Balita

Bolehkan Anak Dandan? Pahami Dampak Pakai Makeup bagi Anak

Bolehkan Anak Dandan? Pahami Dampak Pakai Makeup bagi Anak

Menonton televisi dan video di media sosial atau sesederhana memperhatikan Ibu dandan membuat anak dandan pula. Tak jarang anak juga ingin turut memakai makeup meski masih kecil. Bolehkah anak dandan dan menggunakan make up anak?

Bagi sebagian besar wanita, memakai produk makeup memang tidak terlepaskan dari kebutuhan sehari-hari. Selain untuk mempercantik diri, penggunaan makeup juga dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi wanita.

Namun apa jadinya jika anak dandan dan anak suka make up? Bolehkah anak pakai make up meski menggunakan make up anak? Simak dampak penggunaan make up bagi anak di sini!

Bahaya produk makeup bagi kulit anak

bolehkan-anak-dandan-pahami-dampak-pakai-makeup-bagi-anak-1

Bolehkah anak dandan?

Penggunaan makeup pada anak sebaiknya tidak dilakukan karena berisiko mengiritasi kulit dan menyebabkan infeksi pada kulit anak. Produk makeup mengandung bahan alami dan kimia yang sebenarnya juga tidak terlalu baik bagi kulit. Selain itu, struktur kulit pada anak dan orang dewasa berbeda. Anak memiliki lapisan kulit yang tipis dan lebih sensitif.

Jika dipakaikan makeup dalam jumlah banyak dan frekuensi yang sering, kulit anak memiliki risiko teriritasi, kemerahan, dan timbul berbagai permasalahan kulit lainnya. Namun hal ini tetap bergantung pada kondisi kulit anak.

Secara garis besar, dampak penggunaan makeup pada orang dewasa dan anak-anak tergolong sama. Namun pada anak-anak akan lebih berbahaya karena lapisan kulitnya masih belum terbentuk dengan sempurna.

Bolehkah anak pakai makeup? Simak efek produk makeup bagi kesehatan kulit anak?

1. Kulit iritasi

Jika anak dandan, ibu harus memperhatikan frekuensi penggunaan makeup. Kulit iritasi merupakan salah satu masalah utama yang paling sering dialami anak jika terlalu sering menggunakan makeup. Kulit anak akan berubah warna menjadi kemerahan, kering, gatal, terkelupas, bahkan sampai muncul jerawat.

Makeup yang dioleskan di wajah seringkali menutupi pori-pori wajah. Pori-pori yang tertutup membuat sel kulit menjadi sulit bernapas dan tidak bisa membentuk sel baru dengan baik. Pori-pori wajah yang tertutup akan merangsang tumbuhnya jerawat dengan sangat cepat.

 Bila kondisi ini terjadi, segera konsultasikan kepada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2.  Tekstur kulit kasar


Anak-anak umumnya sulit untuk patuh dalam menjalankan perintah, misalnya membersihkan wajah dari makeup. Jika sisa makeup tidak bersih secara sempurna, nantinya sisa makeup ini akan menyebabkan kulit kasar dan dapat memicu masalah kulit lainnya.

3. Kulit keriput

Ternyata anak-anak juga bisa mengalami kulit keriput. Sering memakai makeup saat anak dandan dapat menyulitkan kulit untuk membuat sel kulit baru. Akhirnya, kulit jadi terlihat mengkerut dan mengusam. Ini dapat membuat anak jadi terlihat lebih tua dari seharusnya meski usianya lebih muda.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika Ibu sebagai seorang yang lebih mengerti bisa menghindari penggunaan makeup pada wajah anak agar tidak menimbulkan efek buruk di kemudian hari.

Yang harus diketahui saat anak suka make up

bolehkan-anak-dandan-pahami-dampak-pakai-makeup-bagi-anak-3

Bolehkah anak pakai make up?

Sesungguhnya tidak disarankan untuk menggunakan make up saat anak dandan. Namun, pemakaian makeup untuk momen-momen tertentu masih diperbolehkan. Sesekali mengoleskan lipstik memang tidak akan berakibat fatal. Namun untuk jenis makeup lain yang menutupi kulit seperti foundation, blush on, bedak, dan sebagainya tidak disarankan untuk dipakai kecuali pada kesempatan tertentu.

Ibu harus memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum mengizinkan anak dandan menggunakan makeup:

  • Hanya menggunakan make up anak pada acara tertentu. Misalnya acara menari di sekolah yang mengharuskan anak berdandan
  • Kenalkan make up anak ketika anak sudah berusia 5 atau 6 tahun. Pada usia ini, anak bisa lebih mengerti mana yang boleh dilakukan dan tidak
  • Gunakan pelembab sebagai pengganti makeup. Katakan kepada anak bahwa pelembab adalah salah satu produk wajah yang tidak merusak kulit dan lebih sehat untuk wajah anak
  • Ajarkan anak untuk bisa menghapus dan mencuci makeup di wajah sampai bersih setelah penggunaannya. Ibu bisa mencontohkan cara mencuci wajah yang baik dan benar di kamar mandi bersama anak

Anak suka make up yang berusia di bawah 5 tahun memiliki kemungkinan yang tinggi untuk memakan bahkan merusak makeup. Oleh karena itu, Ibu harus memastikan usia anak sudah cukup siap. Anak dandan dibawah 5 tahun yang senang makeup bisa menggunakan mainan anak dandan dandanan.

Jika ibu bertanya di dalam hati bolehkah anak dandan, itulah beberapa aturan yang perlu diperhatikan sebelum memperbolehkan anak menggunakan makeup. Selain itu, ikuti saran-saran di atas agar produk makeup tidak membahayakan kesehatan kulit anak.

Rekomendasi Make up anak dandan

Ada beberapa produk yang mengklaim lebih aman dipakai untuk anak dandan. Untuk anak balita disarankan menggunakan mainan anak dandan dandanan.Biasanya untuk anak yang akan beranjak remaja. Apa sajakah?

1. Luna Organics

Make up asal Amerika ini menggunakan bahan-bahan dasar yang natural, non-toxic, tidak menyebabkan alergi dan sudah disetujui oleh FDA (Food Drugs Administration). Produk yang dimiliki Luna Organics cenderung lengkap, mulai dari foundation, blush on, eyeshadow, lip balm, makeup remover, sampai dengan kuas makeup.

Harga: Rp 310.000 - 385.000

2. Amara Makeup

Selain harganya yang relatif murah, make up asal Cina ini dijamin akan membuat anak suka. Isinya sangat lengkap, mulai dari eyeshadow 12 warna, blush on, lipstik, eyeliner, lip brush dan blush brush. Kemasannya juga menarik berbentuk hati warna pink.

Harga: Rp 135.000 - Rp 150.000

Itulah yang harus Ibu waspadai saat anak dandan dan menggunakan makeup. Disarankan makeup digunakan di acara tertentu saja dan anak berusia diatas 5 tahun. Untuk balita disarankan menggunakan mainan anak dandan dandanan saja ya!

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih