Kehamilan Dibaca 799 kali

11 Rekomendasi Krim Penghilang Stretch Mark yang Aman

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
11 Rekomendasi Krim Penghilang Stretch Mark yang Aman

Stretch mark adalah hal yang umum terjadi pada masa kehamilan. Semakin perut Anda membesar, biasanya stretch mark akan semakin jelas.

Sebanyak 90 persen dari ibu hamil mengalami stretch mark. Biasanya, stretch mark terbentuk pada usia kehamilan 6 bulan hingga kehamilan 7 bulan, di sekitar perut, payudara dan pinggang. Bisa juga, nih, muncul stretch mark di bagian paha, bokong dan lengan bagian atas.

Stretch mark terjadi ketika kolagen dan elastin meregang akibat bertambahnya berat badan, terutama jika terjadi dalam waktu yang cepat. ‘Garis-garis’ bakal semakin jelas, setelah Anda melahirkan dan pudar secara perlahan.

Tips Mencegah Munculnya Stretch Mark

Simak yuk beberapa tips mencegah munculnya stretch mark berikut ini:

  1. Cegah munculnya stretch mark sejak awal kehamilan. Setelah mengetahui Anda hamil, mulailah untuk menggunakan pelembap pada bagian tubuh yang rentan akan stretch mark. Jika stretch mark sudah terbentuk dan Anda baru memulai perawatan, maka pemulihannya bakal semakin sulit dan lama.

  2. Gunakan krim atau minyak penghilang stretch mark sesuai anjuran. Biasanya, disarankan digunakan dua kali sehari setelah mandi.

  3. Memperbanyak minum air putih dan mengurangi konsumsi kafein saat hamil.

  4. Tingkatkan berat badan saat hamil secara perlahan dan sesuai dengan saran dokter.

  5. Mengonsumsi vitamin C, yang nggak hanya baik untuk mencegah penuaan, tapi juga stretch mark. Vitamin C bermanfaat untuk pembentukan kolagen. Contoh sumber alaminya misalnya jeruk dan lemon.

  6. Berjemur di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Lainnya, Anda mengonsumsi susu dan yogurt.

  7. Zinc yang banyak terkandung pada ikan dan kacang-kacangan, membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Rekomendasi Krim Penghilang Stretch Mark untuk Ibu Hamil

Bisa dikatakan, stretch mark sulit untuk dicegah. Tapi, bisa diminimalisasi, dengan menggunakan pelembap. Pelembap ini berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap elastis. Simak yuk beberapa rekomendasi krim penghilang stretch mark berikut ini.

  1. Coconut Body Butter The Body Shop

    Penghilang Stretch Mark Coconut Body Butter The Body Shop

    Salah satu cara untuk mencegah munculnya stretch mark adalah dengan melembapkan kulit. Untuk itu, Anda membutuhkan lotion, atau body butter untuk menutrisi kulit Anda. Di antaranya, Anda bisa menggunakan Coconut Body Butter, yang mengandung cold-pressed organic virgin coconut oil. Produk The Body Shop bisa dibeli secara online di sini. Kemasannya praktis, yaitu 50ml, dengan harga Rp79.000

  2. Herbilogy Tummy and Tigh Oil

    Penghilang Stretch Mark Herbilogy Tummy and Tigh Oil

    Herbilogy Tummy and Tigh Oil terbuat dari bahan alami yang bermanfaat untuk membantu melembapkan kulit, sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti body lotion. Minyak ini bisa digunakan untuk jenis kulit normal hingga kering. Selain itu, penggunaan minyak ini bisa membantu memudarkan dan mencegah stretch mark. Herbology Tummy and Tigh Oil ini tidak menggunakan parfum, sehingga bisa digunakan selama kehamilan. Serta, produk ini sudah memiliki sertifikat halal. Minyak penghilang stretch mark ini dijual dengan harga Rp98.000 dan bisa dibeli di sini.

  3. Biolane Stretch Mark Cream

    Penghilang Stretch Mark Biolane Stretch Mark Cream

    Produk ini mengandung 97% bahan-bahan alami, di antaranya adalah argan oil yang sudah dikenal akan manfaatnya. Produk ini memiliki kandungan hypoallergenic. Krim penghilang stretch mark ini bisa Anda beli dengan harga Rp179.000 untuk kemasan 200ml, klik di sini.

  4. Mooimom Belly Cream

    Penghilang Stretch Mark Mooimom Belly Cream

    Mooimom Belly Cream mengandung ekstrak edelweiss untuk mencegah tanda-tanda penuaan dan menenangkan kulit. Kandungan ekstrak croton lechleri di dalamnya meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalisasi timbunya stretch mark pada masa kehamilan. Kandungan lain di dalamnya menjaga kulit agar tetap lembut. Tersedia dalam dua ukuran, yaitu 10ml dengan harga Rp99.000 dan kemasan 30ml seharga Rp209.000. Klik di sini untuk membelinya. 

  5. Mama’s Choice Strtech Mark Cream

    Penghilang Stretch Mark Mama’s Choice Strtech Mark Cream

    Mama’s Choice Stretch Mark Cream ini pas banget buat Anda yang mencari produk yang nggak memicu alergi. Krim ini hypoallergenic dan diperkaya dengan bahan-bahan alami seperti Lypobelle soyaglicone, aloe vera, shea butter, dst. Ada beberapa manfaat dari krim ini, yaitu membantu mencegah dan memudarkan stretch mark, mengurangi rasa gatal, menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, serta meningkatkan kolagen. Krim ini nggak mengandung paraben dan alkohol, bisa digunakan sejak kehamilan. Catatan, hindari mengoleskan krim di sekitar puting semasa Anda menyusui, ya. Dapatkan krim seharga Rp129.000 untuk kemasan 100ml. Beli produk asli di sini.

  6. Mothercare Its Your Body Stretch Mark Cream

    Penghilang Stretch Mark Mothercare Its Your Body Stretch Mark Cream

    Produk dari Mothercare ini diperkaya dengan sweet almond oil dan shea butter untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Gunakan krim secara rutin untuk meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalisasi timbulnya stretch mark selama masa mengandung. Krim ini tidak memicu alergi dan aman digunakan untuk kulit sensitif sekalipun. Beli produk asli di sini, kemasan 200ml bisa Anda dapatkan dengan harga Rp169.000.

  7. Bio Oil Skincare Oil

    Penghilang Stretch Mark Bio Oil Skincare Oil

    Adalah produk spesialis untuk perawatan bekas luka dan peregangan kulit (stretch mark). Selain mencegah timbulnya stretch mark selama masa mengandung, bisa juga digunakan untuk mencegah peragangan kulit pada masa pertumbuhan (remaja) dan ketika mengalami kenaikan berat badan, serta membantu menyamarkan stretch mark yang sudah terbentuk. Bio Oil Skincare Oil juga membantu meratakan warna kulit yang nggak merata dan meminimalisasi kerutan. Minyak ini bisa digunakan pada kulit yang sensitif dan nggak memicu timbulnya komedo (non comedogenic). Beli Bio Oil Skincare Oil praktis di sini. Harganya terjangkau, yaitu Rp220.000 untuk isi 125ml. 

  8. Buds Organic Stretch Mark Repair Cream

    Penghilang Stretch Mark Buds Organic Stretch Mark Repair Cream

    Terbuat dari kombinasi chlorella vulgaris dan ekstrak biji apel, yang bermanfaat meningkatkan kolagen untuk memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi pada masa kehamilan. Ektstrak kolagennya menenangkan kulit, vitamin E dan antioksidannya mencegah radikal bebas. Kandungan lain yang nggak kalah bermanfaat adalah shea butter dan jojoba oil. Untuk hasil yang lebih maksimal, segera gunakan produk ini sejak awal munculnya tanda-tanda stretch mark, dua kali sehari setelah mandi. Kemasan 75ml krim ini dijual dengan harga Rp412.000, order online di sini.

  9. Mustela Stretch Mark Prevention Cream

    Penghilang Stretch Mark Mustela Stretch Mark Prevention Cream

    Krim buatan Perancis ini, dibuat khusus dengan formula yang aman bagi ibu hami dan setelahnya. Kandungan di dalamnya menjaga kulit agar senantiasa lembap, lembut dan elastis. Bahan-bahan yang digunakan dibuat dengan meminimalisasi reaksi alergi dan aman bagi bayi. Ibu bisa menggunakan Mustela Stretch Mark Prevention Cream sejak awal kehamilan. Oles dan pijat dengan lembut pada bagian perut, pinggul, paha dan sekitar payudara Anda. Produk originalnya bisa dibeli di akun @mustelaindonesia dengan harga Rp469.000 per 75ml. 

  10. Sebamed Anti Stretch Mark Cream

    Penghilang Stretch Mark Sebamed Anti Stretch Mark Cream

    Mengandung avocado oil yang kaya akan vitamin E dan A sebagai antioksidan, juga shea butter yang menjaga agar kulit tetap lembut dan lembap. Kandungan lainnya dalam Sebamed Anti Stretch Mark Cream ini merangsang perbaikan pada jaringan kulit yang rusak. Krim ini bisa digunakan sejak hamil dan setelahnya, bisa juga digunakan sebagai pengganti krim untuk pijat. Estimasi harga krim ini Rp500.000 dengan ukuran 200ml. Krim penghilang stretch mark ini agak sulit dicari, tapi Anda bisa mengeceknya di beberapa link berikut.

  11. Clarins Stretch Mark Control

    Penghilang Stretch Mark Clarins Stretch Mark Control

    Ekstrak crowberry-nya membantu mengurangi tampilan stretch mark yang terbentuk akibat proses kehamilan, masa puber dan kenaikan berat badan. Produk ini juga meningkatkan kolagen untuk menjaga kulit agar tetap elastis dan mencegah munculnya stretch mark baru. Penasaran ingin mencoba produk yang disebut-sebut terkenal di kalangan selebgram ini? Klik di sini untuk memesan. Clarins Stretch Mark Control bisa Anda dapatkan dengan harga Rp920.000 untuk ukuran 200ml.

Itulah rekomendasi krim penghilang stretch mark dari kami. Setelah melahirkan, Anda bisa meningkatkan perbaikan kesehatan kulit Anda dengan melakukan perawatan dengan dokter, misalnya terapi laser. Terapi laser ini bekerja dengan menstimulasi kolagen dan elastin. 

Sebetulnya, ada banyak tips yang dibagikan oleh para ibu di internet, yang isinya tentang memudarkan stretch mark dengan cara alami. Tapi, dengan mencoba beberapa krim penghilang di atas, tingkat keamanan dan efektivitasnya lebih terjaga.

Jangan lupa, untuk selalu mencintai diri Anda apa adanya. Stretch mark mungkin saja ‘mengganggu’ penampilan Anda, tapi anggap saja ini adalah salah satu sisa dari perjuangan Anda untuk mendapatkan buah hati.

(Stephanie)