Balita

4 Rekomendasi Minyak untuk MPASI Sebagai Lemak Tambahan!

4 Rekomendasi Minyak untuk MPASI Sebagai Lemak Tambahan!

Minyak untuk MPASI kerap kali ditambahkan pada menu si kecil guna menambah asupan gizinya. Melansir dari laman Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition, meningkatkan asupan energi anak-anak selama masa pemberian MPASI harus menjadi prioritas. 

Selain itu, penambahan minyak ke dalam makanan terbukti mampu meningkatkan penambahan berat badan anak-anak, terutama bagi mereka yang menderita kekurangan gizi akut, pemberian minyak bisa membantu masalah ini. 

Semakin berkembangnya ilmu tentang gizi untuk si kecil, menambahkan minyak ke dalam makanan anak-anak menjadi sebuah rekomendasi standar di berbagai banyak negara untuk meningkatkan asupan energi selama periode MPASI berlangsung.

Beragam Jenis Minyak Untuk MPASI Si Kecil

Ibu, minyak untuk MPASI menjadi komponen penting karena dapat membantu menambah berat badan si kecil. Saat ini, ada banyak ragam minyak untuk MPASI yang bisa digunakan, melansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Minyak Canola untuk MPASI

Mengutip dari laman WebMD, minyak canola untuk MPASI merupakan minyak yang terbuat dari tanaman canola, yaitu sejenis rapeseed, kelompok tumbuhan genus Brassica yang sengaja dibudidayakan untuk diambil minyak dari bijinya. 

Minyak canola bisa digunakan baik sebagai minyak untuk MPASI maupun dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Minyak ini sering digunakan untuk mencegah penyakit jantung hingga menurunkan kadar kolesterol. 

Tak heran banyak yang menggunakan minyak ini supaya kadar kolesterol tetap terjaga dengan baik. Canola oil juga digunakan sebagai sumber lemak tak jenuh di dalam makanan yang akan menggantikan lemak jenuh yang kurang sehat. 

Manfaat lain minyak untuk MPASI ini adalah dapat mendukung perkembangan sistem otak serta saraf dan mencegah tubuh mengalami peradangan. 

Berikut ini beberapa rekomendasi minyak canola MPASI yang bisa Ibu gunakan:

A. Mazola Canola Oil


Mazola bisa dijadikan minyak canola untuk MPASI si kecil karena mengandung minyak canola murni dengan beberapa tambahan vitamin seperti vitamin E yang memiliki peran sebagai antioksidan juga. 

Minyak untuk MPASI merk ini bisa digunakan untuk menumis masakan si kecil atau bisa dijadikan dressing. Pastikan penggunaannya tidak berlebih ya Bu! Harga yang dibanderol untuk ukuran 450 ml adalah kisaran Rp 45,000 dan untuk 900 ml kisaran Rp 75,000 dan bisa berbeda di setiap toko ya!

B. Lily Flower Canola Oil


Minyak untuk MPASI yan terbuat dari canola murni adalah merk Lily Flower yang tersedia dalam beragam ukuran, mulai 2 liter hingga 5 liter. Minyak canola untuk MPASI ini juga mengandung omega 3 dan omega 6 jadi sangat baik dikonsumsi untuk tubuh. 

Harga yang dibanderol untuk ukuran 2 liter kisaran Rp 100,000an ke atas, atau jika ingin lebih hemat, Ibu bisa langsung membeli kemasan 5 liter dengan harga kisaran Rp 245,000 ke atas.

C. Tropicana Slim Canola Oil


Selanjutnya adalah merk yang sudah tidak asing lagi nih di dunia kesehatan, yaitu Tropicana Slim. Selain berbagai macam produk khusus mencegah diabetes dan membantu menurunkan kadar gula dalam darah, Tropicana Slim juga mengeluarkan minyak canola oil murni yang menyehatkan. 

Minyak canola untuk MPASI ini juga mengandung omega 3, vitamin E, dan asam lemak jenuh yang lebih rendah sehingga cenderung ringan serta segar. Minyak untuk MPASI ini bisa digunakan untuk menumis, menggoreng, memanggang, atau sebagai dressing salad. Harga yang dibanderol untuk ukuran 946 ml adalah kisaran Rp76,000 ke atas.

2. Minyak EVOO atau Extra Virgin Olive Oil untuk MPASI

Melansir dari laman Medical News Today, EVOO atau Extra Virgin Olive Oil merupakan bentuk minyak zaitun yang mengalami paling sedikit pemrosesan sehingga minyak ini masih memiliki kandungan antioksidan dan vitamin alami lainnya. 

Minyak untuk MPASI seperti EVOO cenderung lebih sehat daripada minyak zaitun biasa akan tetapi harganya jauh lebih mahal. Namun keduanya tetap tergolong minyak yang sehat karena bebas lemak trans dan lemak jenuh. 

Menurut sejumlah penelitian, minyak EVOO untuk MPASI atau digunakan untuk keperluan lainnya cenderung mengandung lebih banyak polifenol (jenis antioksidan yang punya banyak manfaat kesehatan) dibandingkan dengan minyak zaitun biasa. 

Selain itu, biasanya minyak EVOO untuk MPASI juga punya rasa yang lebih enak daripada minyak zaitun yang telah melalui banyak proses. Namun minyak zaitun untuk MPASI tetap boleh digunakan bila tidak ada EVOO oil ya Bu.

Di Indonesia sendiri, minyak EVOO justru lebih banyak ditemukan bila dibandingkan minyak zaitun untuk MPASI. Ragamnya juga lebih banyak, beberapa di antaranya juga menawarkan minyak zaitun dengan tekstur yang lebih ringan.

Ingin memberikan minyak EVOO untuk MPASI si kecil? Simak rekomendasi minyak EVOO terbaik berikut ini:

A. Fillipo Berio EVOO

Minyak EVOO untuk MPASI merk Fillipo Berio ini dihasilkan dari perasan pertama buah zaitun dan menjadi salah satu minyak EVOO terbaik dan berkualitas tinggi. 

Minyak yang satu ini juga punya rasa yang enak, tidak apek, serta bisa digunakan tak hanya untuk MPASI saja, namun untuk mempercantik kulit. Harga yang ditawarkan di pasaran untuk kemasan 500 ml adalah kisaran Rp 85,000 atau bisa lebih.

B. CaSa di Oliva EVOO Kids


Minyak EVOO untuk MPASI berikut ini merupakan produk buatan Turki dan sangat cocok dikonsumsi bagi bayi serta anak-anak. CaSa di Oliva EVOO Kids diklaim berasal dari bahan baku bebas pestisida dan bebas bahan pengawet jadi aman dikonsumsi. 

Selain itu, minyak ini mengandung asam folat, omega 3, dan polifenol yang cukup tinggi. Harga di pasaran untuk kemasan 250 ml adalah kisaran Rp 57,000 ke atas.

C. Yummy Bites Kiddy EVOO

Yummy Bites Kiddy EVOO merupakan salah satu minyak untuk MPASI yang sudah banyak dipercaya oleh ibu-ibu di Indonesia karena punya kandungan yang cukup bagus untuk perkembangan si kecil seperti vitamin E, omega 3, omega 6, dan mampu melawan radikal bebas. 

Minyak EVOO untuk MPASI merk ini juga dapat membantu perkembangan otak, memelihara kesehatan kulit, serta rambut si kecil lho. Saran penyajiannya adalah 1 – 2 sendok makan atau 15 ml setiap harinya ya Bu. Untuk setiap botol kemasan 250 ml dibanderol dengan kisaran harga Rp 67,000.

3. Minyak Jagung untuk MPASI

Minyak jagung untuk MPASI juga bisa diberikan sebagai alternatif minyak sehat lainnya. Melansir dari laman Healthline, minyak jagung merupakan minyak dengan kandungan 100% lemak dan memiliki 122 kalori per sendok makan atau setara 15 ml. 

Minyak jagung mengandung lemak omega 6 tak jenuh ganda dan mengandung vitamin E yang akan bertindak sebagai antioksidan serta anti-inflamasi dalam tubuh. Minyak untuk MPASI sebenarnya boleh diberikan asalkan takarannya pas, salah satunya minyak jagung untuk MPASI.

Corn oil banyak digunakan tak hanya untuk MPASI saja namun juga untuk keperluan memasak menu seluruh keluarga karena dinilai mampu mengatasi kolesterol dan lebih sehat. Banyak juga yang mengganti minyak goreng biasa dengan minyak jagung untuk keperluan diet-nya meskipun tetap harus diimbangi dengan olahraga teratur dan pola makan yang seimbang. 

Berikut ini ada beberapa rekomendasi minyak jagung untuk MPASI ataupun untuk keperluan lainnya yang bisa Ibu gunakan:

  • Tropicana Slim Corn Oil kemasan 946 ml dibanderol mulai harga Rp 69,000
  • KCO Corn Oil kemasan 1 liter dibanderol mulai harga Rp 45,000
  • Dougo Corn Oil kemasan 1 liter dibanderol mulai harga Rp 89,000
  • Mamasuka Corn Oil kemasan 900 ml dibanderol mulai harga Rp 65,000
  • Lily Flower Corn Oil kemasan 5 liter dibanderol mulai harga Rp 250,000
  • OKI Corn Oil kemasan kemasan 2 liter dibanderol mulai harga Rp 185,000
  • Mazola Corn Oil kemasan 450 ml dibanderol mulai harga Rp 54,000
  • CCO Corn Oil kemasan 2 liter dibanderol mulai harga Rp 92,000

Semua minyak untuk MPASI termasuk minyak jagung ini bisa Ibu dapatkan di supermarket besar maupun di e-commerce kesayangan ya!

4. Minyak Kelapa untuk MPASI

Minyak kelapa untuk MPASI diperbolehkan atau tidak ya? Sebenarnya segala jenis minyak yang bisa dikonsumsi atau layak makan boleh digunakan asalkan penggunaan dan takarannya tepat. 

Minyak kelapa terdiri dari dua jenis yang berbeda yaitu minyak kelapa biasa ataupun minyak kelapa murni (VCO atau Virgin Coconut Oil). Keduanya dibedakan berdasarkan cara pengolahannya saja namun keduanya dapat digunakan sebagai minyak untuk MPASI karena memiliki manfaat yang sama sebagai sumber lemak untuk buah hati. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh, omega 6, dan juga omega 9. 

Melansir dari laman Healthline, meskipun minyak kelapa untuk MPASI diperbolehkan dengan takaran yang sesuai, namun ada sejumlah bukti yang cukup bertentangan tentang manfaat minyak ini untuk kesehatan jantung. 

American Heart Association mengungkapkan bahwa minyak kelapa tidak disarankan dikonsumsi sebagai minyak alternatif yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan asupannya harus dibatasi yaitu sekitar 10% saja dari asupan kalori harian. Pastikan takarannya benar-benar pas dan sesuai untuk si kecil ya!

Beberapa minyak kelapa untuk MPASI ini tetap boleh digunakan, simak rekomendasi merk minyak untuk MPASI terbaik ini:

A. Concos Virgin Coconut Oil Kids


Minyak kelapa untuk MPASI merk Concos diklaim memiliki rasa dan aroma yang lebih ringan karena menggunakan metode pemurnian terbaik. Selain itu, minyak untuk MPASI ini tidak nempel di tenggorokan jadi aman dari radang tenggorokan serta mengandung asam laurat yang memiliki sifat antibiotik, anti bakteri, serta jamur. 

Minyak kelapa untuk MPASI ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil, membantu melawan infeksi atau virus, menjaga kesehatan rambut dan kulit, serta sumber tambahan lemak yang cukup baik. 

Bagi Ibu hamil, minyak ini juga bisa digunakan untuk mengurangi stretchmark lho. Harga yang ditawarkan pada kemasan botol 250 ml adalah Rp 75,000

B. Bumbu Bunda Coconut Cooking Oil

Minyak kelapa untuk MPASI merk Bumbu Bunda Coconut Cooking Oil ini terbuat dari kelapa dara yang tak hanya sehat namun juga akan menghasilkan masakan yang lebih lezat serta beraroma. 

Minyak ini juga diklaim mampu memberikan rasa masakan yang lebih gurih jadi lebih nikmat. Selain itu, cocok sekali digunakan untuk menumis menu MPASI si kecil. Harga yang ditawarkan adalah kisaran Rp 86,000 untuk kemasan 500 ml.

C. Lingkar Organik Minyak Kelapa untuk MPASI

Minyak untuk MPASI milik Lingkar Organik terbuat dari kelapa organik pilihan, tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna buatan, tanpa bahan sintesis, dan melalui proses yang higienis. 

Minyak kelapa ini juga mengandung asam lemak omega 3, dapat meningkatkan energi tubuh, sebagai antioksidan, meningkatkan metabolisme tubuh, serta dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi penting lebih baik lagi. 

Harga yang ditawarkan pada kemasan 300 ml adalah Rp 25,000. Cukup ramah di kantong bukan?

D. Lemonilo Extra VCO


Lemonilo Extra VCO merupakan minyak kelapa untuk MPASI yang terbuat dari kelapa segar premium dan organik serta melalui tahap pembuatan yang istimewa karena tidak ada tambahan bahan kimia ataupun melalui proses pemanasan jenis apapun. 

Minyak untuk MPASI seperti ini sangat cocok digunakan karena memiliki rasa gurih yang khas, ringan, serta mudah diterima di tenggorokan. Uniknya, tak hanya bisa digunakan sebagai lemak tambahan MPASI saja, namun bisa juga digunakan sebagai hair tonic, untuk mencerahkan wajah, hingga melembabkan kulit. 

Harga untuk setiap 100 ml kemasan botol adalah kisaran Rp 25,000 atau bisa lebih.

 

Editor: Atalya