Rekomendasi

Jenis Produk Pembersih Agar Rumah Lebih Kinclong

Jenis Produk Pembersih Agar Rumah Lebih Kinclong

Ibu harus memiliki berbagai jenis produk pembersih rumah agar rumah selalu bersih dan terawat. Ada banyak jenis produk pembersih rumah mulai dari modern hingga tradisional yang dapat Ibu pilih. 

Semua perlengkapan ini akan membantu Ibu untuk membersihkan seluruh sudut rumah sesuai dengan kategori ataupun jenis materialnya. 

Apa pun jenis produk pembersih yang Ibu gunakan, gunakan dengan maksimal agar kebersihan dapat bertahan lama dan dapat digunakan jangka panjang.

Dengan mengetahui berbagai jenis produk pembersih rumah, kini Ibu tidak usah bingung lagi saat membersihkan sudut-sudut rumah. Salah menggunakan jenis produk pembersih juga dapat berakibat buruk bagi material yang tidak sesuai.

Apa saja jenis produk pembersih rumah yang harus Ibu sediakan di rumah?

Jenis produk pembersih keramik

jenis-produk-pembersih-agar-rumah-lebih-kinclong-1

Keramik lantai harus rutin dibersihkan minimal sehari sekali. Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan lantai rumah dari minyak dan noda membandel.

Dalam memilih jenis produk pembersih keramik, sesuaikan produk dengan kegunaannya, apakah untuk membersihkan keramik lantai, keramik dapur, ataupun keramik kamar mandi.

1. Jenis produk pembersih keramik lantai

Lantai keramik utama adalah bagian yang harus dibersihkan minimal sekali setiap hari. Ini untuk menjaga kebersihan rumah karena keramik utama lantai rumah mencakup sebagian besar rumah. Ibu tentunya tidak senang bukan melihat lantai keramik utama yang lengket dan penuh bercak?

Salah satu rekomendasi produk pembersih keramik lantai utama adalah So Klin lantai yang tersedia dalam berbagai jenis keharuman. Ibu dapat membelinya mulai dari RP 13.000 untuk satu pouch 800 ml.

2. Jenis produk pembersih keramik kamar mandi

jenis-produk-pembersih-agar-rumah-lebih-kinclong-2

Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang relatif kotor di rumah. Suhu kamar mandi lembab dan hangat sehingga menyebabkan munculnya jamur, virus, dan bakteri. 

Beberapanya adalah E. coli, salmonella, influenza, hepatitis, dan streptococcus. Oleh karena itu, kamar mandi harus dibersihkan secara rutin minimal dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Air dan sabun yang mengenai lantai kamar mandi jika tidak dibersihkan akan membuat keramik kamar mandi menjadi kusam, kasar, bahkan licin. Lantai licin dapat berbahaya karena dapat membuat terpeleset. 

Kamar mandi yang keramiknya terlihat kusam akan sangat mengganggu dan terlihat kotor. Salah satu merk pembersih keramik lantai kamar mandi adalah EZ clean Porcelain and Ceramic Cleaner yang dapat dibeli dengan harga Rp 55.000/

Kloset juga harus rutin dibersihkan karena termasuk bagian yang rawan kotor dan berbau. Bila tidak dibersihkan, noda kekuningan akan terlihat dan baunya juga tidak sedap. Ibu membutuhkan cairan pembersih keramik khusus kloset.

Salah satu pembersih kloset yang populer adalah Bebek Kloset. Pembersih keramik ini cukup unik karena berbentuk leher bebek sehingga lebih mudah menjangkau bagian lipatan kloset. 

Kloset pun akan lebih bersih. Bebek kloset mengandung Germinex  yang ampuh membunuh kuman. Harga bebek Kloset cukup terjangkau, yaitu Rp 16.000 satu botol.

Bagian lain yang tidak boleh luput dibersihkan adalah wastafel dan bathtub. Bahan wastafel dan bathtub adalah porselen dan membutuhkan jenis produk pembersih khusus porselen agar wastafel dan bathtub tetap bersih dan kinclong. 

Salah satu produk pembersih wastafel dan bathtub adalah Porstex Regular yang dapat dibeli dengan harga Rp 11.500.

3. Jenis produk pembersih keramik dapur

Cipratan minyak dan makanan saat memasak dapat meninggalkan noda pada keramik dapur. Jika didiamkan, dapur akan terlihat tampak kotor. Noda pada dapur yang terlalu lama tidak dibersihkan akan membuat kotoran tersebut sulit dibersihkan. 

Oleh karena itu, Ibu harus menggunakan produk pembersihkan khusus dapur yang digunakan setiap selesai masak agar noda lebih mudah dibersihkan. Salah satunya adalah Mr. Muscle Pembersih dapur serbaguna. 

Kandungan orange oil di dalamnya efektif untuk melarutkan minyak sehingga dapur jadi bersih dan higienis. Zat antibakteri di dalamnya juga efektif dalam membunuh bakteri dan menghilangkan bau tidak sedap di dapur. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 16.000 satu pouch.

Jenis produk pembersih kaca

jenis-produk-pembersih-agar-rumah-lebih-kinclong-3

Kaca harus dibersihkan rutin minimal dua minggu sekali. Jadwal pembersihan kaca kerap terlewat, namun Ibu tidak boleh melewatkan pembersihan kaca karena kaca dan jendela rumah yang jernih akan memberikan refleksi pandangan yang luas sekaligus cahaya dapat masuk secara maksimal ke rumah. 

Ibu tentunya tidak menginginkan jendela kaca yang terlihat buram ada di rumah bukan? 

Selain itu, rutin membersihkan kaca akan meminimalisir kehadiran debu yang dapat menyebar ke area lain dalam rumah.

Memilih alat pembersih kaca harus tepat. Ibu dapat menggunakan squegee dan spons kain ataupun microfiber. Tidak hanya memilih alat pembersih kaca, memilih jenis produk pembersih kaca juga harus tepat. Pemilihan keduanya yang tepat akan mempermudah proses pembersihan kaca jendela rumah.

Banyak merek produk pembersih kaca yang hadir di pasaran memiliki kualitas bagus dengan berbagai rentang harga. 

Salah satunya adalah Cling pembersih kaca yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena harganya yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 8.000 untuk pouch ukuran 475 ml. 

Produk pembersih kaca ini berfungsi untuk membersihkan kotoran dan noda pada kaca serta tidak membuat kulit iritasi.

Salah satu tips saat membersihkan kaca adalah menghindari membersihkan kaca saat cuaca sedang terik. Meskipun cahaya matahari dapat membantu melihat kotoran pada kaca dengan jelas, namun sinarnya dapat membuat jendela kaca mengering terlalu cepat. 

Goresan pada kaca pun akan lebih cepat muncul. Oleh karena itu, akan lebih baik jika membersihkan kaca pada cuaca berawan.

Jenis produk pembersih multifungsi

Pink Stuff adalah salah satu jenis produk pembersih multifungsi yang kini populer di Indonesia. Produk yang berasal dari Inggris ini mengklaim dapat membersihkan noda bahkan noda yang membandel sekalipun.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, dengan mengoleskan pink stuff menggunakan kain lembut dan menggosok permukaan yang penuh noda tersebut. Setelah itu, bilas dengan air dingin sampai bersih. Agar proses lebih sempurna, Ibu dapat mengelap permukaan dengan kain bersih yang kering.

Harga pink stuff mulai dari Rp 125.000 untuk 1 kaleng pasta ukuran 500 ml.

Editor: Dwi Ratih