Konsepsi

Baca Tespek Sesuai Petunjuknya Agar Hasilnya Akurat

Baca Tespek Sesuai Petunjuknya Agar Hasilnya Akurat

Jika jadwal menstruasi Ibu terlewat dan sebelumnya Ibu melakukan hubungan seks tanpa pengaman (unprotected sex), maka bisa saja itu adalah tanda kehamilan. 

Payudara membengkak, mual, muntah atau terdapat bercak darah pada pakaian dalam, adalah ciri-ciri kehamilan lainnya. Karena tanda kehamilan pada tiap orang berbeda, maka sebaiknya segera melakukan tes kehamilan. 

Tes kehamilan ini disarankan untuk segera dikerjakan, yaitu untuk mengambil langkah selanjutnya, seperti mengecek kondisi janin atau kesehatan Ibu.

Sesuai dengan judulnya, tes kehamilan dilakukan untuk memastikan adanya kehamilan. 

Tes ini dilakukan untuk melacak keberadaan hormon hCG atau human chorionic gonadotropin, melalui urin atau pun darah Ibu. HCG ini diproduksi di dalam plasenta setelah sel telur yang sudah dibuahi, melekat pada rahim.  

Kapan Sebaiknya Melakukan Tes Kehamilan?


Ibu bisa melakukan tes kehamilan, ketika jadwal menstruasi Ibu terlambat, atau sekitar 21 hari setelah melakukan hubungan badan. 

Nah, makanya, jika Ibu sedang merencanakan kehamilan, jangan lupa untuk rutin mencatat jadwal menstruasi dan berhubungan seks, ya

Caranya gampang, tinggal memberi tanda pada kalender. Atau bisa juga menggunakan aplikasi khusus pada ponsel, cara ini dijamin lebih mudah dan praktis.

Jenis-Jenis Tes Kehamilan

Pada dasarnya, ada dua macam jenis tes kehamilan.

1. Tes kehamilan melalui urin

Home pregnancy test (HPTs) adalah jenis tes yang bisa Ibu lakukan sendiri di rumah, atau yang lebih kita kenal dengan testpack kehamilan. 

Beberapa merk tespek, mengklaim bahwa produk mereka memiliki tingkat akurasi hingga 99%, dengan catatan, jika alat digunakan sesuai dengan instruksi. 

Alat ini mudah ditemukan dan tidak dibutuhkan resep untuk membelinya. Harganya pun terjangkau dan mudah digunakan.

2. Tes kehamilan melalui sampel darah

Tes ini harus dilakukan oleh tenaga medis di rumah sakit. Tes ini lebih jarang dilakukan jika dibandingkan dengan tes urin, karena biayanya mahal dan membutuhkan waktu untuk mengetahui hasilnya. 

Jenis tes kehamilan melalui darah seperti ini, biasanya disarankan dilakukan bagi Ibu yang hamil setelah menjalani prosedur tertentu, atau jika dokter mengkhawatirkan adanya gangguan. Namun, tes ini lebih cepat mendeteksi kehamilan walaupun kadar hCG sangat kecil.

Pemeriksaan Kehamilan Melalui Sampel Darah


Menurut situs womenshealth.gov, pemeriksaan ini selanjutnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Pemeriksaan kualitatif
    Berfungsi untuk mendeteksi keberadaan hormon kehamilan.
  • Pemeriksaan kuantitatif
    Berfungsi untuk mengukur kadar hormon kehamilan.

Selain untuk memastikan kehamilan, pemeriksaan hormon juga bisa diterapkan untuk kepentingan lainnya. Misalnya, untuk memperkirakan usia janin, mendeteksi kemungkinan adanya kelainan (pada janin), mendeteksi kemungkinan terjadinya keguguran dan melihat adanya kehamilan yang bermasalah (contohnya kehamilan ektopik). 

Pemeriksaan hormon ini juga bisa dilakukan untuk mengawali prosedur tertentu seperti CT scan (untuk memastikan bahwa pasien sedang tidak hamil), serta untuk mengevaluasi jenis kanker tertentu. 

Jenis-Jenis Testpack Kehamilan


  • Testpack strip
    Alat berupa strip kecil. Cara menggunakannya adalah dengan mencelupkan bagian ujung strip ke dalam urin yang sudah ditampung, selama beberapa detik. Biasanya jenis ini adalah yang harganya paling terjangkau.
  • Testpack dengan tampungan urin
    Pada tespek jenis ini, urin diteteskan pada bagian khusus. Biasanya hasil akan muncul dalam waktu sekitar satu menit.
  • Testpack digital
    Alat ini berbentuk stick dengan penyerap urin di bagian ujungnya. Hasilnya akan tertera pada layar. Kelemahannya, tespek jenis ini harganya mahal.

Seberapa Akurat Tespek dalam Mengetes Kehamilan?


Akurasi testpack tergantung dari beberapa hal, di antaranya:

  • Digunakan pada waktu yang tepat
    Kadar hCG berangsur naik seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Jadi, di awal kehamilan Ibu, kadar hCG masih rendah, makanya, jika mengecek terlalu awal, bisa jadi hasilnya akan negatif. Tapi, hasil ini akan berbeda pada tiap orang, ya. Sebagian Ibu bisa langsung mendapat hasil positif di hari pertama menstruasinya terlambat, atau bahkan sebelumnya. Ada pula yang harus menunggu selama beberapa hari setelah menstruasi terlambat. Ada baiknya, menunggu hingga beberapa hari setelah jadwal terlewat.
  • Cara menggunakannya
    Beberapa merk testpack mengklaim bahwa produk mereka memiliki tingkat akurasi hingga 99%, asal digunakan sesuai instruksi. Makanya, baca dengan baik petunjuk yang ada di kemasannya. Penting juga, untuk mengecek tanggal kedaluwarsa tespek.

Ada pun beberapa hal yang bisa mengganggu hasil tespek, yaitu jika Ibu konsumsi obat-obatan tertentu (misalnya menonsumsi obat kesuburan, obat penenang, antihistamin, dst). 

Menderita penyakit tertentu juga bisa bikin hasil dari pengetesan tidak tepat, misalnya terdapat kista pada ovarium, penyakit ginjal, infeksi pada saluran kemih, dst.

Cara Menggunakan Tespek Kehamilan


Tidak ada persiapan khusus dalam cara menggunakan tespek kehamilan. Namun, penting untuk Ibu mengikuti arahan yang tertera. Berbeda merk dan jenis testpack, berbeda pula cara menggunakannya. 

Ada pun cara yang paling umum, yaitu dengan mencelup ujung alat pada urin yang sudah ditampung di wadah yang bersih dan kering. Kemudian tunggu beberapa waktu untuk melihat hasilnya.

Sebagian pendapat menyarankan untuk menggunakan urin pertama di pagi hari, sebagian lainnya mengatakan bahwa Ibu bisa menggunakan tespek kehamilan di waktu kapan pun. 

Disarankan untuk nggak terlalu banyak minum sebelum menggunakan tespek dan mengulangi pemakaian satu hari setelahnya, untuk memastikan hasil.

Cara baca tespek sangat gampang. Jika yang muncul hanya satu garis, artinya negatif hamil. Sebaliknya, jika tertera dua garis, artinya positif hamil. Jika tidak ada garis yang muncul, artinya penggunaannya nggak tepat. Perlu juga Ibu ketahui, bahwa setelah 30 menit penggunaan, hasil tespek tidak lagi efektif. 

Berikut adalah rekomendasi beberapa merk testpack.

1. Testpack Kehamilan One Med Strip

Belakangan, merk alat kesehatan ini semakin terkenal. Salah satu produknya, adalah alat deteksi kehamilan. Disarankan menggunakan urin di pagi ketika menggunakan tespek ini. Harganya sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp8000 saja per strip. Beli produk yang asli di link ini. Merk One Med ini juga punya varian tespek lainnya, yaitu UltraOne.

2. Testpack Kehamilan Andalan Strip

Pada dasarnya, penggunaan sama dengan produk berbentuk strip dengan merk lainnya. Alat uji kehamilan merk ini juga memiliki tingkat akurasi tinggi, dan harganya terjangkau. Per satu strip, cukup dengan kisaran harga Rp10.000. Cek di sini.  

3. Testpack Kehamilan Akurat

Adalah merk alat tes kehamilan yang terjangkau, yaitu Rp10.600 per strip. Pada testpack kehamilan ini, hasil muncul sekitar satu sampai tiga menit, dengan tingkat akurasi 99%. Belanja aman dan nyaman, cukup dengan menekan tautan berikut ini. Juga tersedia Testpack Kehamilan Akurat Compact dengan harga Rp23.000.

4. Testpack Kehamilan Testpack Strip

Alat pendeteksi kehamilan keluaran PT. Laniros Dian Pharma ini bisa digunakan setelah tujuh hari dari berhubungan seks. Testpack merk ini mudah ditemukan, misalnya pada minimarket. Atau, klik saja di sini jika ingin berbelanja online. Harganya, beragam pada setiap area, ada pun kisaran harganya, yaitu sekitar Rp11.000 per satu strip.

5. Testpack Kehamilan Pregcy Check Strip

Alat deteksi kehamilan Pregcy Check ini hanya membutuhkan waktu pencelupan selama tiga detik, dan tiga menit untuk melihat hasilnya. Estimasi harga per strip adalah Rp18.000. Belanja praktis di sini

6. Testpack Kehamilan Sensitif Strip

Adalah salah satu merk alat tes kehamilan yang paling terkenal. Alat tes berupa strip yang dicelupkan pada air seni, kemudian hasil akan muncul setelah satu hingga tiga menit. Alat ini bisa digunakan setelah tujuh hari berhubungan seks dan diklaim memiliki tingkat akurasi hingga 99%. Harga alat tes kehamilan Sensitif Strip ini adalah Rp23.000 per satu strip. Pastikan membeli produk yang aslinya di sini. Selain strip, merk ini juga memiliki bentuk lainnya yaitu Senstitf UC (dengan tambahan container untuk menanpung air seni) seharga Rp28.000.

7. Tespack Kehamilan Woman Choice Strip

Berisi dua strip alat uji kehamilan dan wadah untuk menampung urin, sehingga lebih mudah praktis. Untuk menunggu hasilnya pun sangat cepat, yaitu sekitar 40 detik saja. Alat ini sudah bisa digunakan setelah tujuh hari berhubungan seks. Belanja praktis di tautan ini. Beli tespek kehamilan Woman Choice Strip dengan harga Rp27.000.

8. Testpack Kehamilan Direct Test

Alat deteksi kehamilan merk Direct Test ini juga bisa digunakan satu minggu setelah berhubungan tanpa pengaman. Testpack produksi Puspa Pharma ini memiliki tingkat akurasi 99%, dan bisa digunakan pada waktu apa pun (tidak harus di pagi hari). Beli tespek kehamilan ini di sini, dengan harga Rp29.000. 

9. Testpack Kehamilan Sensitif Digital

Alat tes kehamilan ini bisa digunakan hingga tiga kali pemakaian, cukup dengan mengganti test reader yang sudah tersedia di dalam kemasan. Alat ini bisa dibeli dengan harga Rp249.000 di marketplace berikut ini.

Selain menggunakan tespek dan uji sampel darah, cara lain untuk memastikan kehamilan adalah dengan melakukan USG. Itulah jenis-jenis tespek kehamilan yang bisa dicoba.

(Stephanie / Dok )