Balita

5 Penyebab Anak Rewel Saat Bersama Ibunya, Wajarkah?

5 Penyebab Anak Rewel Saat Bersama Ibunya, Wajarkah?

Penyebab anak rewel cukup banyak Bu, bisa jadi popoknya basah, sedang merasa tidak enak badan, atau sedang lapar. Tapi pernahkah Ibu merasa bahwa anak lebih rewel hanya saat bersama ibunya? Apa ini hal yang wajar?

Apalagi ketika Ibu pulang dari bekerja, selalu saja balita Ibu tampak lebih rewel dari biasanya padahal sebelumnya ia bermain dengan riang gembira. Melansir dari laman What To Expect, tangisan atau rengekan bayi saat Ibu datang setelah beberapa waktu tak ada di sekelilingnya adalah cara ia menyambut tempat ternyamannya. 

Ini bukan juga sebuah tanda bahwa ia telah melupakan Ibu, justru sebaliknya, si kecil sangat merindukan kehadiran Ibu. Mau tahu penyebab anak rewel lainnya saat di dekat Ibu? Simak ulasan selengkapnya yuk!

Penyebab anak lebih rewel saat sedang bersama ibunya


Jangan khawatir! Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui penyebab anak rewel saat bersama Ibunya dan temuan para ahli ini akan membuat hati Ibu lebih sejuk, dilansir dari laman Mom, berikut ulasannya:

1. Ibu adalah tempat ternyaman dan bebas berekspresi

Menurut Karen Dudley, seorang spesialis perkembangan anak di UCLA mengutarakan bahwa penyebab anak rewel yang utama adalah karena si kecil merasa sangat nyaman saat berada di dekat Ibu dan ia bebas mengekspresikan perasaan. Selain itu, ia juga akan merasa lebih aman saat Ibu mendekapnya penuh cinta. 

Bila masih bayi mungkin ia akan menunjukkannya dengan tangisan kencang atau justru senyuman manis, tapi untuk anak yang lebih besar, ia mungkin saja bertingkah sebebas yang ia mau dan menjadi lebih manja dari biasanya.

2. Otak balita sedang mengalami perkembangan


Perkembangan otak pada balita juga menjadi penyebab anak lebih rewel dengan ibunya. Ia akan mulai mengingat banyak hal, misalnya aturan yang berlaku (mana yang boleh dan mana yang dilarang). Balita juga akan memperhatikan ekspresi Ibu saat akan melakukan suatu hal. 

Tak heran bila kita sering kali melihat anak-anak menggoda Ibunya dengan cara melakukan hal yang sudah pasti dilarang. Karen Dudley mengatakan ini adalah hal yang sangat wajar karena anak merasa punya hubungan istimewa dan merasa aman saat bersama Ibunya.

3. Ibu adalah orang yang sangat ia percayai

Kita semua setuju bila saat sedang bersama Ibu maka semua hal tampak lebih baik, lebih teratur, dan lebih nyaman. Sama halnya dengan balita, penyebab anak rewel yang agak unik adalah karena si kecil justru sangat percaya pada Ibunya. Ia percaya dengan merengek maka Ibu akan luluh, ia percaya bila melakukan kesalahan pasti akan dimaafkan, dan masih banyak lagi.

4. Rindu bertemu Ibunya


Bagi ibu yang harus bekerja dan meninggalkan anak dalam waktu yang lama, disambut anak dengan rengekan pasti sudah biasa. Namun jangan berputus asa atau sedih ya Bu, karena hal ini menyiratkan makna cinta yang cukup dalam yaitu anak merindukan kehadiran Ibunya. 

Seolah ia mencari tahu kemana ibuku pergi dan mengapa lama sekali kembalinya. Meskipun begitu, penyebab anak rewel yang satu ini layak untuk disambut dengan baik.

5. Ibu dianggap manusia yang lebih cepat tanggap

Melansir dari laman The Mummy Bubble, penyebab anak rewel saat bersama Ibunya karena bisa jadi Ibu punya respon yang sangat cepat ketika ia rewel. Ia menganggap hal itu sangat menguntungkannya dan seolah ia ingin berterima kasih pada Ibu karena selalu tepat waktu memenuhi kebutuhannya. Bersyukurlah bila anak lebih rewel dengan Ibunya karena ini berarti Ibu sudah melakukan hal yang tepat selama ini.

Tips mengatasi anak yang rewel saat bersama Ibunya


Penyebab anak rewel saat bersama Ibunya bisa diatasi dengan baik, kuncinya adalah sabar dan konsisten. Ikuti tips menghadapi rengekan bayi berikut ini yuk Bu:

  • Tetaplah tenang dan sabar

Menghadapi tangisan bayi memang memusingkan, apalagi bila tangisannya cukup memekakkan telinga, pasti emosi akan lebih mudah tersulut. Namun tentu saja emosi Ibu harus diredam dulu, hadapi anak Ibu dengan senyuman dan ketenangan karena aura positif ini bisa menular pada si kecil.

  • Penuhi kebutuhan Ibu terlebih dahulu

Bila anak lebih rewel dengan ibunya terutama saat melihat Ibu pulang dari kantor atau bepergian, maka ada baiknya Ibu penuhi dulu semua kebutuhan Ibu. Misalnya segera bersih-bersih badan atau menyegarkan diri sebelum si kecil mengetahui kedatangan Ibu, minum air putih untuk menyejukkan hati, atau jika lapar maka sebaiknya makan dulu baru menemui si kecil.

  • Dengarkan tangisannya sembari ditemani

Tantrum pada anak tak melulu harus dialihkan, kadang ia hanya ingin meluapkan perasaannya saja. Saat si kecil mudah rewel saat bersama Ibu, sebaiknya dengarkan dulu keluh kesahnya. Bisa jadi itu merupakan ungkapan bahwa ia benci harus ditinggal Ibu dalam waktu yang lama dan ia sedang merasa sedih atau kecewa. Temani ia supaya si kecil tak merasa diabaikan dan Ibu hadir untuknya.

  • Beri pelukan hangat dan gendong sesaat

Balita akan sangat merasa aman dan nyaman saat berada didekapan ibunya, maka saat ia merengek hingga rewel, Ibu bisa memeluknya dengan hangat atau menggendongnya sesaat. Hal ini bisa memberikan rasa aman dan ketenangan untuk si kecil.

Editor: Aprilia