Konsepsi

Cara Cepat Hamil Setelah Lepas IUD Yang Wajib Diperhatikan!

Cara Cepat Hamil Setelah Lepas IUD Yang Wajib Diperhatikan!

Kita tahu bahwa KB atau alat kontrasepsi punya fungsi yang cukup vital dalam mencegah kehamilan. Terutama bagi pasangan yang hendak menunda memiliki momongan kembali.

Namun, setelah lama menggunakan KB terutama jenis IUD atau intrauterine devices dan si Kakak sudah cukup usia untuk memiliki Adik, mungkin ada baiknya KB IUD segera dilepas ya Bu. Agar setelahnya Ibu bisa langsung merencanakan program hamil setelah lepas IUD.

Apalagi kata orang, hamil setelah lepas IUD nggak semudah itu. Hal tersebut juga tergantung dari seberapa lama kamu menggunakan IUD. Untuk itu, diperlukan program yang tepat untuk segera mewujudkan kehamilan tersebut.

Nah, kalau kamu dan pasangan sedang berencana menambah momongan kembali setelah menggunakan IUD ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karenanya yuk simak ulasan mengenai cara cepat hamil setelah lepas IUD berikut ini.

Kapan bisa program hamil setelah lepas IUD? 

Konon katanya, menurut beberapa wanita setelah lepas IUD seseorang tidak akan bisa langsung hamil. Hal ini disebabkan oleh efek dari hormon dalam tubuhnya yang masih belum stabil. Benarkah demikian?

Jika melansir Parenting First Cry ketika seorang wanita berhenti menggunakan KB hormonal jenis IUD dikit banyak mungkin dapat memengaruhi beberapa hal mulai dari hormon, siklus menstruasi hingga kesuburannya. Namun, semua tergantung alat kontrasepsi yang digunakannya.

Alat kontrasepsi jenis IUD sejatinya merupakan jenis yang paling tidak mengganggu hal-hal tersebut terutama dalam hal kesuburan. Setelah lepas IUD, biasanya juga tidak akan menghalangi kemungkinan untuk hamil kembali.

Kemungkinan hamil kembali setelah lepas IUD sama besarnya ketika belum menggunakannya sama sekali. Jadi intinya adalah, seorang wanita akan memiliki kesempatan besar yang sama untuk cepat hamil setelah lepas IUD.

Bagaimana cara cepat hamil setelah lepas IUD? 

Setelah ‘baling-baling bambu’ alias IUD dilepaskan, tentunya Ibu berharap agar bisa segera hamil setelahnya. Hal ini merupakan sebuah ekspektasi yang wajar, apalagi jika sang buah hati memang sudah sangat dinanti.

Lalu, bagaimanakah cara cepat hamil setelah lepas IUD yang tepat? Melansir Healthline menurut dokter spesialis kandungan dari Tennessee Reproductive Medicine, Dr. Jessica Scotchie seorang wanita bisa langsung hamil sebulan setelah lepas IUD.

Namun dengan catatan usianya masih cukup produktif dan tidak ada penyakit penyerta lain yang dapat mengganggu kehamilan. Dr. Scotchie pun memberikan beberapa gambaran persentase kehamilan berdasarkan usia, bagi tiap wanita setelah lepas IUD berikut ini:

  • Di bawah usia 35 tahun: 60% peluang hamil di 6 bulan pertama setelah lepas IUD dan sebanyak 85-90% pada 1 tahun setelah lepas IUD.
  • Di atas 35 tahun: Peluang hamil setelah lepas IUD turun sebanyak 10-15% per bulan.
  • Di atas 40 tahun: Peluang untuk hamil semakin berkurang, menjadi hanya sekitar 5% per bulan.

Cara cepat hamil setelah lepas IUD

Berdasarkan penelitian dari Bio Medical Central berjudul Contraception and Reproductive Medicine yang dilakukan pada tahun 2018  penggunaan alat kontrasepsi termasuk IUD terlepas dari durasinya tidak memiliki efek negatif setelah dilepas. Para peneliti juga menemukan bahwa hal tersebut tidak akan berpengaruh pada kesuburan.

Bahkan dalam penelitian tersebut sebanyak 14.884 wanita dan 2.374 pengguna IUD, 83% bisa lekas hamil dalam 12 bulan pertama setelah lepas IUD. Namun jika saat menggunakan IUD Ibu mengalami kendala seperti masa subur yang tidak menentu, menstruasi tidak teratur atau sering mengalami kram perut dan nyeri panggul hal ini bisa saja memengaruhi peluang hamil setelah lepas IUD.

Berikut adalah cara cepat hamil setelah lepas IUD yang bisa kamu jadikan ikhtiar bersama pasangan untuk segara mendapatkan momongan:

1. Kenali kapan masa suburmu

Peluang besar untuk hamil yang paling memungkinkan adalah ketika kamu telah mengenali kapan masa suburmu terjadi setiap bulan. Sebab, melakukan hubungan seksual di masa subur dapat meningkatkan peluang untuk hamil yang lebih besar di luar waktu tersebut.

2. Olahraga teratur dan terapkan gaya hidup sehat

Mempersiapkan kehamilan perlu dilakukan sedini mungkin, meski baru sekadar rencana. Olahraga teratur dan selalu menerapkan gaya hidup sehat juga dapat menjadi salah satu cara cepat hamil setelah lepas IUD yang paling direkomendasikan oleh para dokter.

Melansir WebMD  olahraga teratur dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, peredaran darah lancar dan memancing hormon oksitosin sehingga lebih memudahkan seorang wanita untuk hamil. Terutama jika dibarengi dengan konsumsi makanan yang sehat seperti sayur, buah dan aneka protein yang baik untuk tubuh lainnya. Jangan lupa untuk menghindari stress berlebih agar program hamil setelah lepas IUD tetap berjalan lancar.

3. Konsultasi ke dokter

Konsultasi ke dokter sangatlah penting ketika Ibu hendak melakukan program hamil setelah lepas IUD. Nantinya dokter akan memeriksakan kondisi rahim Ibu sebelum dibuahi agar lebih siap ketika hamil.

Konsultasi ke dokter juga bertujuan untuk mengetahui adanya gangguan ataupun penyakit dalam tubuh Ibu yang mungkin Ibu alami setelah lepas IUD. Sehingga dokter bisa mengobati lebih cepat dan tidak mengganggu program kehamilan.

4. Sex position doesn’t matter

Artinya, cara cepat hamil setelah lepas IUD yang satu ini tak perlu terlalu dipikirkan. Sebab, posisi sex tidak melulu menentukan peluang seseorang bisa segera hamil ataupun tidak.

Jika terlalu memikirkan hal tersebut, dikhawatirkan Ibu bisa stress dan dapat mengganggu program kehamilan yang sedang Ibu jalani. Sebaliknya kamu dan pasangan tetap bebas melakukan posisi seks apapun asalkan keduanya merasa nyaman.

Akan tetapi, setelahnya usahakan untuk melakukan relaksasi terlebih dahulu sebelum berganti pakaian. Kamu bisa mengangkat kedua kaki ke atas dengan diselipkan bantal di area pinggul selama 10-15 menit untuk memudahkan sperma berenang ke indung telur, sehingga peluang hamil jadi lebih besar.


Editor: Atalya