Balita

Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir Wajib Punya

Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir Wajib Punya

Bunda yang sedang hamil anak pertama, pasti bertanya-tanya perlengkapan apa saja yang dibutuhkan pada beberapa minggu pertama setelah si kecil lahir? Sebenarnya tidak semua orang memiliki pendapat sama tentang barang yang wajib dimiliki para ibu dan newborn.

Namun, tetap saja ada beberapa barang penting yang dibutuhkan setiap newborn dan harus dibeli, seperti tempat untuk tidur, kursi yang aman di dalam mobil, popok, dan beberapa perlengkapan untuk makan dan bermain. Daftar barang berikut ini bisa menjadi rujukan Anda saat menyiapkan barang yang harus dibeli untuk si kecil nanti:

Perlengkapan ibu

  • Pembalut dan panty liner. Bunda perlu menggunakan pembalut berukuran besar dengan daya serap tinggi setelah persalinan. Saat darah nifas mulai berkurang, biasanya ini terjadi dalam dua atau tiga minggu setelah lahir, Anda bisa menggunakan panty liner.
  • Bra menyusuiGunakanlah bra berbahan 100 persen katun tanpa kawat di bagian dalamnya demi kenyamanan Bunda. Beberapa bra menyusui tersedia dalam bentuk kait atau tali di bagian cup. Bunda bisa mencoba beberapa model untuk menentukan mana yang paling cocok.
  • Bantalan payudara (breast pad). Masukkan ini ke bagian cup bra dan baju Anda agar terjaga dari ceceran ASI. Seperti halnya popok, bantalan ini tersedia dalam bentuk kain atau sekali pakai. Untuk pilihan sekali pakai, gunakan bantalan dengan bagian berperekat. Bantalan kain bisanya terbuat dari bahan flanel dan perlu dicuci secara teratur.

Perlengkapan mengganti popok

  • Tisu basah. Ini dapat digunakan untuk membersihkan bagian bokong bayi saat penggantian popok.
  • Krim popok. Bunda dapat menggunakan ini pada kulit bayi untuk mencegah terjadinya ruam popok.
  • Popok. Pada minggu-minggu awal ketika bayi baru lahir, Bunda akan banyak menghabiskan waktu untuk mengganti popok si kecil. Sekitar 80 persen orangtua memilih popok sekali pakai. Tapi ada juga orangtua yang memilih menggunakan popok kain atau popok yang bisa dicuci berkali-kali. Bunda bisa menentukan jenis popok apa yang ingin Anda gunakan. Yang perlu diingat, setiap newborn setidaknya akan memerlukan 10 sampai 12 popok setiap hari selama beberapa minggu pertama.
  • Wadah popok bekas pakai. Anda membutuhkan benda ini untuk menyimpan popok bekas pakai sebelum membuangnya ke tempat sampah. Bunda juga bisa memilih wadah dengan kemampuan menyembunyikan bau popok lho.
  • Tas popok (diaper bag)Bunda perlu membawa serta semua perlengkapan yang dibutuhkan si kecil saat mengajaknya bepergian. Untuk itu, pilihlah tas yang Anda suka tampilannya, tidak harus memilih tas bermotif yang disukai anak kecil karena tas ini akan menjadi bagian dari penampilan Anda selama beberapa bulan ke depan. Sebaiknya pilih diaper bag yang bentuknya praktis, terbuat dari lapisan tahan air, dan memiliki banyak kantong untuk menyimpan barang-barang, seperti kunci, dompet, dan handphone.

Perlengkapan menyusui

  • Botol dan dot susu. Meskipun Bunda berencana menyusui secara eksklusif, sebaiknya Anda tetap perlu memiliki botol dan dot susu di rumah untuk berjaga-jaga saat Bunda harus memompa ASI. Bila berencana memberi susu formula, Bunda setidaknya harus memberikan 10 botol susu ke si kecil dengan ukuran 4 ounce dalam sehari.
  • Bantal menyusui. Bantal unik ini akan membantu Anda merasa nyaman dalam menyangga tubuh bayi selama menyusui.
  • Krim puting. Kegiatan menyusui dapat membuat puting susu luka atau kering. Penggunaan krim puting dapat membantu Anda mengatasi kulit kering, tumit pecah, dan menyembuhkan rasa sakit.
  • Bib atau kain alas sendawa. Ini berguna untuk melindungi baju bayi dari gumohnya.
  • Pompa ASI. Bunda mungkin akan memerlukan alat ini jika Anda berencana memberi ASI eksklusif. Suami atau babysitter nantinya dapat mengambil alih tugas memberi susu ke si kecil jika Bunda memberinya ASI perah.
  • Susu formula. Jika Bunda tidak bisa atau tidak merencanakan untuk memberi ASI, ada banyak merek susu formula yang bisa Anda pilih.

Perlengkapan mandi

  • Sabun dan shampo bayiGunakan sedikit saja setiap memakainya dan pastikan komposisinya ringan untuk bayi.
  • Bak mandi bayi. Anda bisa menggunakan bak mandi khusus untuk menahan bayi yang aktif bergerak sehingga aman baginya dan tidak membuat punggung Anda lelah.
  • Handuk bertudungBanyak ibu yang merasa jika membungkus seluruh tubuh bayi, termasuk bagian kepalanya, dengan handuk ini akan membuat bayi mereka tetap hangat setelah mandi.

Perlengkapan tidur

  • Tempat tidur. Bunda mungkin akan membutuhkan tempat tidur bayi, kecuali jika Anda memang berencana untuk menidurkan si kecil di tempat tidur Anda.
  • Sprei. Siapkan setidaknya dua set seprei untuk tempat tidur bayi agar Anda tidak panik saat harus mencucinya. Jauhkan semua selimut dari tempat tidur si kecil karena ini berpotensi mengakibatkan SIDS (Sindrom kematian mendadak pada bayi). Para ahli bahkan menyarankan untuk tidak meletakkan apapun di tempat tidur bayi untuk menghindari resiko ini.
  • Kasur. Gunakan kasur untuk tempat tidur bayi yang dilengkapi dengan pegas atau busa didalamnya.

Perlengkapan untuk menenangkan bayi

  • Ayunan bayi. Kini tersedia ayunan bayi pengoperasiannya menggunakan baterai. Gerakan ayunan ke depan dan belakang dapat menenangkan bayi yang rewel dan membuat tangan Anda bisa melakukan hal lain.
  • EmpengSetiap bayi mungkin membutuhkan sesuatu untuk dihisap dan empeng bisa menjadi solusinya. Empeng bisa menenangkan bayi yang rewel saat Anda dalam perjalanan atau membutuhkan waktu untuk beristirahat.
  • Lampu redup. Jenis lampu ini akan membuat Anda leluasa menyusui di malam hari dan mengganti popok si kecil tanpa harus menyalakan lampu biasa yang dapat membangunkan bayi yang sedang tidur.
  • Kursi goyang bayi (baby bouncer). Jika Bunda membeli ini, jangan lupa menggunakan tali pengaman pada kursi goyangnya, dan sandarkan bayi dengan sudut 45 derajat supaya ia nyaman. Kursi ini dirancang untuk menenangkan bayi yang sedang rewel.

Perlengkapan bepergian

  • StrollerBunda dapat menggunakan kereta bayi dengan posisi duduk datar ketika membawa newborn. Bayi sebaiknya tidak diposisikan untuk duduk tegak hingga ia berusia sekitar 3 bulan atau sampai otot lehernya mulai kuat.
  • Gendongan bayiBayi yang baru lahir sangat suka digendong erat ke tubuh ibunya. Suhu hangat tubuh dan detak jantung Bunda bisa menenangkannya. Bunda bisa memilih bentuk gendongan yang membuat tangan Anda leluasa melakukan aktifitas lain.

Perlengkapan bayi yang tak perlu Anda beli

Anda saat ini mungkin harus banyak membuat keputusan besar, mulai dari makanan yang perlu Anda konsumsi, memilih nama bayi, hingga menentukan perlengkapan bayi apa saja yang nantinya akan Anda butuhkan.

Bila belum membuat daftar barang yang akan dibeli, mungkin Anda merasa ada banyak sekali perlengkapan bayi yang perlu Anda siapkan. Tapi sebenarnya Bun, ada beberapa item perlengkapan bayi yang tidak perlu Anda beli.

Coba lihat daftar berikut ini, Anda dan buah hati tak akan kesusahan bila Anda tidak membeli perlengkapan bayi berikut ini:

  1. Bantalan pelindung (bumper) di tempat tidur bayi

    Memang perlengkapan bayi ini punya bentuk yang lucu dan punya tujuan yang baik, siapa yang tidak ingin melindungi bayi agar tidak menabrak dinding tempat tidur bayi yang keras? Tapi bantalan pelindung ini terbukti berisiko sindrom kematian mendadak pada bayi. Jadi demi keamanan, hapus item ini dari daftar belanja Anda.

  2. Baju ukuran bayi baru lahir

    Anda akan sangat mudah tergoda untuk membeli pakaian bayi dengan ukuran newborn, karena sangat kecil dan lucu, tapi baju kecil ini hanya pas untuk bayi hingga beratnya beberapa kilo. Bahkan mungkin bayi Anda sudah terlalu besar untuk memakainya sebelum ia lahir. Anda bisa pilih ukuran baju usia 3 bulan yang bisa dipakai bayi hingga beratnya 5,5 kg.

  3. Popok untuk newborn

    Perlengkapan bayi ini bukan tidak perlu dibeli sama sekali, tapi jangan berlebihan membelinya. Meski membeli popok dalam jumlah banyak bisa menghemat uang, ini tidak berlaku untuk ukuran bayi baru lahir. Popok newborn hanya cocok untuk bayi hingga beratnya 4,5 kg,  yang sangat dekat dengan berat saat lahir. Bila dokter memprediksi bayi Anda besar, popok ukuran newborn mungkin tidak bisa digunakan.

  4. Meja ganti

    Beberapa ibu merasa membutuhkan item ini, tapi bila keuangan dan ruangan Anda tidak mencukupi, meja ganti bisa Anda lewatkan. Ketika memiliki bayi, Anda tidak akan hanya menggunakan satu ruang ketika mengganti popok. Anda bisa beli beberapa alas  ganti dan Anda bisa mengganti popok di tempat tidur, sofa, bahkan di lantai, tak perlu punya meja ganti khusus.

  5. Selimut bayi

    Memang benar, Anda tak perlu membeli selimut bayi, karena tetangga, kerabat, serta teman akan menghadiahkan item ini untuk Anda, dan Anda akan punya selimut beragam warna untuk buah hati. Jadi tak perlu membeli perlengkapan bayi ini, kecuali ada selimut khusus yang Anda inginkan.

  6. Makanan bayi dan baby food maker

    Makanan bayi yang dijual di toko memang praktis, tapi tak sulit kok menghaluskan dan membuat makanan bayi sendiri, yang menyebabkan lebih banyak ibu membuat puree dan finger food sendiri.

    Tak perlu gunakan baby food maker, Anda bisa buat makanan bayi menggunakan blender. Dengan begitu Anda bisa menghemat uang dan bisa mengontrol apa yang bayi makan.

  7. Bak mandi untuk newborn

    Ini jadi perlengkapan bayi lainnya yang tak perlu masuk daftar item belanjaan Anda. Bayi Anda hanya jadi newborn untuk 3 bulan saja. Anda lebih baik membeli bak mandi dengan ukuran lebih besar dengan tambahan pengaman yang bisa digunakan untuk bayi baru lahir.

  8. Handuk untuk newborn

    Handuk bayi jadi perlengkapan bayi yang tidak perlu Anda beli. Bayi bisa menggunakan handuk dewasa. Bahkan sering kali handuk bayi tipis dan tidak menyerap dengan baik. Memang bentuknya lucu, tapi Anda akan jarang menggunakannya.

  9. Deterjen pakaian bayi

    Setelah bayi lahir, Anda akan banyak menghabiskan waktu mengurus baju kotor. Anda selalu sibuk dengan tumpukan pakaian yang terkena pipis maupun gumoh bayi. Berkebalikan dengan apa yang Anda pernah dengar, Anda tidak perlu mencuci pakaian bayi dengan deterjen khusus. Yang Anda butuhkan adalah produk sabun cuci yang tidak mengandung parfum dan pewarna yang bisa mengiritasi kulit bayi.

    Memilih produk sabun biasa akan menghemat uang serta waktu Anda karena Anda bisa mencuci pakaian bayi bersama dengan pakaian anggota keluarga lain.

  10. Baby timer

    Alat ini mudah dibawa untuk mengecek waktu menyusu, mengganti popok, dan tidur. Kenyataannya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli timer ketika Anda bisa dengan mudah mengetahui semua hal dengan pulpen dan kertas. Bila Anda ingin menggunakan teknologi, aplikasi seperti Total Baby dan Baby Geek punya tujuan yang sama dan lebih hemat dari segi harga.

  11. High chair

    Bayi tidak perlu tempat khusus untuk makan, lagi pula kursi berukuran besar ini mahal dan makan banyak tempat di rumah Anda. Ukurannya yang besar sehingga sulit disimpan, cepat kotor oleh makanan, dan menjadi benda yang harus selalu Anda bersihkan. Anda bisa pilih high chair yang lebih hemat tempat, yang cukup ditempelkan pada sebuah kursi. Pilihan ini jauh lebih murah, hemat tempat, dan Anda tidak perlu membeli booster seat nantinya.

  12. Baby food processor

    Anda tak perlu perlengkapan bayi yang satu ini. Selain baby food processor harganya mahal, perlengkapan kecil ini akan menambah berantakan dapur Anda. Food processor biasa bisa berfungsi sama seperti versi untuk bayi dan Anda masih bisa menggunakannya setelah bayi tidak lagi makan MPASI. Anda bisa juga gunakan blender biasa yang lebih mudah digunakan dan dibersihkan.

  13. Tas bayi

    Meski Anda perlu wadah untuk membawa semua kebutuhan bayi, yang Anda tidak butuhkan adalah tas popok yang sangat mahal. Memang kebanyakan tas bayi punya tampilan menarik, tapi kebanyakan tidak punya fitur spesial yang membuatnya khusus untuk bayi. Tas ransel biasa bisa berfungsi sama.

  14. Pembersih botol

    Panci dan air mendidih di atas kompor bisa menggantikan fungsi pembersih botol (bottle sanitizer), jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

  15. Penghangat botol

    Banyak orangtua merasa perlengkapan bayi ini tidak menghemat waktu tapi menambah pengeluaran.

Bunda, bila Anda menantikan kelahiran buah hati, Anda bisa dengan mudah tergoda iklan untuk membeli berbagai produk perlengkapan bayi. Tapi Bun, kebanyakan barang ini tidak Anda butuhkan dan kebanyakan hanya digunakan untuk waktu singkat saja.

Bayi Anda bisa tetap aman dan bahagia bila Anda berpikir sebentar sebelum menghabiskan uang untuk keperluan buah hati. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Pastikan Anda mudah membersihkannya. Hindari produk yang tidak bisa dengan mudah Anda bersihkan.
  • Hindari produk dengan satu fungsi saja atau didesain khusus untuk bayi, agar bisa digunakan tidak hanya untuk bayi di tahun-tahun ke depan.
  • Beli dalam jumlah sedikit item seperti dot sebelum tahu mana yang cocok untuk bayi. Meski Anda punya banyak jenis dot, tak ada gunanya bila bayi pilih-pilih.
  • Biarkan barang tetap berada di kemasannya dan jangan lepas label harga hingga Anda membutuhkannya.
  • Bila ragu untuk membeli, tunggu dulu. Situasi tiap orang berbeda dan tiap orangtua dan tiap bayi juga berbeda. Apa yang sangat berguna untuk teman baik Anda bisa sangat tidak bermanfaat untuk Anda atau si bayi malah membencinya. Tunggu hingga Anda membutuhkannya lalu cari produknya, atau coba atasi kebutuhan Anda tanpa membeli sesuatu. Ingat, bayi tumbuh dengan sangat cepat, jangan tergesa-gesa membeli semua kebutuhan bayi dalam sekali waktu.

(Isma)