Balita

Serunya Punya Anak Perempuan, Bisa Jadi Sahabat Ibu!

Serunya Punya Anak Perempuan, Bisa Jadi Sahabat Ibu!

Punya anak perempuan merupakan anugerah yang tak ternilai harganya. Apalagi kalau si kecil merupakan anak yang diidam-idamkan setelah sebelumnya punya anak laki-laki.

Harapannya sih, ketika punya anak perempuan nanti sifatnya akan lebih anteng dan kalem. Sehingga orang tuanya bisa ‘bernapas’ sedikit ya Bu.

Tapi ternyata nggak semua anak perempuan punya sifat seperti ini. Meski begitu, nggak perlu khawatir sebab ini menandakan bahwa si kecil merupakan anak yang aktif dan pintar.

Selain itu, serunya punya anak perempuan sebagai Ibu kita juga bisa berkreasi dan membelikan banyak aksesoris gemas dengan model yang lucu-lucu nih Bu. Kita juga bisa menjadikan si kecil sebagai teman curhat ketika ia beranjak remaja kelak.

Seru banget kan? Lalu apalagi sih keseruan punya anak perempuan lainnya yang perlu kita ketahui? Melansir Parenting First Cry yuk simak dalam ulasan berikut ini ya Bu.

Serunya punya anak perempuan


1. Lebih mudah digantikan diapers

Mengganti diapers merupakan hal yang cukup menantang bagi sebagian orang tua. Terutama bagi mereka yang punya anak laki-laki. Sebab, ketika pipis bayi laki laki cenderung mancur-mancur ya Bu.

Nah, salah satu keuntungan punya anak perempuan adalah lebih mudah digantikan diapers dan pipisnya dijamin nggak akan mancur-mancur deh! Jadi, ganti diapers di mana pun nggak akan ribet-ribet lagi ya Bu.

2. Model dan motif bajunya lebih beragam

Biasanya anak perempuan lebih banyak memiliki model dan motif baju yang beragam dibanding anak laki laki. Jadi ketika Ibu belanja kebutuhan gadis kecilnya, kemungkinan bisa kalap deh!

Apalagi baju anak perempuan biasanya lebih menggemaskan seperti gaun, rok tutu, aksesoris rambut, sepatu dan lain sebagainya ya Bu. Nah, ini bisa jadi mainan Ibu sehari-hari dan bisa mix and match dengan berbagai penampilan.

3. Bisa coba banyak model rambut

Apalagi kalau rambut si kecil tebal dan panjang, Ibu mungkin bisa berkreasi dengan rambunya. Mulai dari membeli jepitan rambut yang lucu-lucu, mengepang dengan aneka jenis kepangan atau menguncir rambut mulai dari kuncir satu, dua dan lebih. Pastinya yang Ibu lakukan ini semata-mata bikin si kecil terlihat makin menggemaskan.

4. Biasanya paling dekat dengan Ayahnya

Siapa sih yang nggak meleleh liat gadis kecilnya dekat dengan sang Ayah. Pokoknya tiap kali Ayah pulang kerja ia selalu nempel seperti perangko.

Mengikuti ke mana pun Ayahnya pergi, sampai kadang bikin Ibu jadi cemburu ya. Bahkan kata-kata pertamanya sewaktu bayi, tak lain adalah memanggil Ayah. Melihat kedekatan Ayah dan gadis kecilnya ini terkadang juga bikin Ibu jadi yakin bahwa cinta pertama seorang anak perempuan adalah Ayahnya.

5. Bisa jadi teman curhat Ibu

Selain dekat dengan Ayah, kebanyakan pasangan yang punya anak perempuan juga dekat dengan Ibunya. Bisa diajak berbelanja bareng, bahkan juga bisa jadi teman curhat yang tak kalah seru selain Ayah. Meskipun kadang nggak bisa menjaga rahasia ya Bu.

6. Ibu jadi role model si kecil

Punya anak perempuan, jangan heran kalau si kecil senang meniru apa yang dilakukan oleh Ibunya. Mulai dari berdandan, mix and match baju, hingga kebiasaan berbelanja.

Si anak perempuan ini pasti ingin terlihat seperti Ibunya. Tak ada orang lain yang ia puja dan kagumi selain Ibunya. Itu sebabnya ia sangat suka melakukan apapun seperti yang dilakukan Ibunya. Manis sekali kan Bu?

7. Lebih mudah menemukan nama unik

Punya anak perempuan memudahkan orang tua untuk bisa memilih nama yang unik dan menarik. Selalu ada banyak pilihan nama untuk anak perempuan seiring dengan perkembangan jaman. Kebanyakan pasangan juga mengaku sedikit sulit memilih nama anak laki laki dibandingkan anak perempuan.

8. Lebih talkative dan cerewet

Jangan heran kalau punya anak perempuan bikin suasana rumah terasa lebih ramai ya Bu. Sebab, biasanya punya anak perempuan karakternya lebih banyak bicara atau talkative. Sehingga tak heran anak perempuan sering dicap cerewet.

9. Lebih anteng atau sebaliknya

Nggak semua anak perempuan punya karakter yang anteng dan kalem ya Bu. Ada juga yang sebaliknya, bahkan lebih aktif dibandingkan dengan kakak atau adik laki-lakinya. Tapi hal ini justru merupakan sebuah keseruan sendiri lho Bu. Artinya anak perempuan kamu punya sifat keingintahuan yang tinggi dan mau belajar hal baru.

10. Lebih punya empati yang tinggi

Kebanyakan bayi perempuan lebih cepat memperhatikan ekspresi wajah orang lain dan lebih berempati pada kesusahan. Hal ini membuat si kecil jadi lebih perhatian dan berbakti pada orang tuanya. Apalagi kalau ia hidup dengan balutan kasih sayang yang cukup dari kedua orang tua.

Perlu diperhatikan dalam mendidik anak perempuan


  • Bekali anak dengan self defense agar tidak lemah dan rapuh. Siapa bilang anak perempuan itu lemah? Anak perempuan jaman sekarang juga nggak kalah kuat dengan anak laki laki lho! Dengan membekali self defense membuat anak perempuan jadi punya karakter kuat dan tidak mudah rapuh.
  • Bekali anak dengan kemampuan untuk mandiri dan percaya diri.
  • Hindari menuntut anak untuk memendam keinginan dan pendapat. Sebab anak perempuan juga berhak memiliki cita-cita yang tinggi dan punya hak berpendapat yang sama dengan anak laki laki.
  • Ajarkan soal konsensual dan otoritas tubuh. Tujuannya agar anak perempuan lebih bisa menjaga tubuhnya dan tidak sembarangan mengizinkan orang lain menyentuh tubuh yang merupakan area privasi.
  • Bagaimana interaksi Ayah dan Ibu akan menjadi contoh. Anak perempuan biasanya lebih memiliki empati yang tinggi, jadi sebisa mungkin orang tua harus selalu mencontohkan hal yang baik di depan si kecil.

Editor: Dwi Ratih