Balita

6 Cara Membuat Bayi Cepat Tidur Dengan Nyaman Dan Nyenyak

6 Cara Membuat Bayi Cepat Tidur Dengan Nyaman Dan Nyenyak

Malam hari merupakan waktu yang tepat bagi semua orang untuk beristirahat. Sebab, ibarat baterai tubuh butuh diisi daya atau energinya dengan cara tidur di malam hari.

Sama halnya dengan bayi, ia pun butuh tidur yang nyenyak setiap malam. Demi mendukung perkembangan otaknya agar bisa tumbuh lebih baik.

Sayangnya nggak semua bayi bisa tidur nyenyak dan cepat setiap malam ya Bu. Namun, Ibu tak perlu khawatir karena ada banyak cara membuat bayi cepat tidur yang bisa kamu lakukan di rumah lho!

Tapi yang nggak boleh dilewatkan, penting untuk tidak melakukan stimulasi yang berlebihan menjelang jam tidur bayi. Tujuannya agar otaknya menjadi lebih rileks dan bisa tidur dengan cepat.

Nah, untuk itu yuk simak terlebih dahulu berbagai tips dan cara membuat bayi cepat tidur yang dirangkum dalam ulasan berikut ini!

6 cara membuat bayi cepat tidur


Ketika bayi sudah digantikan popok dan bajunya, tapi kenapa si kecil nggak mau tidur ya? Tenang, kamu jelas nggak sendiri ya Bu!

Ini merupakan keluhan banyak orang tua, terutama orang tua baru. Padahal  melansir Cleveland Clinic ada banyak cara membuat bayi cepat tidur yang bisa kamu lakukan lho, simak 6 cara berikut yuk!

1. Buat jadwal tidur yang teratur


Bayi baru lahir tentu belum memiliki jadwal tidur yang tepat setiap hari. Mereka butuh adaptasi yang lebih lama dan semua bayi jelas memiliki perbedaan mengenai hal ini.

Salah satu cara agar bayi cepat tidur di malam hari yang perlu kamu ketahui adalah dengan membuat jadwal tidur yang teratur. Dimulai dari tidur pagi, siang, sore hingga malam hari.

Menurut dokter spesialis anak Dr. Maureen Ahmann membuat jadwal tidur yang benar setiap hari dapat membantu bayi tidur lebih lelap, terutama saat malam. Itu sebabnya di luar jam tidur atau di jam bermainnya, usahakan berikan stimulasi yang cukup. Tujuannya agar bayi merasa lebih ‘lelah’ sehingga lebih lelap saat tidur.

2. Mengayun dan membuat bayi merasa nyaman


Cara membuat bayi cepat tidur selanjutnya adalah dengan membuat bayi merasa nyaman. Pertama-tama Ibu mungkin bisa menggantikan baju dan popok si kecil, lalu buatlah suasana ruangan menjadi lebih redup dan nyaman.

Setelahnya Ibu bisa menggendong dan mengayunkan tubuh secara perlahan. Ini merupakan teknik menenangkan yang paling terkenal, tentunya bisa didukung dengan beberapa cara lain seperti;

  • Membedong bayi;
  • Melakukan pijatan lembut;
  • Menyanyikan nyanyian favoritnya;
  • Memastikan bayi kenyang sebelum tidur; dan
  • Memutar alunan musik yang lembut dan suara tenang seperti white noise.

3. Ajarkan konsep waktu siang dan malam pada bayi


Tips agar bayi cepat tidur selanjutnya yang bisa Ibu lakukan di rumah adalah dengan mengajarkan konsep waktu siang dan malam pada bayi. Ini merupakan cara yang cukup ampuh yang seringkali dilakukan oleh orang tua kita sejak dahulu.

Hal ini juga didukung beberapa penelitian yang dilansir Healthline yang menjelaskan bahwa saat di dalam kandungan pandangan bayi akan selalu gelap dan membuat ia lebih sering tertidur. Ini menandakan bahwa bayi lebih nyaman tidur dalam keadaan ruangan yang redup.

Dengan kata lain, mematikan lampu saat si kecil tidur di malam hari dapat mengajarinya mengenai konsep siang dan malam. Di mana saat malam hari dan lampu dimatikan itu berarti sudah waktunya tidur, sementara saat terang menandakan hari sudah siang dan ia bisa bermain dengan orang tuanya.

4. Lakukan rutinitas yang sama tiap kali tidur malam


Cara membuat bayi tidur cepat yang satu ini mungkin perlu dilakukan sejak bayi lahir ya Bu. Agar tercipta kebiasaan untuk tidur lebih cepat sejak dini.

Selain membuat bayi tenang, Ibu juga bisa membacakan buku cerita dan nyanyian yang menenangkan setiap waktu tidur. Hal ini bertujuan agar si kecil menyadari transisi saat mereka harus tidur, tetapi tidak cukup sadar untuk membuatnya menangis atau kembali terjaga.

Aktivitas ini bisa Ibu mulai sebelum bayi terlihat mengantuk di ruangan tenang dan terang. Sekali lagi, pastikan memperkenalkan bayi bahwa ruangan gelap adalah tanda tidur pada malam hari ya Bu!

5. Terapkan self shooting jika bayi terbangun di malam hari


Selain memberikan susu ketika bayi bayi haus dan bangun di malam hari, Ibu juga bisa menerapkan self shooting pada si kecil sejak dini. Melansir Medical News Today self shooting adalah proses bayi menenangkan diri sendiri agar bisa tertidur atau kembali tidur sesaat setelah terbangun.

Biasanya ketika terbangun bayi mungkin akan menangis atau tidak menangis sama sekali. Self shooting bisa dilakukan pada bayi usia berapa pun, termasuk pada bayi yang mungkin memiliki kendala untuk tidur lelap. Meski sudah di tenangkan oleh orang tuanya.

Metode self shooting bisa menjadi cara membuat bayi cepat tidur asalkan lingkungannya juga mendukung. Dalam artian ruang tidurnya harus nyaman, bayi sudah digantikan baju dan popok, bayi sudah kenyang dan suasana ruangan redup.

6. Perhatikan tanda bayi mengantuk


Karena keasyikan bermain, terkadang membuat orang tua tidak sadar tanda bayinya sudah mengantuk. Padahal ketika tanda ini sudah terlihat bayi mungkin bisa menjadi lebih cepat tertidur lho!

Beberapa tanda ketika bayi sudah mulai mengantuk, seperti menggosok mata, menguap, melamun atau memandang jauh, serta lebih rewel dari biasanya. Selain memperhatikan tanda bayi mengantuk, Ibu juga perlu memastikan si kecil selalu tidur siang dengan nyenyak.

Tidur siang untuk bayi sebaiknya tidak lebih dari 3-4 jam, terutama tidur siang terakhir dalam satu hari. Hal ini karena tidur siang panjang dapat mengganggu tidur malam bayi.

Nah, itu tadi merupakan cara membuat bayi cepat tidur yang bisa Ibu terapkan di rumah. Semoga tips ini bisa membantu membuat si kecil lebih cepat tidur tiap malam ya Bu.

Editor: Dwi Ratih