Balita

10 Model Kuncir Rambut Anak Perempuan Buat Inspirasi Ibu

10 Model Kuncir Rambut Anak Perempuan Buat Inspirasi Ibu

Memiliki anak perempuan merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Ibu. Salah satunya adalah Ibu bisa berkreasi dengan rambutnya yang panjang terurai.

Mulai dari memakaikan jepit, mengepang rambut hingga menguncir rambut dengan berbagai model kreativitas. Berbagai jenis hiasan kepala si kecil memang sangat menggemaskan ya Bu.

Tak jarang Ibu juga jadi lebih konsumtif membeli berbagai aksesoris rambut yang di tawarkan di berbagai platform di sosial media. Mulai dari yang murah hingga yang mahal pun rela dibeli agar si kecil tampil dengan model rambut yang menarik.

Apalagi ketika si kecil sudah mulai bisa request, tentu ini menjadi tantangan sendiri buat Ibu. Terutama jika Ibu nggak punya ide untuk mengkreasikan model kuncir rambut anak perempuan kesayangannya.

Aneka model kuncir rambut anak perempuan

Nah, sebaiknya jangan tunggu sampai si kecil ‘ngambek’ ya Bu. Yuk simak 10 model kuncir rambut anak perempuan yang bisa kamu tiru berikut ini.

Model kuncir rambut pendek

1. Pigtails hair bun


Photo source: Youtube

Melansir The Right Hairstyles model kuncir rambut anak perempuan yang satu ini merupakan model kunciran paling populer dengan hasil yang sangat menggemaskan. Nah, untuk menguncir rambut anak dengan model ini, Ibu perlu menyiapkan jepitan rambut dan dua ikat karet rambut.

Caranya, bagi rambut anak menjadi dua bagian yang sama. Kemudian, gunakan ikat rambut dan kencangkan setiap bagian. Setelahnya ambil kunciran bagian pertama lalu putar hingga bagian ujung dan lilitkan rambut ke pangkal kunciran. Lakukan hal yang sama pada kunciran selanjutnya dan hias dengan menggunakan pita.

2. Short side bow pin


Photo source: The Trending Hairstyle

Sekolah si kecil dimulai 5 menit lagi, wah sepertinya nggak sempat untuk kuncir rambut nih. Tenang, kamu bisa mencoba model kuncir rambut anak perempuan yang cukup sederhana dengan hanya menyelipkan jepit di salah satu sisi rambut anak.

Caranya belah sisi rambut si kecil, lalu pastikan tidak menutupi wajahnya dan mengikat di salah satu sisi. Kamu bisa gunakan jepit atau pita yang lucu sebagai hiasan. Ini merupakan salah satu keuntungan ketika anak memiliki model rambut yang pendek karena lebih mudah untuk ditata.

3. Headband and braid


Photo source: Pinterest

Rambut pendek mungkin juga jadi lebih sulit ditata, terutama bila dikepang jenis french braid. Butuh teknik khusus untuk melakukan jenis kepang tersebut yang belum tentu semua Ibu bisa melakukannya.

Tapi tiap Ibu pasti bisa melakukan kepang sederhana, bukan? Caranya, bagi rambut menjadi tiga bagian horizontal. Amankan dua bagian yang pertama dan ikat menggunakan karet gelang, lalu kepang sisa rambut. Kencangkan kepang, kenakan pita atau bandana. Di jamin nggak akan ada lagi poni yang berjatuhan dan mengganggu pandangan si kecil deh!

4. Half hair bun


Photo source: Orami

Half hair bun adalah teknik menguncir rambut pada setengah bagian depan. Membuat model kuncir rambut anak perempuan yang satu ini juga cukup mudah lho.

Ibu hanya perlu membelah rambut menjadi dua bagian, yaitu depan dan belakang. Biarkan rambut yang tergerai menyentuh telinga anak.

Lalu, sisir bagian atas rambut anak dan bentuk serupa dengan kunciran kuda. Kemudian, kuncir perlahan dengan ikat rambut. Biar makin manis, kamu juga bisa menambahkan pita atau jepit rambut. Voila, si kecil makin cantik dan kelihatan seperti tuan Putri Raja di negeri dongeng.

5. French braid

Photo source: Child Insider

Meskipun dapat membuat wajah si kecil makin terlihat cantik dan menggemaskan, namun beberapa orang tua menganggap poni merupakan hal yang dapat mengganggu aktivitas si kecil. Tak jarang si kecil justru makin merasa gerah karena kehadiran poninya. Terutama ketika cuaca sedang terik dan panas.

Lalu, bagaimana jika poni si kecil dikreasikan menjadi model kuncir rambut anak perempuan yang sedang trend saja Bu? Teknik ini dinamakan french braid, caranya adalah dengan menguncir rambut anak pada bagian poni saja agar terlihat lebih rapi. Kumpulkan rambut menjadi tiga bagian kecil.

Kemudian mulailah melakukan teknik kepangan. Lakukan sampai mencapai ujung rambut dan kencangkan kembali kepangan. Terakhir gunakan pita atau jepit rambut sebagai hiasan.

Model kuncir rambut panjang

6. Tied up braids


Photo source: Country Living

Melansir Country Living model kuncir rambut anak perempuan yang satu ini sangat cocok bagi di kecil yang aktif bermain dan memiliki rambut yang rentan berantakan.

Caranya cukup dengan membagi dua bagian rambut dan kepang masing-masing bagian. Kamu juga bisa mengikat bagian ujungnya setelah selesai dikepang, lalu satukan di masing-masing sisi yang berbeda dengan menggunakan jepit rambut. Voila, tied up braids siap membuat si kecil terlihat stylish dan rapi!

7. Double french braid atau kepang dua


Photo source: Wikihow

Kepang dua adalah ‘jalan ninja’ bagi Ibu yang memiliki anak dengan model rambut panjang. Selain praktis, kepang dua juga membuat tampilan si kecil terlihat lebih rapi.

Terutama jika ia termasuk anak yang cukup aktif bermain dengan teman-temannya di sekolah. Caranya sangat mudah, cukup belah dua bagian rambut.

Kemudian lakukan teknik kepangan, bisa yang klasik ataupun gaya french braid. Terakhir ikat ujung rambut dengan karet dan hias menggunakan pita yang menggemaskan.

8. Ballerina bun


Photo source: Bite of Delight

Ballerina bun sangat cocok diaplikasikan sebagai model kuncir rambut panjang bagi si kecil yang aktif. Caranya juga sangat mudah kok Bu, kamu cukup menguncir rambut si kecil dan ikat menggunakan karet rambut.

Lalu twist atau putar rambut mengelilingi kunciran layaknya gaya rambut ballerina. Kemudian eratkan dengan menggunakan karet pada bagian tengah rambut, kamu juga bisa selipkan ujung rambut pada bagian bawah bun. 

Agar terlihat lebih rapi, tambahkan aksesoris seperti pita atau ponytail ala ballerina yang banyak di jual di tempat aksesoris khusus anak perempuan.

9. Criss cross braids


Photo source: The Chirping Mom

Bosan dengan model kuncir rambut anak perempuan yang itu-itu saja? Kalau nggak kepang ya kuncir dua? Mungkin kamu bisa coba berkreasi dengan model kuncir rambut criss cross nih Bu.

Caranya, bagi rambut ke dalam 4 bagian atas dan bawah. Kuncir rambut pada bagian atas, kemudian kepang, lakukan hal yang sama pada sisi sebelahnya.

Silang bagian rambut yang sudah di kepang ke sisi berlawanan, kemudian ikat pada bagian rambut bawah. Tambahkan aksesoris tambahan seperti jepit rambut atau pita pada 4 bagian rambut tersebut.

10. Side ponytail


Photo source: Stylecraze

Rambut si kecil masuk ke dalam kategori rambut panjang dengan model tanggung? Kamu mungkin bisa mencoba gaya side ponytail yang satu ini ya Bu.

Caranya dengan menguncir rambut pada posisi samping paling bawah dekat leher. Lalu ikat dan hias menggunakan kunciran favoritnya. Tapi Ibu tetap harus perhatikan apakah model kunciran anak perempuan jenis ini nyaman bagi si kecil atau tidak.

Editor: Dwi Ratih