Kelahiran Dibaca 5,565 kali

11 Rekomendasi Popok Bayi yang Bisa Ibu Pilih

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
11 Rekomendasi Popok Bayi yang Bisa Ibu Pilih

Popok bayi adalah salah satu kebutuhan bayi yang paling utama. Setiap bayi membutuhkan sekitar (sampai dengan) 12 popok per hari, sedangkan untuk anak yang sudah lebih, kebutuhan akan berkurang, yaitu sekitar delapan hingga sepuluh popok per hari. Perlahan sampai dengan anak mengerti akan kebutuhan buang air tanpa popok, maka penggunaan popok akan semakin berkurang.

Karena kebutuhan yang banyak, maka nggak jarang, biaya untuk membeli popok bayi ini menjadi masalah. Di sisi lain, membiarkan popok dengan maksud memanjangkan durasi penggunaan juga nggak baik, karena akan memicu masalah kulit bagi anak. Apakah menggunakan popok kain menjadi solusi yang baik? Yuk, simak kelemahan dan kelebihan antara popok kain dan popok sekali pakai.

Kelebihan dan Kelemahan Popok Bayi yang Terbuat dari Kain

Popok bayi yang terbuat dari kain, punya beberapa kelebihan. Di antaranya, Anda bisa memilih bahan yang aman bagi kulit bayi, misalnya bahan katun. Popok kain juga menjadi pilihan bagi para orang tua yang khawatir akan dampak bahan kimia (misalnya pewarna dan pengharum) seperti yang ada pada popok sekali pakai. Penggunaan popok kain membuat bayi lebih cepat menyadari jika popoknya basah, jadi Anda bisa menggantinya lebih cepat. 

Lalu apakah penggunaan popok kain ini bikin lebih hemat biaya? Memang, sih, biaya belinya menjadi lebih murah karena popok bayi kain ini bisa dipakai berulang. Tapi, perlu diingat juga, kalau pakai popok kain ini, artinya Anda mesti mencuci lebih banyak, artinya Anda membutuhkan lebih banyak air, listrik dan deterjen. Tugas yang semakin banyak, juga membutuhkan tenaga dan waktu Anda lebih banyak. Belum lagi, jika basahan merembes ke tempat tidur.

Kelemahan dan Kelebihan Popok Bayi Sekali Pakai

Pastinya, popok bayi sekali pakai ini jauh lebih praktis dan hemat waktu. Beberapa keunggulannya misalnya, sudah didesain khusus agar mudah dipakaikan pada bayi, tersedia beragam ukuran yang praktis menyesuaikan dengan kebutuhan bayi, mudah untuk dibawa, memiliki pengaman untuk mencegah bocor, punya daya serap yang baik, dst.

Ada pun kelemahan popok bayi sekali pakai, hal ini bisa bikin potty training jadi lebih sulit, karena popok yang nggak terasa basah, bikin anak nggak merasa terganggu. Kedua, meskipun disebut aman, beberapa bahan kimia pada popok sekali pakai bisa memicu alergi atau ruam popok pada sebagian bayi. Ketiga, sampah popok sekali pakai ini baru bisa terurai dalam waktu yang sangat lama. Terakhir, pastinya membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Itulah beberapa kelemahan dan kelebihan dari masing-masing jenis popok. Jika pilihan Anda adalah menggunakan popok bayi sekali pakai, berikut kami berikan beberapa rekomendasi produk. 

  1. MamyPoko Preemie Care

    MamyPoko Preemie Care

    Nggak perlu khawatir mengenai popoknya jika Anda memiliki bayi prematur atau yang punya berat badan rendah, karena tersedia MamyPoko Preemie Care. Produk ini punya beberapa keunggulan, yaitu desain produk mengikuti bentuk tubuh bayi, sangat elastis, dengan cutting line di bagian samping untuk memudahkan Anda mengganti popok tanpa mengganggu tidur bayi, memiliki wetness sign untuk memberi tanda kapan popok bayi mesti diganti, memiliki pelindung khusus untuk menjaga tali pusar yang belum kering, serta memiliki lapisan sirkulasi udara untuk mencegah ruam dan kulit bayi tetap kering. Bahan yang digunakan pun aman bagi kulit bayi yang amat sensitif. 

    MamyPoko Preemie Care punya tiga ukuran, yaitu Preemie XS, Preemie S dan Preemie. Untuk Preemie Care isi 26, berkisar di harga Rp75.000. MamyPoko punya toko online, yang bakal memudahkan kegiatan berbelanja Anda. Klik di sini untuk pemesanan. 

  2. MamyPoko Junior Night Pants

    MamyPoko Junior Night Pants

    Adalah popok untuk anak yang sudah lebih besar atau dalam tahap lanjut. MamyPoko Junior Night Pants ini diperuntukkan untuk digunakan ketika anak tidur di malam hari. Popok ini mampu menyerap hingga 400cc dan punya banyak pilihan gambar yang akan disukai anak. Celana malam ini tersedia dalam 2 ukuran, yaitu XXL (untuk anak dengan berat 15-25kg) dan XXXL (untuk anak dengan berat 18-35kg). Produk MamyPoko mudah didapat di berbagai pusat perbelanjaan atau di marketplace. Untuk popok ukuran besar isi 14, harganya sekitar Rp95.000. Anda bisa memesannya di sini. 

  3. Sweety Bronze OverNite Pants

    Sweety Bronze OverNite Pants

    Popok bayi ini, cocok, nih, untuk digunakan di malam hari. Karena mampu menahan hingga 8x pipis, maka masalah popok yang penuh nggak akan mengganggu tidur si Kecil. Popok bayi ini dibuat dengan bahan yang lembut, karet pinggang elastis serta perlindungan anti bocor. Sweety Bronze OverNite Pants bisa digunakan oleh bayi baru lahir hingga anak usia 4 tahun. Kemasan isi 14, seharga Rp95.000, klik di sini untuk pemesanan. 

  4. Merries

    Merries

    Brand Merries adalah popok bayi keluaran KAO. Selain ada penanda pipis dan berbahan lembut, popok bayi ini menggunakan perekat yang bisa dilepas pasang berulang kali untuk menyesuaikan. Popok bayi Merries memiliki rongga udara yang berlapis, untuk memastikan udara mengalir dengan baik, agar popok tetap kering dan tidak mengiritasi kulit. Teknologi terbarunya juga bisa menyerap pipis lebih banyak. Untuk estimasi harga Merries Pants Good Skin isi 20, yaitu Rp37.000. Untuk membeli produk ini, Anda nggak perlu repot keluar rumah, Bu, karena Anda bisa membeli secara online di sini.

  5. Pampers Premium Care New Baby

    Pampers Premium Care New Baby

    Untuk kulit bayi baru lahir yang masih ‘belajar’ beradaptasi, berikan perlindungan terbaik dengan Pampers Premium Care. Popok bayi ini mempunyai 5 keunggulan, di antaranya menggungakan bahan yang amat lembut, gel berdaya serap tinggi yang mampu menjaga popok bayi tetap kering selama 12 jam, perekat di bagian pinggangnya 2x lebih lentur, memiliki sirkulasi udara yang baik dan mencegah kulit bayi teriritasi. Untuk anak yang lebih besar, bisa menggunakan Pampers Premium Care Pants. Untuk popok bayi isi 48, harganya sekitar Rp166.000. Yuk, pesan di sini.

  6. Baby Happy

    Baby Happy

    Popok bayi Baby Happy, dibuat dengan mengutamakan kenyamanan untuk si Kecil. Produk ini memiliki daya serap yang cepat dan banyak. Permukaannya halus dan dibuat agar pipis nggak mudah bocor. Popok bayi Happy Baby tersedia mulai dari ukuran S hingga XL. Harga popok bayi ini terjangkau, untuk ukuran L isi 20, Rp43.000. Beli popok bayi praktis di sini.

  7. Huggies Ultra

    Huggies Ultra

    Huggies Ultra sudah terbukti secara klinis, bisa membantu mencegah ruam popok pada bayi. Huggies Ultra menggunakan bahan hipoalergenik dan pH yang seimbang untuk mencegah iritasi kulit. Mengandung aloe vera, vitamin E dan chamomile, yang selain untuk mencegah iritasi, juga dikenal untuk membantu mengatasi kemerahan pada kulit. Gel penyerapnya mampu mengunci cairan hingga 12 jam dan memiliki perekat yang bisa diatur penggunannya. Dengan segala kelebihannya, popok bayi Huggies varian ini harganya terbilang mahal, harga yang tertera pada marketplace berikut. harganya sekitar Rp225.000 untuk isi 32.

  8. GOO.N Excelent Dry

    GOO.N Excelent Dry

    Popok bayi merk GOO.N ini, nih, yang biasanya dipakai oleh bayi yang kulitnya mudah iritasi. Popok bayi merk ini memiliki pee lock system untuk menyerap dan ‘mengunci’ air seni agar nggak kembali naik ke permukaan, sehingga popok terasa tetap kering. GOO. N popok bayi memiliki pee sign, memiliki elastic tape untuk memudahkan bayi bergerak. Lainnya adalah lapisan bergelombang yang meminimalisir permukaan popok menempel pada kulit bayi dan lapisan berpori yang juga berfungsi menjaga kulit tetap kering. GOO.N popok bayi ideal untuk bayi baru lahir hingga anak dengan bobot 20kg. GOO.N Pants isi 50, berkisar di harga Rp130.000. Klik di sini untuk memesan. 

  9. Nepia Genki

    Nepia Genki

    Nepia Genki popok bayi, dikenal dengan bahannya yang lembut. Popok ini ada indikatornya, agar Ibu tahu apakah popok bayi sudah harus diganti atau belum, bahan yang digunakan nggak bikin kulit bayi iritasi dan punya daya tampung yang sangat baik. Popok bayi Nepia Genki ada dua jenis yaitu Tape, yang bisa dipakai untuk bayi baru lahir hingga anak dengan berat badan 17kg. Jenis lainnya adalah Pants, untuk anak dengan bobot 7-25kg. Klik di sini untuk membeli produk ini. Nepia Genki Pants isi 30 seharga Rp140.000. 

  10. Pokana Pants Super

    Pokana Pants Super

    Berbeda dengan popok bayi lainnya, setiap popok Pokana Pants dikemas satu per satu dalam plastik agar lebih higienis. Popok bayi ini dibuat dari bahan berkualitas untuk mencegah iritasi kulit, berdaya serap tinggi dan elastis, sehingga nggak mengganggu pergerakan bayi. Kelebihan lainnya adalah Pokana Pants punya banyak sekali gambar yang menarik. Popok bayi merk ini biasanya dijual secara online, salah satunya di marketplace berikut. Pokana Pants size L isi 20 Rp50.000. 

  11. Bambo Nature

    Bambo Nature

    Popok bayi Bambo Nature adalah green diaper (ramah lingkungan) pertama di Indonesia. Popok bayi ini terbuat dari serat bambu yang menjadikan teksturnya amat lembut. Popok ini bebas dari pewarna, pengharum dan pemutih, jadi sangat baik untuk mencegah alergi pada bayi. Popok bayi Bambo Nature punya daya serap dan sirkulasi udara yang baik. Hebatnya lagi, 75% kandungan popok ini adalah biogradable atau mampu mengurai sendiri. Beberapa pusat perbelanjaan berikut menjual produk Bambo Nature, atau Anda bisa membelinya online. Untuk popok isi 28, estimasi harganya adalah Rp180.000. 

Buat yang butuh tips untuk membeli popok bayi, ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan. Pertama, selagi Anda belum menemukan yang aman dan nyaman untuk bayi Anda, ada baiknya untuk tidak membeli popok bayi langsung dalam jumlah besar. Kedua, supaya nggak sia-sia, sebaiknya menunggu sampai bayi lahir sebelum membeli popoknya, hal ini supaya Anda mengetahui dengan pasti berat badan bayi dan untuk menyesuaikan ukurannya. Ketiga, pilih popok bayi yang punya daya serap baik. Popok bayi dengan daya serap yang buruk akan memicu kelembapan dan menimbulkan ruam (diaper rash). Keempat, pilih popok bayi yang bebas klorin, pewangi dan pewarna agar tidak menimbulkan reaksi sensitif pada kulit bayi.

Selamat mencoba.

(Stephanie)