Rekomendasi

Rekomendasi Buku Cerita dan Dongeng Anak Islami Tentang Puasa

Rekomendasi Buku Cerita dan Dongeng Anak Islami Tentang Puasa

Membacakan dongeng anak Islami tentang puasa bisa menjadi sarana mengenalkan ibadah puasa untuk anak-anak. Apalagi jika si kecil baru mulai belajar puasa, biasanya ia membutuhkan “gambaran” bagaimana puasa dilakukan, apa manfaatnya, hingga hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama puasa. Gambaran mengenai puasa itu bisa diperoleh dari banyak sumber, salah satunya dari cerita atau dongeng anak Islami tentang puasa.

Manfaat Membacakan Cerita Anak Islami di Bulan Ramadhan

Selain menjadi sarana belajar, membacakan dongeng anak islami tentang puasa juga bisa mengisi waktu luang anak selama bulan Ramadan dengan kegiatan positif, lo. Ibu atau Ayah bisa membacakan buku, bercerita, atau mengajak anak menonton video animasi soal puasa sambil menunggu waktu berbuka. Mengisi waktu puasa dengan kegiatan seperti ini juga bisa membantu anak sedikit lupa akan rasa lapar dan hausnya, sehingga puasa bisa jadi lebih lancar.

Tak hanya itu, membacakan cerita anak Islami di bulan Ramadhan juga bisa membawa manfaat bagi tumbuh kembang anak, lo! Wah, apa saja ya manfaatnya?

1. Meningkatkan kemampuan mendengar dan menyimak anak

Seperti dikutip dari laman Healthline, storytelling sendiri sangat bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak, salah satunya kemampuan mendengarnya. Kemampuan mendengar sekaligus menyimak ini termasuk skill penting yang harus dikuasai anak, bahkan sebelum ia bisa membaca bukunya sendiri. Rajin membacakan buku untuk anak, termasuk dongeng anak Islami tentang puasa, bisa membantu mengasah skill-nya yang satu ini, Bu!

2. Membantu perkembangan kognitif dan bahasa

Penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa anak-anak yang terbiasa diajak berinteraksi verbal, termasuk membaca dan berbicara, memiliki tingkat kemampuan bahasa dan skor IQ yang lebih tinggi hingga usia 14 tahun. Bahkan bayi yang belum bisa berbicara, juga bisa mendapat manfaat dari storytelling. Ini ditunjukkan dari studi tahun 2013 yang menyatakan bayi yang banyak diajak baca buku dan berbicara memiliki skor lebih tinggi dalam keterampilan bahasa dan perkembangan kognitif, seperti pemecahan masalah.

3. Memperkaya kosakata anak

Para ahli dari National Center on Early Childhood Development, Teaching and Learning, juga menjelaskan bahwa membacakan buku untuk anak-anak membantu memperluas jumlah dan variasi kata yang mereka gunakan. Satu studi di 2019 memperkirakan bahwa anak-anak yang secara teratur membaca selama 5 tahun menjelang taman kanak-kanak akan terpapar 1,4 juta lebih banyak kata daripada anak-anak yang tidak membaca selama tahun-tahun itu.

Dengan begini, artinya, membacakan dongeng anak Islami tentang puasa tentu juga bisa memperkaya kosakata anak terutama yang berhubungan dengan puasa!

4. Meningkatkan rentang perhatian anak

Membacakan buku kepada anak tentu akan menuntut anak untuk mendengar dan menyimak dengan seksama. Kegiatan ini jika rutin dilakukan dapat membantu mereka mengembangkan konsentrasi, fokus, dan keterampilan disiplin. Saat baru pertama diajak baca buku, mungkin beberapa anak akan terlihat tidak menikmati. Namun, jika dilakukan secara teratur, lama-lama mereka akan mau mendengarkan untuk memahami. Ini akan membuat rentang perhatiannya jadi lebih lama, yang tentunya berguna saat di sekolah.

5. Meningkatkan kreativitas anak

Buku dan cerita ibarat membuka dunia baru bagi anak. Anak-anak yang mungkin baru belajar puasa, dapat memiliki wawasan baru yang lebih luas saat dibacakan cerita atau dongeng anak Islami tentang puasa. Apalagi jika cerita itu termasuk cerita fiksi yang menggunakan elemen fantasi sehingga anak-anak jadi didorong berpikir out of the box. Inilah yang akhirnya bisa membantu meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. Kreativitas sendiri penting untuk mengembangkan minat dan ide, serta untuk memelihara kesehatan emosional.

6. Memperkuat bonding antara orangtua dengan anak

Tak cuma bagi anak, storytelling juga membawa dampak positif bagi orangtua. Membacakan cerita anak muslim tentang puasa bisa jadi kesempatan bagus bagi orangtua dan anak untuk merasa terhubung. Hubungan antara orangtua dan anak yang kokoh bisa jadi pondasi kuat bagi anak berinteraksi dengan lingkungan yang lebih luas.

Buku Cerita Anak Muslim Tentang Puasa

Setelah mengetahui berbagai manfaat membacakan cerita, khususnya cerita bulan Ramadhan untuk anak, sekarang mari kita bahas rekomendasi buku cerita dengan topik puasa, ya!

1. Diari Ramadhan

Buku ini termasuk buku yang padat isinya. Selain berisi cerita-cerita anak muslim tentang puasa, buku berjudul Diari Ramadhan juga berisi hal-hal terkait puasa Ramadhan seperti doa dan niat puasa dan pengetahuan umum tentang puasa. Ada juga tabel catatan harian selama 30 hari sehingga anak-anak dapat mencatat kegiatan mereka selama bulan Ramadhan, serta tabel ibadah untuk mengetahui ibadah apa saja yang sudah mereka lakukan selama puasa. Buku ini tidak hanya menyajikan kisah menarik, tapi juga bisa jadi penyemangat anak-anak untuk berpuasa.

Dapatkan buku Diari Ramadhan di e-commerce berikut ini:
- Shopee 
Gramedia 

2. Indahnya Bulan Ramadhan

Dongeng anak Islami tentang puasa juga bisa diperoleh dari buku berjudul “Indahnya Bulan Ramadhan”. Buku ini mengisahkan seorang gadis bernama Rika yang menjalankan ibadah puada bersama keluarganya. Meski harus menahan lapar dan haus, Rika tetap berusaha gembira dan bersikap positif. Ia menjalani puasa dengan hati senang, mulai sahur, berbuka, hingga salat tarawih di masjid. Saat Idul Fitri tiba, Rika dan keluarganya juga ikut menjalani tradisi mudik. Namun, masalah terjadi ketika Ayah Rika ternyata harus kembali ke rumah karena ada koper yang tertinggal! Kisah Rika dalam buku ini bisa membawa banyak pelajaran untuk anak, lo, Bu.

Dapatkan buku Indahnya Bulan Ramadhan di e-commerce berikut ini:
- Gramedia 

3. Fathul Belajar Puasa

Buku karya Mochamad Anshory ini berkisah tentang seorang anak bernama Fathul yang baru pertama kali belajar puasa. Seperti kebanyakan anak lainnya, Fathul yang berumur 6 tahun masih belum memahami seluk beluk ibadah puasa. Ia pun mencari tahu lebih banyak dengan bertanya kepada orangtuanya. Buku ini sangat cocok bagi Ibu dan Ayah yang ingin membiasakan si kecil berpuasa. Selain dilengkapi ilustrasi menarik, buku ini juga disampaikan dengan gaya cerita sederhana serta ada bonus stikernya juga!

Dapatkan buku  Fathul Belajar Puasa di e-commerce berikut ini:
- Tokopedia 
- Gramedia 

4. Puasa Pertama Salman

Buku ini menceritakan kisah seorang anak bernama Salman yang sedang menjalankan ibadah puasa pertamanya. Saat bulan Ramadhan tiba, Salman sangat bersemangat untuk ikut berpuasa seperti orangtuanya. Namun, sepulang sekolah, Salman merasakan haus luar biasa karena ia kepanasan. Apakah Salman berhasil menyelesaikan puasanya hingga maghrib tiba? 

Nah, cara Salman mengatasi permasalahannya ini bisa memberikan pelajaran penting bagi si kecil. Ibu juga bisa menjelaskan kepada anak terkait kewajiban puasa yang dibebankan kepada setiap umat muslim yang sudah balig. Sedangkan anak-anak yang belum balig, sebenarnya belum diwajibkan berpuasa. Tapi meski begitu, puasa tetap perlu dibiasakan sejak dini.

Dapatkan buku Puasa Pertama Salman di e-commerce berikut ini:
- Shopee 
- Tokopedia 

5. Aisyah Sofia: Ayo, Kita Puasa di Bulan Ramadhan!

Dongeng anak Islami tentang puasa yang juga bisa jadi pilihan untuk anak yang baru belajar berpuasa adalah kisah Aisyah Sofia dan teman-temannya yang puasa untuk pertama kali. Keinginan Aisyah untuk mulai ikut berpuasa didukung penuh oleh kedua orangtua, kakak, serta neneknya. Penulis buku ini juga menyisipkan berbagai pelajaran soal puasa Ramadhan, seperti mengapa umat muslim perlu berpuasa, apa saja aturan yang harus diikuti saat puasa, Isra Miraj, dan masih banyak lagi. Ilustrasi buku ini pun menarik sehingga anak akan senang jika diajak membaca.

Dapatkan buku Aisyah Sofia : Ayo, Kita Puasa di Bulan Ramadhan di e-commerce berikut ini:
- Shopee 
- Gramedia 

6. Puasa Untuk Allah

Buku selanjutnya berjudul “Puasa Untuk Allah”. Buku ini menarik karena menekankan alasan mengapa kita perlu berpuasa dan untuk siapa kita berpuasa. Orangtua akan dibantu untuk mengenalkan anak kepada esensi puasa untuk menggapai takwa serta menumbuhkan kecintaan pada Allah. Selain itu, buku ini juga membantu mengenalkan konsep sabar, syukur, dan ikhlas melalui ibadah puasa.

Tak hanya itu, secara fisik buku ini juga menarik karena di setiap halamannya disertai elemen interaktif sehingga anak bebas mencoret atau menulis di sana. Tenang saja, coretannya bisa dihapus kembali menggunakan tisu kok, karena buku ini telah dilaminasi wipe clean.

7. Serunya Puasa Pertamaku

Buku cerita atau dongeng anak Islami tentang puasa berikutnya adalah yang berjudul “Serunya Puasa Pertamaku”. Buku ini berisi cerita-cerita menarik yang berkaitan dengan puasa. Ada banyak informasi penting seputar puasa seperti tentang hilal, puasa sunnah, syarat wajib puasa, sampai dalil-dalilnya. Uniknya, semua pengetahuan itu dibalut dalam cerita menarik tentang tokoh Khansa yang dibagi ke dalam beberapa bab. Buku ini memang terbilang tebal, 136 halaman, namun karena di dalamnya juga banyak aktivitas seru dan interaktif seperti hide and seek, mencari jejak, dan lain-lain, anak jadi tidak mudah bosan saat diajak membacanya. Selain menambah wawasan soal puasa, buku ini juga bisa jadi penyemangat si kecil untuk menjalani puasanya!

Dapatkan buku Serunya Puasa Pertamku di e-commerce berikut ini:
- Gramedia 

Video Animasi Cerita Anak Muslim Tentang Puasa

Selain lewat buku, banyak juga cerita anak atau dongeng anak Islami tentang puasa yang disajikan lewat video animasi lucu. Berikut beberapa rekomendasi video animasi anak tentang puasa yang ada di YouTube:

1. Cerita Ramadhan Ubay (Yufid Kids)

Video animasi berdurasi 6 menitan ini menceritakan kisah Ubay menjalankan ibadah puasa. Ubay bercerita bagaimana ia menjalani puasanya, mulai dari makan sahur, berbuka, tarawih, hingga bagaimana cara mendapatkan malam Lailatul Qadar. Dalam video ini juga dijelaskan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat puasa. Yuk, ajak si kecil nonton video ini, di sini.

2. Riska dan si Gembul - Puasa Demi Pahala (Kobi Nuswantoro)

Kalau video satu ini bercerita tentang anak bernama Riska yang berjuang menahan lapar dan haus seharian. Bahkan ia hampir saja membatalkan puasanya karena tidak kuat. Namun, bonekanya yang bernama si Gembul, selalu menyemangati Riska agar tetap melanjutkan puasanya. Apa yang membuat Riska akhirnya mau tetap puasa adalah karena Allah menjanjikan pahala yang berlipat pada orang yang mau berpuasa. Kalau mau ajak si kecil nonton langsung, ada di sini ya, Bu.

3. Nussa: Latihan Puasa (Nussa Official)

Tokoh animasi Nussa dan Rarra mungkin sudah tidak asing lagi di mata anak-anak. Dalam saluran resmi Nussa Official, ada 1 episode yang menceritakan Nussa dan Rarra saat menyambut bulan puasa. Suasana yang ditampilkan sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Ditambah dialog Nussa dan adiknya Rara yang sangat menggelitik. Yuk, tonton videonya di sini, Bu.

4. Adab Puasa - Syamil Dodo Seri Puasa Yuuk! (Syamil Dodo)

Video animasi ini juga termasuk dongeng anak Islami tentang puasa. Di sini diceritakan dua orang anak bernama Syamil dan Dodo yang menjalankan ibadah puasanya masing-masing. Bedanya, Dodo tidak kuat puasa dan sengaja minum air saat wudhu. Dalam video ini juga diceritakan tata cara berpuasa seperti yang dilakukan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, seperti berniat, makan sahur, menjaga diri untuk tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, dan menyegerakan berbuka jika waktunya sudah tiba. Ajak si kecil nonton di sini, ya.

Itulah beberapa rekomendasi cerita anak atau dongeng anak Islami tentang puasa. Yuk, ajak si kecil membaca buku atau nonton video animasinya!

Penulis: Darin Rania
Editor: Dwi Ratih