meningkatkan berat otot Bunda yang kemudian akan mendukung organ reproduksi Bunda  dan meningkatkan stamina serta kekuatan.
  3. Yoga dan Pilates – Kedua jenis olahraga ini dapat membantu memperkuat otot inti Bunda dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi. Kegiatan ini juga dapat membuat Bunda rileks, yang nantinya akan mambantu kesuburan.
  4. Stretching – Sangat penting untuk melakukan pemanasan sebelum dan setelah berolahraga untuk mencegah terjadinya cedera.
Walaupun tidak ada olahraga ajaib yang dapat menyelesaikan masalah ketidaksuburan, olahraga tetaplah penting dilakukan. Namun sayangnya jika Bunda lebih sering berolahraga di tempat fitness, hal ini tidak bermanfaat bagi kesuburan. Latihan yang dilakukan di tempat fitness lebih banyak menekankan kepada kekuatan atau kecepatan. Tapi, tetap Bunda lah satu-satunya orang yang tahu apa yang dibutuhkan tubuh Anda. Ayo kita mulai bergerak!
(Atalya)