Rekomendasi

Masak Jadi Mudah, Ini Referensi Merk Kompor Listrik Terbaik

Masak Jadi Mudah, Ini Referensi Merk Kompor Listrik Terbaik

Kompor merupakan alat rumah tangga yang sangat penting dimiliki oleh setiap keluarga. Keberadaannya sangat krusial dalam membantu Ibu memasak makanan yang lezat bergizi setiap hari.

Seiring dengan perkembangan zaman, belakangan ini keberadaan kompor gas mulai ditinggalkan. Para Ibu mulai beralih ke kompor listrik yang dianggap lebih praktis dan cepat panas. Apalagi, beberapa kompor listrik portable juga tersedia di pasaran. Praktis dan mudah dibawa kemana-mana termasuk saat traveling.

Di Indonesia sendiri ada beberapa merk kompor listrik terbaik yang cukup terkenal. Misalnya saja kompor listrik merk maspion dan lain sebagainya. Dengan spesifikasi terbaik, beberapa kompor listrik watt kecil pun juga sudah sangat banyak pilihannya.

Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan kompor listrik? Apa saja merk kompor listrik terbaik yang bisa direkomendasikan untuk para Ibu di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini yuk.

Jadi apa itu kompor listrik?


Dilansir dari Good House Keeping kompor induksi atau kompor listrik merupakan kompor yang memungkinkan seseorang memasak tanpa menggunakan api yang menyala. Sumber panas pengganti api tersebut digantikan oleh energi listrik yang dapat mengalirkan panas.

Akan tetapi energi listrik ini hanya akan terkoneksi atau terinduksi pada peralatan masak yang digunakan. Jadi, yang menjadi panas adalah peralatan masaknya, melainkan bukan kompor induksi.

Dengan cara tersebut apakah makanan bisa matang sempurna? Yup, tentu saja ya Bu. Sebab kompor induksi bekerja dengan memanfaatkan reaksi elektromagnetik antara kompor dengan alat masak atau wadahnya. Reaksi elektromangnetik tersebut kemudian menghasilkan panas pada alat masak, sehingga mematangkan makanan.

Keunggulan kompor listrik

  1. Membuat masakan lebih cepat panas dan matang merata;
  2. Mudah di bersihkan;
  3. Mengurangi konsumsi energi gas yang mulai menipis di bumi;
  4. Lebih aman dan praktis serta dibawa kemana-mana;
  5. Tidak merusak peralatan wadah makanan (panci & penggorengan); dan
  6. Memiliki desain yang menarik dan lebih elegan.

Kelemahan kompor listrik

  1. Wadah memasak harus khusus dan harus bisa terkoneksi oleh kompor induksi dalam menghantarkan panas;
  2. Karena lebih mudah panas, terkadang masakan jadi over cooked atau terlalu matang;
  3. Mudah tergores akibat gesekan dari panci atau penggorengan; dan
  4. Harganya cenderung lebih mahal.

5 rekomendasi merk kompor listrik terbaik

Nah, buat Ibu yang sedang mencari kompor listrik portable yang praktis dibawa untuk traveling, maupun kompor untuk di rumah berikut adalah beberapa rekomendasinya. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat memasak ya, Bu, terutama jika si kecil sedang berada di dekat Ibu.

1. Kompor listrik Maspion Electric Stove S-300


Photo source: Blibli.com

Maspion Electric Stove S-300 merupakan produk lokal berkualitas yang memiliki desain satu tungku. Bentuknya yang kecil, terbuat dari besi terlihat manis dengan desain yang modern dan elegan.

Jika Ibu sedang mencari kompor listrik watt kecil, maka kompor listrik Maspion bisa menjadi solusi. Sebab, kompor portable ini memiliki daya terendah 300 Watt dan daya maksimum 600 Watt.

Tidak seperti kompor listrik kebanyakan, kompor ini memiliki pemanas menggunakan kawat berkualitas tinggi yang cepat panas dan tahan lama. Untuk pengaturan panas, disediakan kenop yang praktis, mirip dengan kenop pengatur panas pada kompor gas. Ibu bisa mendapatkan produk ini di e-commerce kesayangan dengan harga kisaran Rp 159.900.

Dapatkan Kompor Maspion Electric Stove S-300 di e-commerce berikut ini:

2. Modena - PI-1315


Photo source: Electronic City

Sudah tidak diragukan lagi, merk kompor yang satu ini memang terkenal selalu memiliki desain yang modern dan elegan. Termasuk kompor listrik portable Modena - PI-1315 ini. Yup, kompor listrik Modena memang di klaim yang terbaik di kelasnya sebab memiliki desain manis dengan permukaan kaca keramik.

Kompor satu tungku ini juga memiliki berbagai fitur canggih, seperti kontrol dengan panel layar sentuh (dengan 8 program otomatis), level daya hingga 8 tingkat, timer, sakelar off otomatis, serta fitur lainnya. Tertarik untuk memiliki? Ibu harus menyiapkan sedikit budget lebih, sebab produk ini tergolong cukup mahal yakni mulai harga Rp 1.116.000.

Dapatkan Kompor Modena - PI-1315  di e-commerce berikut ini:

3. Philips HD-4932


photo source: Telemart

Sama seperti Modena, kompor listrik yang satu ini juga menawarkan desain minimalis dan elegan khas Eropa. Permukaan kompor induksi ini dibuat dari kaca yang elegan. Untuk kemudahan kontrol, terdapat panel digital yang praktis. Ada pula timer masak 1-120 menit dan fitur mematikan kompor secara otomatis. Untuk watt yang digunakan untuk mengoperasikan kompor listrik portable ini sekitar 400-2100 watt dengan 6 level pengaturan daya. Kalau Ibu tertarik membeli kompor ini, jangan lupa juga untuk siapkan budget lebih ya. Philips HD-4932 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1.075.000.

Dapatkan Kompor Philips HD-4932 di e-commerce berikut ini:

4. Rinnai RB-3002H-CB


Photo source: Rinnai.co.id

Kali ini Rinnai juga punya kompor induksi andalan untuk di rumah dengan desain yang simpel yang modern. Berlapis kaca tahan panas schott ceran yang elegan. Rinnai menawarkan dua tungku dengan dua kekuatan panas 1,2-1,8 kW/jam.

Untuk kontrolnya, ada 9 pilihan yang bisa digunakan secara mudah melalui layar sentuh. Diantara kompor induksi lain, Rinnai memiliki fitur khusus yakni safety child lock untuk keamanan ketika masak bersama si kecil. Ibu bisa mendapatkan kompor ini di e-commerce dengan harga mulai dari Rp 4.554.300.

5. Oxone OX-655D Double Ceramic Stove


Photo source: Oxone Indonesia

Berbicara soal kompor listrik tak lengkap rasanya jika tidak membahas soal merk yang satu ini. Produsen peralatan rumah tangga berkualitas ini juga tak mau kalah, lho Bu. Kali ini Oxone menawarkan kompor listrik 2 tungku yang hemat listrik berkapasitas 800 Watt, sementara tungku kecil 600 Watt.

Kompor berdesain dinamis ini dilengkapi fitur pelindung panas berlebih. Ibu bisa membeli produk ini dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 875.000 saja.

Dapatkan Kompor Oxone  OX-655D Double Ceramic Stove di e-commerce berikut ini:

Penulis: Aprilia Ramdhani
Editor: Dwi Ratih