Kelahiran Dibaca 3,504 kali

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Nama Bayi

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya

Terakhir diperbaharui 12 September, 2019 04:09

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Nama Bayi

Memilih nama untuk si kecil merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Ini sangat penting karena Bunda akan memilih nama yang akan digunakan seumur hidup. Untuk itu ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih nama bayi:

1. Keturunan dan Budaya

Mungkin banyak dari orang tua yang menamakan anaknya untuk menggambarkan agama yang dianut. Hal ini tidak masalah. Bunda dapat melihat koleksi nama Islami atau Sansekerta yang telah Ibupedia siapkan untuk menjadi rekomendasi Bunda.

2. Kesesuaian Bunyi

Hal yang penting dipikirkan adalah bagaimana nama itu terdengar ketika diteriakkan. Apakah berbunyi merdu atau keras? Hindari menggabungkan nama pertama yang memiliki akhiran vokal sama dengan awal dari nama belakang, seperti “Gita Amelia”. Hindari juga nama-nama seperti “Anakku Lelaki”. Mungkin ini terdengar unik awalnya, tetapi ingat, Anak Bunda akan menggunakan nama itu selamanya.

3. Nama Panggilan dan Inisial

Orang banyak, terutama anak kecil, bisa sangat tidak mempedulikan perasaan ketika membuat nama panggilan bagi orang lain. Jadi hindarilah memberi nama yang berpotensi memiliki preseden buruk.

4. Keunikan

Sebuah nama yang tidak biasa memang dapat membedakan si kecil dari orang lain. Di sisi lain, nama yang unik dan belum pernah ada dapat menimbulkan perhatian lebih dari orang lain. Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan, pilihlah nama pertama yang cukup familiar, lalu gabungkan dengan nama kedua yang Bunda ciptakan sendiri.

5. Arti Nama

Arti nama harus Bunda pikirkan benar-benar, karena sebuah nama adalah doa. Gunakan tool kami untuk mencari nama bayi dan juga mengetahui artinya.

6. Nama Seperti Saudara Atau Teman

Banyak orang tua yang memberi nama anaknya sama seperti nama saudara atau teman yang pernah di kenal. Hal ini cukup baik, sehingga dapat menambah ide nama untuk dipertimbangkan.

Ingat, faktor-faktor tersebut tidaklah harus Bunda ikuti. Kriteria yang paling penting dalam memilih sebuah nama adalah Bunda dan Ayah sama-sama suka dengan nama tersebut.

(Atalya)