Balita

5 Alasan Sewa Perlengkapan Bayi Dirasa Lebih Efisien

5 Alasan Sewa Perlengkapan Bayi Dirasa Lebih Efisien

Sewa perlengkapan bayi atau beli baru ya, untuk menyambut kelahiran buah hati tercinta nanti? Nah, beli atau sewa perlengkapan bayi sebenarnya sah-sah saja kok Bu. Namun, pertimbangkan kembali mana yang terbaik sesuai dengan kondisi keluarga.

Saat ini bisnis sewa perlengkapan bayi sudah menjamur di mana saja, dengan produk-produk yang cukup lengkap. Dari mulai perlengkapan bayi yang besar seperti box bayi, ayunan bayi, pompa asi, hingga mainan anak dengan harga yang variatif.

Bayi dan anak-anak memang punya printilan yang cukup banyak, dan biasanya barang bayi ini cenderung mengalihkan perhatian Ibu karena dianggap sangat diperlukan, serta punya tampilan yang lucu. Jika Ibu salah satu yang sedang bingung antara membeli atau sewa perlengkapan bayi, maka ulasan berikut ini cocok untuk disimak!

Alasan mengapa sewa perlengkapan bayi adalah solusi yang tepat


Zaman sekarang, banyak orang tua yang lebih memilih sewa perlengkapan bayi daripada membelinya, lho! Hal ini bukan tanpa alasan, sebab dari laman Very Well Family, berikut ini adalah beberapa alasan masuk akal mengapa sewa perlengkapan bayi dianggap cukup menguntungkan:

1. Sewa perlengkapan bayi untuk mengetahui respon si kecil

Tidak semua anak akan langsung menyukai semua pemberian orang tuanya, salah satunya perlengkapan bayi yang akan ia butuhkan. Beberapa Ibu lebih memilih untuk sewa perlengkapan bayi terlebih dahulu, daripada membelinya karena ingin tahu bagaimana respon si kecil.

Misalnya, Ibu menyewa box bayi tertentu dengan segala kecanggihannya dan sudah pasti akan membuat si kecil nyaman. Namun ternyata, saat barangnya datang justru si kecil takut atau tidak bisa tidur dan memilih tidur di kasur biasa saja.

2. Sewa hanya untuk kepentingan mendadak saja

Bepergian dengan bayi bisa menjadi suatu tantangan bila perlengkapannya kurang sesuai. Seringnya, Ibu memilih sewa perlengkapan bayi karena barang tersebut hanya akan dipakai sekali saja atau intensitasnya tidak sering.

Misalnya, Ibu hanya membutuhkan stroller saat bepergian, atau membutuhkan earmuff saat akan bepergian menggunakan pesawat terbang saja. Daripada membeli barang tersebut yang nilainya tidak murah, maka akan lebih efisien jika menyewanya saja.

3. Si kecil mudah merasa bosan


Kondisi yang satu ini kerap kali ditemui, apalagi yang berhubungan dengan mainan si kecil. Beberapa mainan tersedia untuk disewakan seperti mainan ayunan, perosotan, trampolin, hingga mobil-mobilan atau kuda-kudaan.

Sewa perlengkapan bayi berupa mainan ini, sangat berguna bagi si kecil yang ternyata mudah sekali merasa bosan dengan mainannya. Jadi, Ibu bisa seketika menyewa perosotan untuk sebulan dan menggantinya dengan mainan yang lain. Sehingga, bisa menghemat biaya pembelian mainannya.

4. Bayi akan tumbuh dengan cepat

Siapa yang setuju bila pertumbuhan tubuh si kecil nyatanya terasa sangat cepat setiap saat? Nah, hal ini juga yang sering menjadi pertimbangan Ibu, apakah sebaiknya beli atau sewa perlengkapan bayi.

Ada beberapa barang yang pemakaiannya cenderung cepat dan mungkin hanya akan sia-sia bila Ibu membelinya, seperti box bayi, ayunan bayi, bouncer, tempat mandi bayi, baby bather, dan masih banyak lagi. Kalau dirasa akan sia-sia, maka lebih baik sewa perlengkapan bayi saja ya!

5. Sewa perlengkapan bayi karena penasaran saja 

Tidak dipungkiri bahwa, berbagai perlengkapan bayi banyak yang unik dan membuat Ibu ingin mencobanya untuk si kecil. Karena harganya yang cenderung sangat mahal, maka Ibu bisa coba untuk sewa perlengkapan bayi tersebut, misalnya ayunan bayi elektrik yang sedang hits saat ini.

Waspadai barang yang sebaiknya tidak disewa untuk keamanan si kecil


Ibu, perlu diketahui bahwa ada beberapa perlengkapan bayi yang sebaiknya tidak disewa secara sembarangan, karena memiliki masa kadaluarsa. Sejumlah ahli sepakat bahwa, menyewa kursi mobil bayi (baby car seat) sangat tidak disarankan dan buka saran terbaik.

Melansir dari laman Forbes, setiap barang bayi yang dibeli secara preloved bisa dicuci kembali dan siap dipakai dengan aman serta nyaman, namun tidak untuk kursi mobil bayi. Kursi mobil bayi, punya masa kadaluarsanya sendiri yang harus Ibu perhatikan melalui kemasan atau menempel pada produknya.

Jika terpaksa harus menggunakan kursi mobil bayi yang bekas, maka sebaiknya Ibu membelinya langsung dari anggota keluarga lain yang masih terpercaya. Karena dapat diketahui sejarah pemakaiannya (apakah pernah mengalami kecelakaan, rusak, atau masih layak pakai).

Tips sewa perlengkapan bayi yang aman serta efisien


Apakah Ibu masih bingung antara beli atau sewa perlengkapan bayi? Supaya lebih tenang, yuk simak dulu beberapa tips sewa perlengkapan bayi berikut ini:

  • Memilih tempat penyewaan yang terpercaya

Saat ini, Ibu sudah bisa memilih sendiri tempat sewa perlengkapan bayi yang terpercaya. Biasanya mereka akan mengiklankan jasanya melalui marketplace ataupun media sosial.

Pilihlah marketplace yang mencantumkan harga sewa yang wajar (tidak terlalu mahal atau terlalu murah). Selain itu, untuk menghindari penipuan di dunia maya, Ibu bisa menanyakan kepada kerabat atau teman dekat, mana tempat yang terpercaya untuk menyewa perlengkapan si kecil nantinya.

  • Kenali lagi barang apa saja yang lebih efisien untuk disewa

Melansir dari laman Lifehacker, tidak semua perlengkapan bayi layak untuk disewa, beberapa cenderung lebih baik dibeli sendiri. Berikut ini merupakan daftar-daftar perlengkapan bayi yang bisa di sewa:

  • Mainan (besar maupun kecil)
  • Baby bather
  • Bak mandi bayi
  • High chairs (kursi makan bayi)
  • Booster seat baby
  • Box bayi
  • Ayunan bayi (elektrik maupun manual)
  • Gendongan bayi
  • Stroller (dorongan atau kereta bayi)
  • Earmuff
  • Sepeda atau mainan ride on.

Pastikan kembali, sebelum memutuskan untuk sewa perlengkapan bayi, barang-barangnya sudah dicuci atau disteril agar aman saat akan digunakan untuk si kecil nantinya.

  • Menyewa hanya bila diperlukan saja

Sewa perlengkapan bayi boleh dilakukan kapan saja dan di mana saja, namun sebaiknya pertimbangkan kembali mengapa Ibu harus menyewa perlengkapan bayi tersebut. Hal ini untuk menghindari pemakaian yang tidak diperlukan, dan memberi kesempatan Ibu lain yang lebih membutuhkan, mengingat jangka waktu sewa bisa terjadi hingga bulanan.

Editor: Aprilia