Konsepsi Dibaca 714 kali

7 Drama Korea Bertema Motherhood ini Bikin Semangat di Hari Ibu

Share info ini yuk ke teman-teman
Yusrina
7 Drama Korea Bertema Motherhood ini Bikin Semangat di Hari Ibu

Drama Korea memang asik banget untuk diikuti. Kita dibuat larut oleh beragam cerita yang unik dan relatable dengan suasana hati. Tema motherhood yang penuh suka duka Ibu pun bisa dikemas dengan menarik, ditambah beberapa bumbu romance dan fantasi. Apakah Ibu sering berpikir untuk kembali ke masa lalu dan berkhayal what if andai saja tidak menikah? Atau takut menjadi Ibu di usia yang tak lagi muda karena sibuk berkarier?

Simak 7 rekomendasi drama Korea bertema motherhood berikut agar tak merasa sendiri melalui perjalanan sebagai seorang Ibu!

  1. Berbagai Masalah Ibu Baru di Birthcare Center

    Rekomendasi Drama Korea Bertema Motherhood ini Bikin Semangat di Hari Ibu

    Menonton drama Korea Birthcare Center seperti memindahkan diskusi ringan para Ibu hingga mom-war di kolom komentar sosial media ke layar kaca. Kamu akan melihat karakter Ibu yang keukeuh memberikan ASI, pro susu formula, tim makan sehat selama menyusui, si yang paling tahu segalanya karena kebanyakan baca buku parenting, hingga karakter yang terlihat cuek soal merawat anak.

    Nah, ada juga nih karakter sempurna bentukan konstruksi sosial yang kerap jadi sumber kecemburuan bersama. Siapa lagi kalau bukan karakter perempuan muda, menarik, badan yang tetap slim pasca persalinan, proses persalinan tanpa hambatan, dan ASI mengalir lancar! Uh, rasanya kayak tanpa cela ya?

    Jika kita perhatikan lebih detail, drama Korea Birthcare Center juga membuktikan bahwa usia nggak ada hubungannya dengan kesiapan menjadi orang tua. Tanpa persiapan dan ikut kelas pelatihan yang matang, mayoritas Ibu tetap akan bingung kok saat pertama kali hamil dan melahirkan.

    Hal ini terlihat dari karakter utama Hyun Jin  (Uhm Ji Won) yang menjadi ibu dengan usia paling tua di rumah sakit bersalin. Ia adalah pekerja keras yang berhasil menapaki puncak karier dan cukup clueless dengan proses melahirkan. 

    Untung saja di Birthcare Center yang luxurious ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan kelas pendampingan dan berbagai fasilitas lengkap.

    Dari drama ini juga kita belajar bahwa sedemikian mudahnya sesama perempuan untuk saling mengkritik karena perbedaan prinsip. Dari kacamata Hyun Jin, penonton dibuat cemas juga saat menghadapi intimidasi dari Ibu-ibu lain.

    Rating 4 / 5

    Tontonan ini cocok banget buat menambah wawasan kamu seputar kehamilan dan kehidupan pasca melahirkan. Rating 4 / 5 untuk penggambaran lengkap tentang serba-serbi Ibu hamil dan baru melahirkan yang sering jadi sasaran penghakiman sesama perempuan. Nonton streaming atau download Birthcare Center sub Indo sekarang di Viu.

  2. Menyesal Nikah Muda? Kembali ke Masa SMA lewat 18 Again

    Rekomendasi Drama Korea Bertema Motherhood ini Bikin Semangat di Hari Ibu

    Drama Korea 18 Again mengadaptasi film Amerika 17 Again yang populer di tahun 2009. Mengusung konsep time lapse, drama ini mengajak penonton berpikir tentang konsekuensi pernikahan dini.

    18 Again berfokus pada rumah tangga Jung Da-jung (Kim Ha-neul) dan Hong Dae-young (Yoon Sang-hyun) yang merupakan couple terpopuler saat SMA. 

    Sang lelaki adalah MVP basket dengan potensi masa depan gemilang, sementara pasangannya adalah penyiar radio sekolah berbakat. Cinta mereka sangat intens hingga menimbulkan dua tanda biru sebelum menyandang toga kelulusan.

    Kisah selanjutnya bisa ditebak, mereka harus mengubur impian karena mengurusi anak kembarnya. 18 tahun kemudian, setelah cinta perlahan menguap, kehidupan yang stagnan sungguh melelahkan hati hingga sang istri menggugat cerai.

    Dae-young yang hanya lulusan SMP pun dirundung penyesalan hingga suatu hari ia tiba-tiba bangun dalam keadaan kembali dari usia 38 tahun ke 18 tahun untuk memperbaiki kesalahannya. Hm, enak banget bisa dapat kesempatan kedua ya? Tapi apakah Dae-young sanggup mengubah nasib diri dan pasangannya?

    Rating 4 / 5

    Hidup dalam penyesalan memang nggak enak, tapi namanya konsekuensi ya harus dihadapi. Jangan sampai kekecewaan orang tua diproyeksikan pada anak yang nggak salah apa-apa. Rating 4 / 5 karena sudah mengajak penonton mewujudkan angan-angan tentang what if or not yang kerap mampir saat sedang mengalami family burnout. Nonton streaming atau download 18 Again sub Indo sekarang di Viu.

  3. Prioritaskan Pendidikan sebagai Bukti Cinta Anak di Sky Castle

    Rekomendasi Drama Korea Bertema Motherhood ini Bikin Semangat di Hari Ibu

    Drama Korea ini menyodorkan kisah para ibu sosialita yang hidup di kompleks elite bernama Sky Castle. Tapi ini bukan tipikal Ibu yang hanya peduli sama Hermes keluaran terbaru lho, melainkan terbilang ambisius soal pendidikan anak.

    Dari drama Korea Sky Castle, kita bisa dapat gambaran para Tiger Mom Korea dengan jiwa kompetitif tinggi. Pokoknya, nggak mau tahu, anak harus masuk kampus unggulan Korea. Syukur-syukur masuk jurusan kedokteran karena identik dengan jaminan sukses.

    Penonton yang semasa sekolahnya sering bolos bimbel persiapan SBMPTN  pasti minder sama kegigihan anak-anak Sky Castle yang belajar lebih dari 12 jam sehari. Pulang sekolah masih harus bimbel, sampai rumah self-study, belum manggil tutor pribadi. Wow, sungguh disiplin!

    Ambisi Ibu dan anak soal pendidikan ini jadi premis seru karena menyebabkan kejadian tragis di lingkup Sky Castle. Belum lagi karakter sang tutor yang super manipulatif dan kisah masa lalu yang terkuak satu per satu hingga mengacaukan ilusi soal kesempurnaan hidup para jutawan Sky Castle.

    Serius deh, nonton anak-anak SMA belajar nggak pernah seseru ini! Yang nggak ketinggalan, kesan bahwa being mom is a full time job bahkan kalau kamu super rich dan punya 3 pembantu di rumah, juga dikemas dengan apik di Sky Castle.

    Rating 5 / 5

    Rating 5/5 untuk drama Korea Sky Castle karena bisa membawa premis sederhana menjadi hal menarik sekaligus menguak realitas sistem pendidikan Korea dan ambisi orang tua. Yuk tonton Sky Castle di Viu sekarang.

  4. Tetap Tegar Walau Dikhianati di A World of Married Couple

    Rekomendasi Drama Korea Bertema Motherhood ini Bikin Semangat di Hari Ibu

    Drama Korea ini mengusung premis yang paling sering jadi sumber gibah para Ibu. Apalagi kalau bukan isu perselingkuhan yang merupakan mimpi buruk semua wanita.

    Nggak tanggung-tanggung, sosok selingkuhan di drama The World of the Married digambarkan superior. Muda, kaya, anak tunggal, memiliki orang tua berkuasa, dan tentunya fisik yang dipuja banyak mata.

    Untungnya karakter utama di drama Korea ini, Ji Sun Woo (Kim Hee-ae), ditampilkan sebagai sosok independen yang kuat dan berpikir panjang. Selama ini Sun Woo dan suaminya Lee Tae Oh (Park Hae Joon) adalah pasangan ideal yang terkenal di kota Gosan.

    Karier gemilang Sun Woo sebagai dokter mencukupi kebutuhan finansial keluarga kecilnya dengan satu anak lelaki. Sementara Tae Oh ditampilkan sebagai sosok lelaki insecure yang kerap gagal berbisnis.

    Insekuritas Tae Oh membawanya pada perselingkuhan dengan anak orang berkuasa di Gosan hingga berbuah anak di luar pernikahan. Konflik batin istri yang terzalimi pun luar biasa bikin nyesek para penonton.

    Tapi, sesusah apa pun lika-liku pernikahan Sun Woo, ia tidak pernah menyerah mempertahankan anaknya. Meski kadang makan hati karena sikap labil dan egois sang putra, Sun Woo membuktikan bahwa cinta Ibu pada anak bisa jadi sumber kekuatan luar biasa untuk bertahan hidup.

    Rating 5 / 5

    Rating 5/5 untuk akting Kim Hee-ae yang memukau dan keteguhannya menghadapi konflik tak berkesudahan selama 16 episode. Mau merasakan keseruan A World of Married Couple? Nonton di Viu sekarang.

  5. Kembalinya Orang yang Dicintai di Be With You

    Rekomendasi Drama Korea Bertema Motherhood ini Bikin Semangat di Hari Ibu

    Be With You merupakan remake film Jepang tahun 2004 dengan judul yang sama. Drama Korea ini mengisahkan kehidupan pria bernama Woo Jin (So Ji Sub) dan anak lelakinya Ji Hoo (Kim Ji Hwan) pasca ditinggal sang istri yang sakit keras.

    Ji Hoo yang berumur 7 tahun meyakini bahwa suatu saat ibunya, Young Soo Ah (Son Ye Jin), akan kembali dari negeri awan ketika hari pertama hujan turun. Keyakinan ini berdasarkan cerita tentang keluarga penguin yang kerap dibacakan sang Ibu semasa hidup.

    Suatu hari, secara ajaib Soo Ah muncul seakan menjawab kerinduan Ji Hoo. Namun Soo Ah tidak mengingat apa pun, termasuk perannya sebagai ibu dan istri.

    Hm, bagaimana Ibu bisa mencintai anak ketika ia bahkan tidak memiliki memori tentangnya? Alur cerita yang maju mundur membuat penonton hanyut dalam keromantisan hubungan Soo Ah dan Woo Jin yang saling memendam rasa sejak muda dan terus setia hingga maut memisahkan.

    Rating 4 / 5

    Ketika pasangan saling mencintai dengan tulus maka anak pun akan merasakannya. Kerinduan dan kecintaan anak akan Ibunya bahkan bisa menciptakan keajaiban. Rating 4/5 layak diterima film ini karena sukses meninggalkan rasa hangat yang membekas lama di dada penonton. Nonton Be With You di Viu yuk sekarang.

  6. Kembali ke Masa Lalu untuk Mengubah Takdir di Go Back Couple

    Rekomendasi Drama Korea Bertema Motherhood ini Bikin Semangat di Hari Ibu

    Episode pertama drama Korea ini amat relatable dengan kondisi Ibu rumah tangga yang sedang sibuk-sibuknya mengurus anak. Ma Jin Joo (Jang Nara) ditampilkan apa adanya dengan rambut awut-awutan, baju penuh noda, lingkar mata hitam, kesibukan mengurus anak yang tiada akhir, serta lengkap dengan insecurity akan penampilannya.

    Tipikal Ibu yang nggak punya waktu untuk diri sendiri, bahkan sesederhana pergi ke salon! Ditambah kondisi rumah tangga yang dingin karena kurangnya komunikasi, bikin Jin Joo makin merasa sendiri. Sang suami, Choi Ban Do (Son Ho Jun), digambarkan sebagai sales alat kesehatan yang harus bermanis-manis di depan client dan melakukan segala yang diperintah. Mulai dari hal remeh hingga menutupi perselingkuhan. Semua Ban Do lakukan sebagai kepala rumah tangga dengan gaji pas-pasan.

    Campus Couple yang menikah di usia muda ini pun harus menghadapi krisis pernikahan. Semua bermula dari satu dua kesalahpahaman yang ujung-ujungnya terlalu semrawut untuk diurai hingga berujung cerai.

    Namun keajaiban terjadi dan mereka terlempar kembali ke masa 20 tahun yang lalu, tepatnya masa perkuliahan. Kali ini, mereka mati-matian menghindari satu sama lain agar tidak menjalin asmara.

    Bahkan mereka berusaha mengubah takdir dengan mendekati pasangan lain. Tapi yang namanya chemistry suami istri kalau sudah punya anak pasti kuat banget ya, Bu. Momen melalui masa kehamilan, menjadi Ayah dan Ibu pertama kali, serta perjuangan melalui rumah tangga pasti memberikan kesan mendalam di hati.

    Rating 4 / 5

    Meski mereka girang banget saat kembali ke masa lalu seakan semua masalah hidup lenyap dan bisa reset nasib, tetap saja ada beberapa pertimbangan yang harus dihadapi. Rating 4/5 untuk drama Korea Go Back Couple atas akting yang mumpuni dan jalan cerita yang manis. Jangan sampai kelewatan. Langsung nonton di Viu sekarang.

  7. Semua Demi Anak! Ambisi Ibu-ibu Kaya di The Penthouse

    Rekomendasi Drama Korea Bertema Motherhood ini Bikin Semangat di Hari Ibu

    Bagaimana kalau segala prahara di Sky Castle dan The World of The Married berkumpul jadi satu? Tentunya level gregetan penonton meroket seiring rating drama Korea satu ini yang terus menapak naik. Rasanya nggak ada satupun episode tanpa masalah, mulai dari konflik pernikahan, sikut-sikutan karir, keluarga, hingga perisakan di sekolah.

    Duh, pokoknya nggak santai banget deh hidupnya orang-orang kaya yang tinggal di apartemen penthouse mewah 100 lantai ini.

    The Penthouse mengisahkan konflik yang melingkupi tiga wanita ambisius: Shim Soo Ryeon (Lee Ji Ah) sang mega rich “ratu" penthouse, Cheon Seo Jin (Kim So Yeon) yang tajir tapi arogan, lalu Oh Yoon Hee (Eugene) si social climber yang terlahir tanpa privilege dan berusaha keras masuk ke circle socialite demi kebahagiaan putrinya.

    Intinya sih bagaimana ketiga perempuan ini berkompetisi untuk mendominasi real estate dan memberikan pendidikan unggulan bagi anak-anak mereka.

    Tapi tentu kompetisi ala Penthouse rada bikin bergidik karena sampai ada pertumpahan darah dan balas dendam yang nggak berujung. Asli deh, keegoisan dan keserakahan masyarakat kelas atas nggak bisa dibandingin sama drama kelas pekerja yang paling mentok cuma jambak-jambakan kalau nyela antrian di kondangan.

    Rating 5 / 5

    The Penthouse adalah contoh ekstrem bagaimana cinta Ibu yang berlebihan ke anak-anaknya malah bisa berbuah petaka. Segala yang over memang nggak baik, walau itu niatnya tulus untuk si kecil tercinta. Jangan sampai ambisi untuk memberi anak hal terbaik bercampur dengan hasrat balas dendam dan keserakahan duniawi. Rating 5/5 karena sanggup bikin penonton nggak sabar nonton episode berikutnya. Nonton The Penthouse di Viu sekarang dan siap-siap dibuat ketagihan!

Nonton Streaming / Download Drama Korea Terbaik di Viu

Wah, tema-tema yang menarik dan sangat relevan dengan kehidupan pernikahan kita, bukan? Ibu bisa menonton rekomendasi drama Korea di atas maupun pilihan lainnya di Viu lho. Viu memiliki koleksi terlengkap drama Korea terbaik dari berbagai genre, lengkap dengan subtitle Indonesia, dan berkualitas HD. Ada ribuan drama yang bisa kamu tonton secara gratis tanpa ribet!

Pastikan download aplikasi Viu di smartphone ya, agar kamu bisa nonton drama Korea favoritmu kapanpun yang kamu mau. Nonton sekarang di Viu!

Penulis: Yusrina
Editor: Dwi Ratih