Balita

Bayi Berenang Di Kolam Renang Umum, Aman Nggak Ya?

Bayi Berenang Di Kolam Renang Umum, Aman Nggak Ya?

Berenang merupakan kegiatan yang baik untuk si kecil. Bahkan berenang bisa dilakukan sejak bayi berusia 4-6 bulan atau sesuai dengan berat badan idealnya ya Bu.

Biasanya, bayi akan tampak senang ketika diajak berenang oleh orang tuanya. 

Nah, selain baik untuk tumbuh kembangnya berenang juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif, melatih keseimbangan serta dapat memperbaiki pola tidur dan pola makan si kecil.

Mengajarkan bayi berenang bisa dimulai di kolam renang pribadi di rumah atau di tempat spa khusus bayi. Tapi nggak menutup kemungkinan orang tua juga bisa mengajak bayi berenang di kolam renang umum lho!

Yup, mengajak bayi berenang di kolam renang umum ternyata boleh dilakukan. Namun, orang tua harus memperhatikan beberapa tips dan syarat khusus demi keamanan bayi ya Bu.

Lalu apa saja sih tips membawa anak ke kolam renang umum yang perlu diperhatikan? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini yuk!

Kapan boleh membawa bayi berenang di kolam renang umum? 


Sebenarnya jika melansir Healthline secara teknis tak ada batas usia kapan boleh membawa bayi berenang di kolam renang umum. 

Namun, para ahli sepakat untuk meminimalisir kemungkinan adanya gangguan kesehatan dan cedera pada bayi maka orang tua bisa membawa bayi berenang di kolam renang umur mulai dari usia 6 bulan.

Selain itu, menunggu bayi berusia 6 bulan untuk berenang di kolam renang umum juga lebih aman untuk sistem kekebalan tubuhnya. Sebab di usia tersebut bayi dianggap lebih memiliki sistem kekebalan tubuh atau antibodi yang cukup kuat di bandingkan bayi di bawah usia 6 bulan.

Selain itu, untuk membawa bayi berenang di kolam renang umum sebenarnya ada tips dan panduan khususnya ya Bu. Salah satunya termasuk suhu atau temperatur air kolam yang harus sesuai dengan kondisi tubuh bayi.

Orang tua juga harus teliti memilih kolam renang yang tampak lebih bersih guna menghindari bayi terinfeksi berbagai penyakit yang terdapat dalam kolam renang umum tersebut. 

Meskipun di kolam renang umum biasanya sudah diberikan zat penjernih air seperti kaporit atau klorin, namun bukan tidak mungkin zat tersebut justru bisa menimbulkan alergi pada kulit bayi yang sensitif ya Bu.

Tips membawa anak ke kolam renang umum


Membawa bayi berenang di kolam renang umum sebenarnya boleh dilakukan asalkan usia bayi sudah cukup yakni mulai dari usia 6 bulan ke atas.

Melansir Baby Centre ternyata ada hal lain yang perlu orang tua perhatikan sebelum membawa bayi berenang di kolam renang umum.

Tujuannya tak lain demi keamanan dan kesehatan bayi setelah berenang. Berikut adalah tips membawa anak ke kolam renang umum yang perlu Ibu perhatikan:

1. Pastikan suhu air sesuai

Membawa bayi berenang di kolam renang umum nggak boleh sembarangan ya Bu. Orang tua harus memperhatikan suhu air yang sesuai dengan Ph kulit bayi agar ia tidak kedinginan dan tetap merasa nyaman berada di air.

Usahakan agar si kecil berenang di suhu air yang cukup hangat yakni sekitar 32 derajat Celcius. Ibu juga bisa memakaikan baju renang hangat atau wetsuit untuk menjaga tubuh bayi tetap terasa hangat.

2. Peka jika bayi mulai tampak kedinginan

Biasanya bayi yang mulai kedinginan di dalam kolam renang bibirnya tampak biru, tidak semangat diajak bermain dan lain sebagainya. Orang tua harus peka jika si kecil mulai tampak menunjukkan kedinginan ya Bu. 

Segera keluarkan anak dari kolam dan selimuti dengan handuk. Ibu juga bisa memeluknya sejenak sebelum membilas tubuhnya dengan air hangat. Bayi memang tidak boleh berada di kolam renang terlalu lama, maksimal hanya 20-30 menit saja.

3. Berenang bertahap

Mulailah dengan sesi 10 menit dan tingkatkan hingga 20 menit. Usahakan perkenalkan dengan suhu air dengan cara menyiram sedikit ke kaki bayi sambil diajak bermain, ini termasuk dalam sesi pemanasan agar bayi tidak kaget. Sebaliknya jangan langsung mengajak bayi masuk ke kolam tanpa pemanasan terlebih dahulu ya Bu.

4. Jangan berenang jika bayi sakit

Ketika bayi sakit usahakan jangan ajak bayi berenang di kolam renang umum ya Bu. Tidak hanya pilek, batuk ataupun demam, bayi yang mengalami kolik dan sedang mengalami gangguan pada pencernaan ada baiknya tidak berenang terlebih dahulu. 

Sebab, berenang hanya akan membuat tubuh bayi makin terasa tidak nyaman. Setidaknya tunggu koliknya hilang hingga 48 jam, baru bayi boleh berenang.

5. Pastikan kulit bayi tidak sensitif

Jika bayi memiliki masalah pada kulit, punya kulit yang sensitif sebaiknya tanyakan terlebih dahulu mengenai bolehkah bayi berenang di kolam renang umum pada dokter. Ini berguna untuk memastikan zat klorin di dalam kolam renang umum tidak akan mengiritasi kulitnya.

6. Bilas tubuh bayi dengan air bersih

Seteleh bayi berenang di kolam renang umum, ada baiknya selalu biasakan membilas tubuh bayi dengan air bersih dan hangat sebelum menggantikan baju. Hal ini bertujuan untuk memastikan zat klorin di dalam kolam renang tidak menempel di kulit bayi. 

Sehingga membuat kulitnya menjadi kering dan bermasalah di kemudian hari. Ibu juga bisa mengoleskan pelembab atau lotion ke seluruh kulitnya, terutama jika ia memiliki kulit kering atau eksim.

7. Pilih kolam renang umum yang terjaga kebersihannya

Hal ini mungkin agak sedikit susah dilakukan di Indonesia ya Bu, namun ternyata masih banyak kolam renang umum yang memang sangat menjaga kebersihan dan kualitas airnya di beberapa tempat. 

Kamu juga bisa mencari info lebih lanjut mengenai tempat kolam renang umum yang hendak kamu pilih sebelum membawa bayi berenang di kolam renang umum.

Manfaat berenang untuk bayi


Berenang punya banyak manfaat untuk bayi selain bisa meningkatkan kemampuan kognitifnya ya Bu. Melansir Aqua Babies manfaat berenang bagi bayi pun nggak hanya sekadar membuatnya menjadi lebih bahagia. Berikut adalah manfaat berenang untuk bayi yang perlu orang tua ketahui:

  • Menunjang perkembangan otak bayi
  • Membantu bayi lebih bebas bergerak
  • Meningkatkan bonding antara orang tua dan anak
  • Membuat bayi lebih percaya diri
  • Melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh bayi
  • Memperbaiki pola tidur
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Membangun massa otot dan memperkuat organ vital bayi.

Saat membawa bayi berenang di kolam renang umum, pastikan harus diawasi dengan ketat oleh orang tua ya Bu. Segera bawa bayi keluar dari air dan hangatkan dengan handuk apabila si kecil nampak menggigil kedinginan.

Editor: Dwi Ratih