Konsepsi

Penyebab Lidah Bayi Putih dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Penyebab Lidah Bayi Putih dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Lidah bayi putih kerap kali membuat Ibu khawatir. Pasalnya, Ibu mencoba membersihkannya tetapi tetap tidak hilang. Ibu akan bertanya-tanya, apakah karena ASI atau bayi tidak sehat yang menjadi penyebabnya. Meski tidak selalu, lidah bayi putih sering membuat bayi rewel tidak mau menyusu.

Ternyata, lidah bayi putih merupakan kondisi wajar karena sering ditemui pada bayi. Ada beberapa penyebab terjadinya lidah putih pada bayi. Yang paling sering disebabkan oleh sisa susu. Lidah bayi putih juga membuatnya tidak nyaman, nafsu makan berkurang, bahkan membuatnya rewel.

Penyebab Lidah Bayi Putih

Seperti yang dilansir pada Healthline, penyebab lidah bayi putih ada dua.

1. Infeksi Jamur

Salah satu penyebab lidah bayi putih adalah infeksi jamur. Jenis jamur yang sering membuat lidah bayi putih adalah Candida albicans. Ini adalah jenis jamur yang sama dengan yang menyebabkan infeksi jamur pada vagina dan ruam akibat popok.

Infeksi jamur dapat terjadi akibat sistem kekebalan tubuh bayi belum berkembang dengan sempurna, termasuk kemampuan melawan infeksi. Selain itu, Penyebab lain lidah bayi putih adalah penggunaan antibiotik dalam jangka waktu panjang karena malah meningkatkan risiko infeksi jamur pada bayi. Ini disebabkan oleh antibiotik yang justru melemahkan bakteri baik yang ada pada lidah. Jamur pun akan lebih mudah untuk tumbuh di lidah.

Jamur dapat berasal dari puting ibu yang kemudian menyebar ke bagian mulut bayi. Jika Ibu melihat ke dalam bagian dalam mulut bayi, warna keputihan tidak hanya ada di lidah, tetapi ada warna putih seperti pola keju cottage di bagian dalam mulut lainnya seperti lidah, bibir, dan bagian dalam pipi bayi.

Jika Ibu melihat gejala ini, Ibu jangan panik. Namun, infeksi jamur yang mengakibatkan lidah bayi putih tidak boleh diabaikan meskipun hanya gejala ringan ataupun tidak mengganggu. Selalu ada kemungkinan infeksi tersebut memburuk dan malah membuat bayi tidak nyaman dan kesakitan, terutama saat menyusu. Jika bayi tidak senang, kehidupan rumah tangga pun akan terganggu.

2. Sisa Susu

Jika lidah bayi putih diakibatkan oleh sisa susu, tidak ada alasan untuk ibu untuk panik. Cara membedakan apakah lidah bayi putih disebabkan oleh jamur atau sisa susu, Ibu dapat mencoba menghapus bagian putih lidah dengan kain kecil yang sudah dikompres dengan air hangat. Jika warna keputihan hilang, maka itu adalah sisa susu. Yang harus ibu perhatikan, sisa susu semakin terlihat setiap habis menyusui.

Apa penyebab lidah bayi putih gara-gara sisa susu? Jawabannya sederhana, yaitu karena kurangnya produksi saliva pada bayi. Mulut bayi yang baru lahir berbeda dengan mulut orang dewasa. Bahkan, bayi baru lahir belum memproduksi air ludahnya sendiri. Oleh karena itu, pada bayi berusia 4 bulan keatas, air liur mereka sering menetes diakibatkan produksi saliva yang sudah optimal. Semakin sedikit jumlah air liur, makan semakin sulit bagi bayi untuk menghilangkan sisa susu pada lidah mereka.

Kemungkinan lidah bayi putih yang diakibatkan oleh sisa susu semakin besar pada bayi yang memiliki kecenderungan tongue tie, yaitu kondisi dimana membuat bayi semakin sulit menggerakkan lidah mereka. Bahkan, bayi bisa jadi tidak dapat menyentuhkan lidah ke langit-langit mulut mereka sehingga sisa susu menempel di langit-langit mulut mereka.

Kemungkinan kepada bayi yang memiliki langit-langit mulut tinggi juga semakin besar. Namun, apapun penyebab lidah bayi putih akibat sisa susu, permasalahan ini tidak permanen dan akan segera hilang seiring dengan semakin besar produksi air ludah bayi, terutama saat bayi sudah memulai MPASI.

Sebelum produksi saliva bayi optimal, Ibu bisa menyeka lidah bayi menggunakan kompres air hangat untuk menghilangkan lidah bayi putih.

Mencegah dan Mengobati Lidah Bayi Putih

Seperti yang telah diketahui, ada dua penyebab lidah bayi putih, yaitu infeksi jamur dan sisa susu. Lantas bagaimana cara mengobatinya?

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur pada lidah bayi biasanya mudah ditangani. Dokter akan meresepkan obat antijamur yang akan dioleskan pada bagian berwarna putih. Agar obat bekerja maksimal, minimal obat diberikan setengah jam sebelum bayi menyusui. Penanganan infeksi jamur ini memakan waktu beberapa hari saja.

Obat antijamur yang dimaksud seperti:

  • Miconazole. Obat ini berbentuk gel dan sering diresepkan untuk mengobati lidah bayi putih. Cara penggunaannya cukup mudah, hanya mengoleskan langsung ke bagian lidah bayi yang berwarna putih dengan menggunakan jari yang sudah bersih.
  • Nystatin. Obat ini berbentuk tetes sehingga mudah diberikan kepada bayi. Nystatin diberikan sebagai alternatif apabila Miconazole tidak cocok untuk bayi

Memberikan yoghurt pada bayi juga kerap dipercaya membantu mengurangi lidah bayi putih akibat infeksi jamur karena yoghurt mengandung bakteri baik yang dipercaya dapat melawan infeksi jamur. 

Cara lain untuk mencegah lidah bayi putih akibat infeksi jamur yang berasal dari puting ibu dan barang lainnya adalah:

  • Rawatlah puting payudara agar tidak mengalami infeksi jamur yang bisa menular kepada bayi;
  • Bersihkan dan sterilkan semua peralatan yang digunakan bayi untuk menyusui seperti botol susu; dan
  • Bersihkan dan sterilkan mainan bayi.

2. Sisa susu

Cara yang bisa Ibu lakukan untuk mencegah lidah bayi putih akibat sisa susu adalah membersihkan lidah dan mulut bayi dengan kasa atau lap bersih setelah selesai menyusui.

Cara-cara di atas adalah pencegahan agar lidah bayi tidak berwarna putih. Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, Ibu sebaiknya membawa bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih