Konsepsi

Jangan Sampai Gagal Fokus! Cara Mengatasi PCOS Agar Cepat Hamil

Jangan Sampai Gagal Fokus! Cara Mengatasi PCOS Agar Cepat Hamil

Tiap pasangan yang sudah menikah biasanya akan mendambakan kehadiran seorang anak secepatnya. Tapi bagaimana ya jika hal tersebut belum juga terwujud setelah beberapa tahun menikah?

Nah, kalau hal tersebut terjadi pada Ibu ada baiknya segera periksakan diri ke dokter ya Bu. Sebab, dikhawatirkan Ibu mengalami gangguan kesuburan pada wanita yang akrab dikenal dengan PCOS atau dalam istiliah medis disebut polycytic ovarian syndrome.

PCOS disebut-sebut memang seringkali jadi penyebab utama mengapa seorang wanita sulit hamil. Penyakit ini juga bisa menyebabkan komplikasi infertilitas pada wanita.

Biasanya indung telur pada penderita PCOS lebih besar dari ukuran normal. Sayangnya isi dari indung telur tersebut adalah kista kecil dengan telur-telur yang belum matang.

Lalu bisakah PCOS disembuhkan? Bagaimana cara mengatasi PCOS agar cepat hamil? Simak ulasan dalam Instagram Live Ibupedia bersama Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Ivander Ramon Utama, FMAS, SpOG, MSc berikut yuk!

Apa itu PCOS? 

Menurut dr. Ivander, PCOS adalah gangguan kesuburan atau fertilitas pada wanita yang membuat hormon wanita menjadi tidak seimbang. Biasanya pasien mulai mengeluhkan berbagai gangguan kesuburan mulai dari susah hamil hingga siklus menstruasi yang tidak teratur atau bahkan tidak mens sama sekali.

Meskipun usia mereka masih tergolong berada di usia subur untuk hamil. Selain itu, PCOS umumnya juga sering ditandai dengan berbagai gejala tambahan karenanya PCOS dalam istilah medis disebut dengan polycytic ovarian syndrome.

Karena syndrome yang di maksud campuran atau kumpulan dari berbagai gejala pendukung. Biasanya gejala pendukung lain dari PCOS adalah:

  • Bertambahnya jerawat.
  • Penambahan berat badan.
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur.
  • Bertambahnya rambut-rambut halus di sekitar wajah atau bagian tubuh lain.
  • Mens berhenti sama sekali, meskipun mens tidak diikuti dengan masa subur.

Selain berdasarkan keluhan dari pasien, pemeriksaan pasti PCOS juga harus melalui pemeriksaan USG. Agar lebih pasti letak indung telur mana yang bermasalah dan terapi pengobatan apa yang perlu dilakukan.

Apa saja penyebab PCOS? 

Dr. Ivander mengatakan, penyebab PCOS sendiri sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan berat badan. Kondisi PCOS bisa membuat Ibu menjadi lebih gemuk akibat hormon androgen yang diproduksi oleh tubuh Ibu sendiri.

Namun, para Ibu yang sebelumnya tidak ada tanda dan gejala PCOS juga bisa saja mengalami PCOS dibarengi dengan berat badan yang meningkat. Contohnya, setelah memiliki anak pertama kemudian berat badan Ibu terus meningkat dan cenderung belum kembali ke berat badan normal.

Hal ini dapat menyebabkan Ibu juga bisa mengalami PCOS dengan gejala berupa siklus menstruasi yang berantakan alias tidak teratur. Pada akhirnya ketika berencana memiliki anak ke dua, akan menjadi lebih sulit.

Tetapi dr. Ivander juga menambahkan bahwa PCOS juga tetap bisa terjadi pada wanita dengan tubuh kurus. Tentunya penanganan pada keduanya jelas berbeda.

Yang jelas, peluang hamil bagi wanita bertubuh gemuk atau pasutri yang tergolong obesitas dengan atau tanpa PCOS turun sekitar 7-10% saja. Meskipun proses kehamilan dilakukan dengan cara inseminasi sekalipun.

“Ada suatu penurunan yang signifikan pada pasutri obesitas terhadap peluang hamilnya. Makin gemuk, makin obess makin susah,” jelas dr. Ivander.

Jangan sampai gagal fokus!

Menurut dr. Ivander cara mengatasi PCOS agar cepat hamil sejatinya nggak melulu harus fokus menurunkan berat badan Ibu agar menstruasi menjadi lancar. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, terutama pada pasutri yang usia pernikahannya sudah mencapai 10 tahun.

Tujuannya agar penanganannya langsung to the point untuk membuat kemungkinan terjadinya masa subur, siklus menstruasi lancar dan kemungkinan untuk ovulasi meningkat.

Namun sayangnya, belakangan yang bikin gagal fokus pada pasien PCOS ketika ingin hamil biasanya malah salah langkah. Mereka malah fokus ke penanganan siklus menstruasi dan penurunan berat badan terlebih dahulu.

Padahal menurut dr. Ivander sebaiknya pasien PCOS harus segera melakukan program kehamilan dengan dokter. Biasanya dokter akan mencoba meningkatkan peluang masa subur, kelancaran haid agar kemungkinan hamil juga bisa meningkat.

Cara mengatasi PCOS agar cepat hamil

Jika melansir Healthline PCOS banyak diderita oleh 12% wanita di Amerika Serikat. Di mana 50% di antaranya tidak mengenali apa gejala awal dari PCOS itu sendiri.

Sehingga makin menyulitkan mereka untuk cepat hamil. Tapi, bukan berarti Ibu dengan PCOS tidak bisa hamil ya Bu, hanya saja kemungkinan kamu harus melakukan program khusus agar cepat hamil. Berikut adalah cara mengatasi PCOS agar cepat hamil:

  • Pastikan kamu memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan indeks masa tubuh.
  • Pastikan untuk konsisten memperbaiki pola hidup sehat yang diterapkan setiap hari.
  • Rajin memeriksa berapa jumlah kolesterol dalam darah.
  • Konsumsi makanan bergizi setiap hari yang mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh.
  • Olahraga teratur agar untuk membantu menurunkan berat badan.
  • Melakukan program kehamilan seperti IVF atau bayi tabung agar cepat hamil.
  • Dokter akan memberikan obat-obatan seperti pil KB sebelum program. Fungsinya untuk membuat menstruasi lebih teratur. Selain pil KB, dokter mungkin juga akan memberikan obat-obatan lain untuk mengontrol siklus menstruasi dan membantu ovulasi agar cepat hamil.

Penting diingat, tidak ada satu makanan ataupun suplemen apapun yang bisa  mengatasi PCOS agar cepat hamil. Namun untuk meningkatkan peluang kehamilan adalah dengan memperbaiki lifestyle atau pula hidup sehat agar metabolisme hormon calon Ibu dan juga Ayah menjadi lebih baik.

“Itu efeknya holistik ke seluruh badan, jadi kalau mau awet muda lakukan pola hidup sehat, nggak mau obesitas ya lakukan pola hidup sehat. Supaya juga bisa lebih cepat hamil,” tambah dr. Ivander.


Editor: Atalya