Balita

Bimbang Pilih Sepatu Barefoot Bayi? Simak Rekomendasinya!

Bimbang Pilih Sepatu Barefoot Bayi? Simak Rekomendasinya!

Menggunakan sepatu barefoot bayi atau langsung dengan sol sebenarnya menghadirkan pro kontra tersendiri.

Sepatu barefoot bayi adalah sepatu yang didesain tanpa halangan sehingga saat dipakai seperti tidak sedang memakai sepatu. Rasanya seperti bertelanjang kaki namun dengan proteksi kaki.

Dampak positif memakai sepatu barefoot bayi

jangan-bimbang-ini-alasan-memilih-sepatu-barefoot-bayi-1

Memakai sepatu barefoot bayi memiliki efek positif tersendiri bagi si kecil. Apa sajakah?

1. Memudahkan anak belajar jalan

Sepatu yang menggunakan sol dapat menyulitkan anak yang sedang belajar berjalan. Sol yang terlalu tinggi, material yang terlalu keras, hingga alas sepatu yang bergelombang dapat membuat anak kesulitan menyeimbangkan dirinya saat belajar berjalan. Efeknya, anak akan lebih mudah terjatuh saat berjalan

Ternyata, banyak anak yang malah ngambek saat dipakaikan sepatu bersol dan lebih memilih berjalan dengan bertelanjang kaki. Oleh karena itu, dengan memberikan sepatu barefoot bayi, diharapkan otot kaki anak lebih mudah bergerak saat mereka berjalan dan anak tetap dapat merasakan jalan telanjang kaki dengan kaki yang lebih terproteksi.

Sepatu barefoot bayi dibuat dengan sol rata yang tidak mengganggu pergerakan anak. Selain itu, sepatu barefoot bayi memberikan kefleksibelan yang tidak mengganggu mobilitas anak. Bagian materialnya juga dibuat lentur dan tidak melukai kaki anak.

2. Memaksimalkan pertumbuhan kaki secara alami

Kaki manusia paling baik kondisinya  untuk bertumbuh pada saat bertelanjang kaki. Ini disebabkan karena perkembangan struktur tulang, sendi, dan otot kaki si kecil belum sempurna. Oleh karena itu, akan lebih baik jika memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertelanjang kaki agar kaki berkembang secara alami.

Namun tidak selamanya bertelanjang kaki dapat dilakukan. Sepatu barefoot bayi membantu perkembangan kaki anak secara alami dengan memberikan perlindungan kaki namun tetap terasa seperti sedang bertelanjang kaki.

3. Mengurangi kemungkinan kaki lecet

Sol sepatu yang tinggi dan tebal dapat membuat anak sulit bergerak dan meningkatkan kemungkinan kaki anak terkilir. Saat mereka bergerak cepat dan belum mampu mengendalikan diri, kaki anak bisa saja terkilir dan jatuh karena belum bisa menjaga keseimbangan. 

Material sepatu yang kaku dan kasar juga cenderung membuat kaki anak lecet karena gesekan yang terjadi selama memakai sepatu.

4. Tidak mengganggu perkembangan kaki anak

Sepatu barefoot bayi memiliki desain lebar sehingga kaki anak bisa lebih leluasa bergerak tanpa tertekan bentuk sepatu. Bahkan, sepatu ini mengikuti bentuk kaki. Dengan kata lain, sepatu barefoot bayi memiliki bentuk sepatu yang ergonomis.

Bentuk bagian depannya melebar dan tidak mengerucut seperti kebanyakan sepatu bersol keras. Anak yang memiliki jenis kaki melebar akan lebih senang karena kakinya tidak terhimpit.

Rekomendasi merk sepatu barefoot bayi

Meski tidak sebanyak seperti sepatu memiliki sol, ada beberapa rekomendasi merk sepatu barefoot bayi baik produk lokal maupun impor. Apa sajakah?

1. Pyopp

jangan-bimbang-ini-alasan-memilih-sepatu-barefoot-bayi-2

Pyopp adalah salah satu merk sepatu barefoot bayi terpopuler yang menjadi pilihan para Ibu. Desainnya unik karena memiliki prinsip ‘telanjang kaki’ atau barefoot agar perkembangan kaki bayi lebih sehat dan natural.

Bahan sepatunya terbuat dari bahan berkualitas seperti dari kulit asli sapi, kambing, dan domba sehingga kaki bayi yang berkeringat lebih mudah bernapas. Saat menggunakan sepatu ini, si kecil tidak usah menggunakan kaus kaki lagi. Solnya tipis dan fleksibel agar kaki kecil bayi dapat merasakan permukaan tanah dan menstimulasi sensorinya.

2. Petita Petito

jangan-bimbang-ini-alasan-memilih-sepatu-barefoot-bayi-3

Tahukah Ibu bahwa merk Petita Petito bekerjasama dengan dokter anak dalam desain pembuatannya? Oleh karena itu, desain sepatu ini sudah pasti berkualitas dan memiliki prinsip sesuai dengan perkembangan kaki bayi. Sol sepatu ini juga dibuat selembut mungkin agar nyaman digunakan.

Petita Petito memiliki desain warna-warni menarik sehingga membuat bayi antusias untuk memakainya. Merk ini hanya memiliki model slip-on karena model ini merupakan model yang paling mudah digunakan oleh bayi.

3. Freddie the Frog

jangan-bimbang-ini-alasan-memilih-sepatu-barefoot-bayi-4

Freddie the Frog merupakan sepatu barefoot bayi yang dibuat khusus untuk bayi berusia 3 hingga 12 bulan. Sepatu ini memiliki alas elastis agar licin dan sangat ringan untuk bayi yang baru bisa merangkak dan belajar berjalan.

Sepatu ini diklaim tidak akan mengganggu pertumbuhan kaki bayi karena menggunakan material pilihan yang berkualitas tinggi. Modelnya juga beragam, mulai dari kasual hingga formal.

4. Attipas

jangan-bimbang-ini-alasan-memilih-sepatu-barefoot-bayi-5

Attipas adalah merk sepatu barefoot dari Korea yang didesain secara matang untuk mendukung langkah awal si kecil. Sepatu ini memiliki desain kaus kaki dengan sol karet lentur yang menutup hingga bagian depan. Anak pun berjalan seperti telanjang kaki namun kaki tetap terproteksi dengan baik.

5. Tamagoo

jangan-bimbang-ini-alasan-memilih-sepatu-barefoot-bayi-6

Tamagoo merupakan sepatu barefoot bayi yang menyediakan berbagai jenis macam alas kaki. Mulai dari sepatu formal, sandal, hingga sepatu kasual. Bahan sepatu ini juga bermacam-macam mulai dari kulit hingga suede.

Kebanyakan model sepatu Tamagoo adalah model slip on sehingga mudah dipakaikan kepada bayi. Namun, Tamagoo memiliki model di lini sepatu boots yang terbuat dari kulit sintetis. Pastinya si kecil akan terlihat lucu memakainya.

Apakah Ibu semakin yakin memiliki sepatu barefoot bayi sebagai pilihan sepatu si kecil?

Editor: Dwi Ratih