Rekomendasi

Rekomendasi 17 Tempat Sunat Anak Di Jakarta, Dengan Beragam Metode

Rekomendasi 17 Tempat Sunat Anak Di Jakarta, Dengan Beragam Metode

Liburan sekolah di pertengahan tahun, biasanya berlangsung cukup panjang. Sebab, bertepatan dengan kenaikan kelas dan kelulusan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi.

Nah, momen ini biasanya kerap dimanfaatkan oleh orang tua untuk melakukan proses sunat pada anak laki-lakinya. Mengingat waktu penyembuhan sunat berlangsung hingga seminggu lamanya.

Jadi, agar tidak mengganggu jalannya proses belajar, orang tua lebih suka melakukan sunat pada anak pada liburan sekolah. Kalau Ibu juga berencana melakukannya dalam waktu dekat, kira-kira sudah punya rekomendasi tempat sunat anak yang tepat atau belum, nih?

Mengingat manfaat sunat pada anak laki-laki sangat penting, maka proses sunat ini nggak bisa dilakukan disembarang tempat. Yuk, intip rekomendasi tempat sunat anak di Jakarta berikut ini.

Kenali dulu manfaat sunat untuk anak


Dikutip dari Healthline manfaat sunat pada anak laki-laki ternyata nggak main-main, lho! Sunat sendiri adalah prosedur kuno sejak ribuan tahun yang lalu. Di luar dari alasan agama, praktik ini juga didukung oleh sebuah penelitian ekstensif yang mendukung manfaat sunat.

Munurut American Academy of Pediatrics bahkan sunat sangat direkomendasikan bagi bayi laki-laki sejak baru lahir. Guna meminimalisir bayi terkena risiko infeksi saluran kemih atau ISK.

Beberapa manfaat sunat lainnya adalah sebagai berikut:

  • Mencegah penularan HIV, serta beberapa penyakit lain yang ditularkan melalui kontak seksual
  • Menurunkan risiko gangguan pada kulit yang dapat memengaruhi penis, seperti phimosis
  • Menurunkan risiko terkena kanker penis
  • Menurunkan risiko kanker serviks saat berhubungan seksual
  • Memudahkan proses pembersihan kelamin ketika kulup diangkat.

Meski begitu, sunat tidak akan memberikan efek apapun terhadap sensasi atau kenikmatan seksual. Namun, berdasarkan penelitian tahun 2008 berjudul, Adult Male Circumcision: Effects on Sexual Function and Sexual Satisfaction in Kisumu, Kenya menunjukkan bahwa, efek sunat mungkin akan meningkatkan sensitivitas seksual pada pria.

Kenalan dengan metode sunatnya dulu, yuk!


Sebelum memilih tempat sunat anak, ada baiknya kenalan dulu yuk dengan metode sunat yang hendak dipilih nantinya. Metode sunat anak ini bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, pastinya dengan konsultasi ke dokter terlebih dahulu ya, Bu.

  • Konvensional: metode sunat ini dilakukan dengan cara memotong langsung kulup dengan alat potong, seperti gunting atau pisau bedah. Disebut sebagai metode konvensional, karena metode sunat inilah yang paling banyak digunakan sejak lama dan masih banyak digunakan saat ini.
  • Stapler: metode sunat stapler biasanya dilakukan pada pria remaja dan dewasa. Stapler menggabungkan metode potong serta jahit dengan alat strapler berbentuk lonceng. Meski agak ngeri dibayangkan, namun metode ini punya kelebihan jahitan yang lebih kuat dan minim perdarahan, lho!
  • Klem/ring: Klem atau ring, merupakan metode sunat yang dilakukan dengan cara memasang alat klem di batang penis sesuai dengan ukuran. Nantinya, kulup dipotong dengan pisau bedah. Klem akan terpasang pada penis hingga luka mengering. Metode ini tidak menggunakan jahitan dan minim perdarahan
  • Bipolar: metode sunat bipolar termasuk dalam metode Electro Surgical Unit. Prosesnya sendiri akan memotong jaringan kulit dengan pen yang berukuran kecil, yang bisa menghentikan perdarahan.
  • Laser: metode sunat laser menggunakan pemanas elektrik yang ditembakkan ke ujung penis untuk memotong kulup. Diantara semua metode di atas, metode laserlah yang kini paling banyak dipilih oleh para orang tua, karena tindakannya berlangsung singkat dan proses penyembuhannya juga lebih cepat.

Rekomendasi tempat sunat anak di Jakarta


Tempat sunat di Jakarta Selatan

1. Rumah Sunat Dr. Mahdian

Biaya mulai dari Rp 2.200.000

  • Menggunakan metode klamp dan stapler
  • Tindakan menggunakan teknologi modern needle free injection atau bius tanpa suntik
  • Proses penyembuhan lebih cepat
  • Tindakan operasi dilakukan oleh dokter dan tenaga medis berpengalaman
  • Fasilitas sunat sambil bermain VR (Virtual Reality).

2. Klinik RHC (Royal Health Care) Mampang

Biaya mulai dari Rp 1.000.000

Metode sunat yang tersedia di Klinik RHC, biasanya akan menyesuaikan dengan kondisi anak. Beberapa metode yang tersedia diantaranya adalah klamp dan cauter.

3. Rumah Sakit Siloam MRCCC 

Biaya mulai dari Rp 3.000.000

Tempat sunat anak di rumah sakit ini, biayanya juga tergantung dari jenis pembiusan yang dipilih. Semua metode sunat anak juga tersedia di rumah sakit ini, dengan harga yang variatif.

4. Rumah Sakit Brawijaya Saharjo

Biaya mulai dari Rp 4.000.000

Rumah sakit yang menyediakan tempat sunat anak ini, juga menawarkan paket sunat anak dengan menggunakan dua cara yakni bius total dan lokal.

5. Rumah Sakit Pondok Indah

Biaya mulai dari Rp 6.000.000

Rumah sakit ini juga menyediakan paket sunat anak dengan metode bius lokal dan total. Terdapat pula paket one day care yang bisa dipilih.

Tempat sunat di Jakarta Timur


6. Safubot

Biaya mulai dari Rp 2.890.000

Tempat sunat Safubot berada di Rawamangun, Jakarta Timur. Tempat sunat anak ini menyediakan layanan sunat dengan berbagai metode yaitu bipolar, pen sealer, dan klamp. Biaya yang ditawarkan, sudah termasuk dengan obat-obatan dan perlengkapan pasca sunat dan free biaya kontrol hingga sembuh.

7. Klinik Pratama Merial Health

Biaya mulai dari Rp 742.500 s/d 1.550.000

Tempat sunat anak ini, menyediakan layanan sunat modern untuk anak. Dengan klaim tanpa jahitan, hasil rapih, dan pemulihan cepat. Metode yang digunakan yaitu klem stealer yang minim resiko dan rasa sakit. 

8. Rumah Sakit Premier Jatinegara

Biaya mulai dari Rp 3.150.000

Rumah sakit, yang menyediakan tempat sunat anak ini memberikan program paket sunat modern, yang dilakukan dengan dua metode, yaitu stapler circumcision dan sunat laser. 

Tempat sunat di Jakarta Pusat


9. RSIA Tambak

Biaya mulai dari Rp 1.350.000

Tempat sunat anak, sekaligus rumah sakit Ibu dan Anak ini, menyediakan layanan sunat untuk anak dengan metode klamp. Dengan proses yang cepat, tidak memerlukan jahitan, perban, minim nyeri & perdarahan serta anak bisa langsung beraktivitas setelah dilakukan tindakan. 

10. RS YPK Mandiri

Biaya mulai dari Rp 2.210.000

Tindakan sunat anak di RS YPK Mandiri, biasanya dilakukan khusus oleh dokter spesialis urologi dan bedah umum. Tempat sunat ini menyediakan layanan sunat untuk usia 0-18 tahun.

11. Klinik Sunatan

Biaya mulai dari Rp 2.000.000

Tempat sunat ini berada di dalam mall Atrium Senen. Klinik ini juga melayani beragam kebutuhan mulai dari sunat bayi, sunat anak, sunat gemuk, sunat dewasa, sunat phimosis, dan sunat reparasi.

Tempat sunat di Jakarta Barat


12. Jesslyn Medical Center

Biaya mulai dari Rp 1.350.000

Tempat sunat anak ini, juga menyediakan prosedur sunat modern yang dilakukan tanpa menggunakan jahitan, minim rasa nyeri, dan penyembuhan yang berlangsung cepat.

13. Rumah Sakit Ukrida

Biaya mulai dari Rp 1.250.000

Prosedur khitan di tempat sunat anak ini, dilakukan khusus oleh dokter spesialis bedah dengan prosedur yang cepat dan nyaman. 

14. Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres

Biaya mulai dari Rp 3.700.000

Mitra Keluarga Kalideres menyediakan paket sunat anak menggunakan bius lokal maupun umum. Tindakan sunat sendiri akan dilakukan oleh dokter spesialis bedah anak. 

15. Captain Sunat Meruya

Biaya mulai dari Rp 990.000

Captain Sunat, merupakan salah satu tempat sunat yang memberikan layanan sunat terkini dengan berbagai metode seperti klamp, stapler, laser dan metode flazz lem.

Tempat sunat di Jakarta Utara

16. RS Islam Jakarta Sukapura

Biaya mulai dari Rp 660.000

17. RS Royal Progress

Biaya mulai dari Rp 3.460.009