Balita

14 Hal Yang Membuat Anda Senang Memiliki Bayi Baru Lahir

14 Hal Yang Membuat Anda Senang Memiliki Bayi Baru Lahir

Bila saat ini Anda sedang memiliki bayi baru lahir, Anda mungkin bisa memaklumi kenapa makhluk kecil ini sangat menggemaskan. Memang sih, ia membuat Anda jadi kurang tidur, tapi ada begitu banyak hal menyenangkan yang bisa dirasakan saat memiliki bayi baru lahir. Semua hal yang berhubungan dengan bayi membuat siapa saja terpesona, mulai dari rambut mereka yang halus hingga jari-jari kaki yang mungil.

Jika Anda kini merasa lelah fisik dan emosi karena terus berusaha memenuhi kebutuhan si kecil, daftar berikut yang berisi hal lucu dan menyenangkan tentang si kecil akan mengingatkan kembali betapa beruntungnya Anda memiliki bayi baru lahir yang lucu.


1. Senyumnya saat tidur

Bunda pasti tahu kan senyuman menawan si kecil saat ia terlelap? Anda pasti tahu kalau ini adalah tanda cinta bayi untuk Bunda, meski ada yang mengatakan kalau senyum bayi baru lahir yang terjadi sejak lahir hingga usia 1 bulan tidak menunjukkan emosi bayi. Senyuman terjadi spontan ketika bayi mengantuk atau selama fase tidur REM.


2. Cegukan bayi

Sepertinya tak ada yang lebih lucu selain bayi baru lahir yang cegukan. Ketika pertama kali terjadi mungkin Anda merasa sedikit cemas dan langsung menelepon bidan atau dokter. Tapi setelah itu, Anda bisa menikmati kelucuan bayi yang cegukan. Terutama ketika Anda tidak hanya mendengar suaranya tapi juga ekspresi kejutan pada wajahnya pada tiap kali cegukan.


3. Kaki bayi

Kaki bayi baru lahir sangat sempurna, lebih lembut dari sutra yang paling halus, dan lebih cantik dari pemandangan apapun di dunia. Tanpa sadar Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain dengan kaki bayi, kaki yang belum pernah dipakai untuk berjalan dan belum tersentuh pasir atau lumpur serta batu.


4. Bau bayi

Bau bayi baru lahir jadi yang paling Anda cari. Bau bayi membuat Anda merasa jatuh cinta padanya, meski bila makhluk mungil itu bukan bayi Anda sendiri. Jadi jangan kaget jika suatu saat nanti Anda akan menjadi wanita tua yang tiba-tiba mendatangi orang yang tidak Anda kenal untuk berusaha mencium kepala bayi mereka. Jangan khawatir Bun, ini terjadi pada tiap orang kok karena wangi bayi itu memang sangat menenangkan.


5. Tidur bayi

Kalau bayi tidak tidur di malam hari memang bikin capek ya, Bun. Tapi ketika tertidur, ia ibarat makhluk paling cantik di dunia. Mata yang tertutup dan bulu matanya yang panjang jadi pemandangan yang tidak ingin Anda lewatkan, belum lagi tarikan nafas panjang yang ia lakukan saat tidur.

Tahukah Anda, jam tidur bayi baru lahir biasanya hingga 17 jam dalam sehari. Tapi kebanyakan bayi tidak tidur selama lebih dari 2 hingga 4 jam dalam sekali waktu selama beberapa minggu pertama setelah lahir. Jadi sebagai orangtua baru Anda akan terbangun beberapa kali di malam hari untuk mengganti popok, menyusui, dan menenangkan bayi.


6. Suara bayi

Bayi baru lahir punya suara terbaik yang ingin selalu Anda dengar. Tidak hanya baunya yang khas, bayi juga memiliki suara lucu yang menyertai gerakan mereka. Mulai dari dengkuran hingga tangisannya di jam 4 pagi, serta suara yang ia keluarkan ketika bernafas.


7. Ekspresi wajah bayi

Ketika Anda masih bayi, seluruh dunia benar-benar terasa baru. Bayangkan saja ekspresi wajah yang Anda perlihatkan saat melihat banyak hal yang benar-benar baru yang tidak seperti yang pernah Anda alami sebelumnya. Ekspresi wajah bayi kadang seperti kura-kura yang mengintip dari cangkangnya. Mereka juga punya wajah terkejut yang lucu, dengan mata lebar dan mulut terbuka.


8. Saat ia tidur di gendongan Anda

Mungkin ini tidak masuk daftar hal menyenangkan dari bayi bila terjadi pada jam 3 pagi, ketika Anda merasa lelah dan perlu ke kamar mandi. Tapi di jam 3 sore, ketika Anda bermalas-malasan di sofa ditemani sepotong kue dan acara favorit di TV, tak ada yang lebih baik selain menggendongnya hingga ia tertidur. Andapun bisa menciumi baunya layaknya aroma terapi.

Sebagian orang berpendapat sebaiknya tidak menidurkan bayi baru lahir sambil digendong karena ini akan menjadi kebiasaan hingga ia bertambah besar. Tapi para ahli berpendapat tak masalah menggendong bayi saat ditidurkan bila usianya di bawah 4 bulan. Anda bisa letakkan si kecil di tempat tidur setelah ia tertidur pulas.


9. Cintanya kepada Anda

Bayi mencintai orangtuanya sepenuhnya, tanpa syarat. Faktanya, hingga sekitar usia 6 bulan, bayi bahkan belum mengerti kalau ia adalah individu yang terpisah dari ibunya. Bayi masih mengira ia dan Anda adalah satu. Ia mengingat suara Anda sejak berada di rahim dan ia sangat menyukai bau Anda.


10. Bisa didandani kostum lucu

Satu hal menyenangkan tentang bayi adalah Anda bisa memakaikannya baju yang Anda suka tanpa ia bisa menolaknya. Coba saja dengan hal sederhana, seperti membuatnya tampak lucu dengan kumpulan gelembung sabun yang Anda letakkan di atas kepalanya ketika mandi atau memakaikan kacamata lucu dengan warna favorit Anda. Anda bisa pakaikan aksesoris apapun karena ia bayi Anda, selama  tubuhnya terbungkus nyaman dan hangat. Pastikan Anda mengambil banyak foto agar Anda bisa tertawa bersamanya ketika melihatnya kembali saat ia sudah lebih besar.


11. Anda jadi nomor satu baginya

Meski dengan penglihatan yang kabur dan tidak fokus, ia bisa mengenali ibunya. Hanya perlu beberapa minggu sebelum bayi secara visual bisa membedakan antara ibunya dan orang dewasa lain. Suara Anda dan selalu melihat Anda membuatnya tenang, ia akan merasa kehilangan ketika tidak di dekat Anda.

Bayi perlu dekat dengan Anda dan seluruh tubuhnya dirancang untuk merasa aman ketika berada di sisi Anda sebagai ibunya. Hidung kecil yang manis, mata lebar, dahi bulat, dan lengan dan kaki yang gemuk, semua dirancang untuk memicu respon emosi yang mendatangkan perasaan cinta dan perlindungan agar Anda akan melakukan apapun untuk membuatnya hangat dan aman.


12. Tangisan bayi

Bayi memiliki tangisan khusus yang bisa Anda kenali sejak 3 hari setelah kelahirannya. Peneliti menemukan kalau ibu baru bisa mengenali tangisan bayinya meski bila ada bayi lain yang juga menangis di ruangan yang sama.

Meski banyak alasan yang membuat bayi menangis, ia tetap tidak mengeluarkan air mata. Ini karena bayi baru lahir belum memiliki kelenjar air mata yang berfungsi baik hingga usianya mencapai 3 sampai 12 minggu.


13. Posisi tidur yang lucu

Ketika bayi merasa lelah, terutama setelah menyusu, ia akan tertidur dimana saja. Anda akan merasa ingin meninggalkan semua yang Anda kerjakan hanya untuk melihatnya terlelap di posisi tidur yang unik.


14. Rasa yang ia ciptakan

Anda menjadi semakin percaya diri setelah melewati kehamilan, melahirkan, dan kini merawat makhluk kecil ini. Anda telah melakukan sesuatu yang mengagumkan, dan si bayi menjadi bukti hidupnya. Menggendong bayi membuat Anda merasa sebagai wanita hebat dan telah melakukan sesuatu yang sangat membanggakan.
Jadi bagaimana Bun, kalau menurut Anda, apa hal terbaik yang Anda rasakan saat memiliki bayi baru lahir?

(Ismawati)