Rekomendasi

Wajib Dicoba! Rekomendasi Kurma Enak Untuk Buka Puasa

Wajib Dicoba! Rekomendasi Kurma Enak Untuk Buka Puasa

Buah kurma, seolah menjadi makanan yang wajib ada di meja tiap kali bulan Ramadhan tiba. Orang beramai-ramai membeli kurma, yang cocok disantap saat berbuka puasa.

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam rekomendasi kurma enak dengan kualitas terbaik. Rasa yang dihasilkan dari rekomendasi kurma enak tersebut juga sangat beragam.

Mulai dari manis hingga gurih, dan dijual dengan harga murah hingga yang paling mahal. Ibumin sendiri paling suka jenis kurma Ajwa dan Medjool, rasanya manis dan legit banget, deh! 

Mengonsumsi kurma saat puasa sendiri ternyata punya banyak manfaat buat tubuh kita, lho! Karenanya, yuk simak beragam rekomendasi kurma enak untuk buka puasa dalam ulasan berikut ini.

Manfaat mengonsumsi kurma bagi tubuh kita

Dikutip dari Healthline kurma mengandung serat dan antioksidan tinggi yang dapat mendukung kesehatan otak dan mencegah berbagai macam penyakit. Kurma sendiri merupakan buah endemik yang banyak tumbuh di suhu tropis.

Hampir semua kurma yang dijual di negara Barat dikeringkan. Untuk dapat mengetahui apakah kurma dikeringkan atau tidak, bisa dilihat berdasarkan penampilannya.

Kulit keriput menandakan sudah kering, sedangkan kulit mulus menandakan kurma masih sangat segar. Kurma segar berukuran cukup kecil dan warnanya bervariasi dari merah cerah hingga kuning cerah.

Meski begitu, secara keseluruhan kurma memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang kenyal. Beberapa manfaat mengonsumsi kurma diantaranya adalah:

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Mencegah peradangan
  • Meningkatkan kesuburan
  • Menstabilkan gula darah, terutama setelah puasa
  • Mencegah timbulnya penyakit kronis
  • Pengganti elektrolit tubuh yang hilang selama puasa
  • Membantu melengkapi kebutuhan gizi harian, terutama selama puasa
  • Menangkal radikal bebas
  • Mencegah diabetes
  • Memelihara kesehatan jantung
  • Mencegah anemia

Rekomendasi kurma untuk buka puasa

1. Kurma Palm Frutt


Kurma Palm Frutt menjadi salah satu rekomendasi kurma kering yang paling banyak ditemukan di pasaran. Kurma yang satu ini berasal dari negara Tunisia yang memiliki rasa manis dan legit.

Kemasan kotaknya sangat kokoh dengan susunan kurma yang dijajar rapi bersama tangkainya. Bikin tampilan rekomendasi kurma enak ini jadi terlihat lebih menarik.

Selain itu, kotak yang kokoh juga membuat kurma ini jadi lebih tahan lama disimpan di suhu ruang maupun di kulkas. Buah kurma ini punya bentuk yang lonjong dengan tekstur yang lembut.

Kurma Palm Frutt juga jadi salah satu rekomendasi kurma untuk Ibu hamil yang cocok dinikmati saat berbuka puasa. Harganya yang ekonomis menjadikan kurma yang satu ini laris di pasaran.

2. Bard Valley Natural Delight Whole Fresh Medjool Dates


Sedang mencari kurma yang ditanam secara alami tanpa pestisida? Yup! Bard Valley Natural Delight Whole Fresh Medjool Dates, jadi salah satu rekomendasi kurma enak yang bisa jadi pilihan. Kurma jenis Medjool ini juga salah satu jenis kurma kesukaan Ibumin, lho!

Karena, kurma Medjool memiliki rasa manis dan ukuran buahnya besar. Merk Bard Valley Natural Delight Whole Fresh Medjool Dates, konon juga ditanam secara alami tanpa pemanis buatan dan pestisida.

Sehingga dijamin sangat aman bagi tubuh. Meski tanpa tambahan pemanis, kurma Medjool Natural Delights ini sudah memiliki rasa manis seperti karamel yang sangat khas.

Tekstur lembut dan legitnya ini bikin kamu nggak merasa eneg saat mengonsumsinya. Cocok juga digunakan sebagai pemanis alami buat kamu yang sedang diet, nih!

3. Date Crown Kurma Medjool Jumbo


Satu lagi rekomendasi kurma enak dari Ibumin adalah Date Crown Kurma Medjool Jumbo. Sesuai namanya, kurma Medjool jumbo ini memiliki tekstur yang begitu lembut dan buah yang besar.

Saking lembutnya, kurma ini akan terasa meleleh ketika dimakan. Karena itulah, kurma Medjool ini cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Selain itu, kurma ini juga memiliki kualitas premium yang diimpor langsung dari Uni Emirat Arab. Nggak heran kalau kurma ini seringkali dijadikan sebagai hadiah eksklusif untuk merayakan Ramadhan.

4. Kurma Sukari Al Madinah


Kurma Sukari Al Madinah termasuk dalam rekomendasi kurma untuk Ibu hamil yang paling banyak direkomendasikan. Kurma sukari merupakan jenis kurma yang bentuknya kecil, dengan warna coklat muda dengan ciri khas rasa yang manis seperti karamel.

Kurma Sukari dikenal sebagai kurma raja Arab, yang memiliki daging dengan tekstur yang lembut dan empuk. Kurma Sukari Al Madinah menjadi salah satu rekomendasi kurma enak yang dipanen secara alami, tanpa menggunakan bahan pemanis tambahan.

Kemasannya berbentuk kotak yang berisi 24 buah dengan ukuran kurma. Nah, Ibumin sarankan kalau mau mencoba kurma ini, sebaiknya disimpan di dalam kulkas ya, Bu.

Sebab, menurut Ibumin Kurma Sukari Al Madinah ini lebih enak dikonsumsi dingin. Kurma ini mudah meleleh dan jadi sangat lengket jika disimpan di suhu ruang. Dimakan saat dingin, jadi lebih meleleh di mulut dan segar dikonsumsi.

Kurma Sukari Al Madinah, menjadi rekomendasi kurma basah yang juga bagus untuk menambah stamina pada pria dan meningkatkan energi. Selain itu, kurma ini juga dapat menjaga sistem imunitas tubuh dan kaya akan zat antioksidan.

5. Timur Tengah Kurma Sukkari


Rekomendasi kurma enak selanjutnya adalah merk Timur Tengah Kurma Sukkari. Yup! Kita tahu bahwa kurma sukari punya banyak manfaat untuk tubuh.

Nah, menurut Ibumin, kurma merk ini sangat cocok untuk dibuat jadi jus susu kurma atau campuran bahan makanan lain, seperti bubur oat ataupun dijadikan selai pada roti. Timur Tengah Kurma Sukkari ini, memiliki rasa yang manis alami dan nggak bikin eneg.

Sama seperti jenis kurma sukari lainnya, kurma merk ini juga sebaiknya disimpan di dalam kulkas dan disajikan dingin ya, Bu. Sebab, seperti kebanyakan kurma sukari lainnya, merk kurma ini juga cenderung lebih mudah meleleh saat disimpan di suhu ruang.

6. Barari Kurma Ajwa


Rekomendasi kurma untuk buka puasa selanjutnya adalah merk Barari Kurma Ajwa. Berbeda dengan kurma sukari, kurma ajwa cenderung memiliki kulit luar yang lebih keras dan kering.

Namun, ketika digigit memiliki rasa yang legit dan manis. Kurma jenis ini lebih disarankan disimpan di suhu ruang, sebab kalau disimpan di dalam kulkas, teksturnya justru lebih keras.

Rekomendasi kurma enak jenis ajwa ini, punya tampilan buah yang lebih hitam dan berukuran lebih kecil dari kurma lainnya. Namun, bicara soal kandungan gizinya, jelas nggak kalah dengan jenis kurma lainnya kok, Bu.

Kurma ajwa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, antiinflamasi, antikanker, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kurma ajwa juga mengandung vitamin esensial, magnesium, kalium, dan serat yang tinggi.

7. Safiya Kurma Ajwa


Safiya adalah salah satu merek kurma ajwa terbaik yang Ibumin rekomendasikan buat Parents. Kurma ini mengandung berbagai nutrisi dan ragam vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh selama berpuasa.

Kurma ajwa sendiri lebih dikenal sebagai rekomendasi kurma enak yang paling disarankan buat penderita GERD atau asam lambung. Hal ini karena, kandungan zat gizi yang tinggi pada kurma ajwa dapat membantu memperbaiki peradangan pada tukak lambung.

8. Bam Tamara


Bam Tamara adalah merk kurma asal Iran yang mempunyai tekstur lembut. Kurma ini juga mempunyai ukuran besar dengan tekstur kenyal. Rekomendasi kurma enak yang satu ini, juga memiliki rasa manis alami tanpa tambahan pemanis buatan.

Bam Tamara dikemas dalam kemasan mulai dari kardus kecil yang berisi 16 buah kurma, yang dijajar rapi. Kemasan dengan kotak berwarna kuning khas ini juga cocok dijadikan buah tangan saat berkunjung ke rumah sanak saudara, saat Ramadhan nanti.

Bam Tamara memiliki warna buah yang cenderung lebih hitam, yang jadi warna khas kurma Iran. Kurma Bam Tamara punya rasa yang lebih manis seperti madu, tidak lengket dan tidak mengandung bahan pengawet.