Balita

5 Rekomendasi Merk Clodi Lokal dan Impor Anti Tembus

5 Rekomendasi Merk Clodi Lokal dan Impor Anti Tembus

Jika Ibu berniat memilih opsi yang lebih ramah lingkungan, mungkin Ibu akan mencari rekomendasi merk clodi terbaik.

Popok adalah kebutuhan utama bagi bayi yang belum bisa buang air kecil dan air besar sendiri. Opsi yang populer dipilih adalah penggunaan popok sekali pakai atau yang dikenal dengan pospak. Opsi lainnya adalah popok kain atau yang populer dikenal dengan clodi (Cloth diaper). 

Sebenarnya, penggunaan clodi sudah ada sejak lama. Kini, clodi semakin populer seiring dengan alasan karena ingin menjaga lingkungan. Tidak hanya itu, penggunaan clodi bahkan bisa lebih hemat daripada penggunaan popok sekali pakai, lho!

Mungkin Ibu akan bingung jika baru mengenal clodi pertama kali dan pastinya mencari rekomendasi merk clodi yang bagus. Pilihan clodi juga beragam, mulai dari rekomendasi merk clodi lokal hingga impor. Tipe bahan yang digunakan juga berbeda-beda.

Kelebihan dan kekurangan clodi

5-rekomendasi-merk-clodi-lokal-dan-impor-anti-tembus-1

Clodi adalah popok kain yang dapat digunakan berkali-kali. Inilah yang menjadi keunggulan clodi karena dengan membeli clodi, artinya dapat mengurangi sampah yang muncul akibat penggunaan popok sekali pakai. Jika memilih menggunakan clodi, Ibu tidak perlu membeli clodi berulang-ulang. 

Cukup membeli di awal saja. Namun, Ibu harus mencucinya tiap anak berganti popok. Daya tampung clodi yang tidak sebanyak popok sekali pakai juga membuat Ibu harus mengganti clodi anak sekitar 4 jam sekali.

Disarankan, Ibu sebaiknya menyiapkan clodi minimal 10 buah untuk satu anak. Menyiapkan 10 buah clodi sekaligus membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, jika dibandingkan dengan total biaya yang disiapkan untuk penggunaan popok sekali pakai dalam 3 tahun maka perbedaan harganya akan signifikan sekali.

  • Popok sekali pakai: Rp 1.500/popok x 6 popok per hari(asumsi penggantian popok dalam sehari) x 365 hari/tahun x 3 tahun = Rp 9.885.000; dan
  • Clodi: Rp 120.000 x 10 + Rp 1.500 (asumsi total biaya deterjen dan listrik perhari) x 365 hari /tahun x 3 tahun =  Rp 3.142.500.

Perbedaanya mencapai hampir 6 juta rupiah dalam setahun. Tertarik menggunakan clodi?

Rekomendasi merk clodi terbaik

Clodi yang beredar di pasaran terdiri dari berbagai merk baik lokal maupun impor. Pun, rentang harganya juga bervariasi. Biasanya clodi lokal dibanderol sekitar Rp 100.000 per set (termasuk outer dan inner. Untuk clodi impor harganya lebih mahal, bisa Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per buah.

Simak rekomendasi merk clodi lokal dan impor di sini!

1. Pempem!

5-rekomendasi-merk-clodi-lokal-dan-impor-anti-tembus-2

Rekomendasi merk clodi lokal pertama adalah Pempem! yang menyediakan insert bernama Litty yang terbuat dari campuran serat bambu dan katun. Dengan demikian, insert dari Pempem! memiliki daya serap tinggi dengan sifat antibakteri

Jika kulit si kecil mudah iritasi, produk clodi ini menjadi rekomendasi merk clodi yang bagus untuk pertimbangkan karena tidak menimbulkan alergi pada kulit si kecil. Selain itu, kombinasi outer  dan bagian perekat clodi dengan motif menarik membuat si kecil semakin senang saat mengenakannya.

Harga: Mulai dari Rp 75.000

2. Cluebebe

5-rekomendasi-merk-clodi-lokal-dan-impor-anti-tembus-3

Rekomendasi merk clodi yang bagus berikutnya adalah Cluebebe. Sama seperti Pempem!, clodi ini adalah merk lokal. Cluebebe menggunakan bahan microfleece yang merupakan bahan yang cepat kering sehingga mencegah bagian dalam popok menjadi lembab. Clodi ini cocok digunakan bagi si kecil yang memiliki tipe kulit mudah ruam.

Cluebebe menyediakan model clodi baik tutupan velcro ataupun model seperti celana yang disarankan untuk digunakan oleh anak yang sudah aktif bergerak.

Harga: Mulai Rp 85.000

3. Gee Gallery

5-rekomendasi-merk-clodi-lokal-dan-impor-anti-tembus-4

Gee Gallery adalah salah satu rekomendasi merk clodi lokal yang kerap menjadi pilihan para Ibu. Untuk tipe T-Dipe Size 2, clodi ini dilengkapi dengan satu buah training pad. Dengan adanya training pad, clodi ini tidak hanya dapat digunakan sebagai popok saja, tetapi juga sebagai celana toilet training

Perekat kancingnya juga tidak akan menimbulkan bekas di pinggang karena terbuat dari bahan yang berkualitas.

Harga: Mulai dari Rp 95.000

4. Rumparooz

5-rekomendasi-merk-clodi-lokal-dan-impor-anti-tembus-5

Rumparooz adalah salah satu rekomendasi merk clodi terbaik yang merupakan keluaran dari Kanga Care yang dapat digunakan sejak bayi baru lahir hingga usia batita. Clodi ini memiliki kancing yang berfungsi untuk menyesuaikan ukuran clodi dengan lingkar pinggang dan paha anak sehingga mencegah kotoran bocor dari samping paha maupun pantat bayi. 

Insert-nya yang bernama 6R Soaker memiliki enam pengaturan penyerapan. Clodi ini cocok digunakan bagi Ibu yang menginginkan produk yang efisien dengan daya tahan tinggi menyerap air sehingga meminimalisir kemungkinan bocor.

Karena Rumparooz merupakan clodi impor dari Australia, harganya pun relatif mahal untuk 1 setnya. 1 set Rumparooz mendapatkan 1 outer dan 2 inner.

Harga: Mulai dari Rp 330.000

5. Grovia

5-rekomendasi-merk-clodi-lokal-dan-impor-anti-tembus-6

Grovia tipe Hybrid Diaper Shell adalah rekomendasi merk clodi impor berikutnya. Clodi ini memiliki dua sistem penutup, yaitu hook and loop (velcro) dan snap. Bagian penutup kancing berfungsi untuk mengatur clodi agar sesuai dengan lingkar paha si kecil. 

Sementara bagian velcro, berfungsi untuk mengencangkan clodi sesuai dengan lingkar pinggang si kecil.

Grovia merupakan rekomendasi merk clodi impor yang menjadi favorit orangtua karena bahannya yang lembut sehingga kemampuannya dalam menyerap air. Desainnya yang sedemikian rupa juga meminimalisir bocor samping dan pantat saat dikenakan si kecil.

Harga: Mulai dari Rp 212.000

Itulah 5 rekomendasi merk clodi lokal dan impor. Selain ramah lingkungan, menggunakan clodi juga dapat menghemat pengeluaran, lho!

Editor: Dwi Ratih