Balita

Gigi Geraham Tumbuh Usia Berapa, Ya? Ini Yang Bisa Ibu Lakukan

Gigi Geraham Tumbuh Usia Berapa, Ya? Ini Yang Bisa Ibu Lakukan

Gigi memiliki peran penting pada kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk mengunyah makanan tetapi juga membantu anak dalam berbicara. 

Gigi anak akan melalui proses regenerasi berupa gigi tanggal. Salah satu jenis gigi yang juga akan tanggal adalah gigi geraham.

Tapi, walaupun akan tanggal, namun gigi geraham dan jenisi gigi lainnya akan kembali tumbuh dan berganti dari gigi susu ke gigi dewasa. Gigi geraham tumbuh juga jadi bagian dari proses kelengkapan gigi susu pada anak. 

Saat gigi geraham tumbuhtak jarang bisa bikin si kecil jadi rewel dan mogok makan. Kalau sudah begitu, Ibu pasti jadi bingung harus berbuat apa. Jangan khawatir, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui tindakan apa yang nantinya bisa Ibu lakukan untuk meredakan rasa tidak nyaman yang si kecil rasakan.

Apa itu gigi geraham?

https://ibupediacdn.imgix.net/images/yyvprbhqep4wj2clx.jpg

Gigi geraham adalah jenis gigi yang ukurannya paling besar dan sangat kuat. Gigi geraham tumbuh, terdiri dari 2 macam, letaknya berada di geraham depan dan geraham belakang.

Mengutip Very Well Health gigi geraham tumbuh pada anak punya peran penting dalam mengunyah makanan. Untuk letak gigi geraham tumbuh pada anak, biasanya dikenal dengan premolars. Gigi ini terletak tepat disamping gigi taring. 

Setiap anak akan memiliki total 8 buah gigi geraham. Jika Ibu merabanya, bentuk gigi geraham berbeda dengan gigi seri maupun gigi taring. Gigi ini juga memiliki bentuk yang lebih lebar agar dapat mengunyah makanan dengan lebih baik.

Gigi geraham tumbuh umur berapa?

https://ibupediacdn.imgix.net/images/yfcwoh5gmlk8gj29f.jpg

Sebagian besar Ibu akan mengalami betapa frustrasinya saat gigi anak pertama kali tumbuh. Oleh karena itu, penting mengetahui kapan waktu pertumbuhan gigi dan bagaimana membuatnya agar tidak jadi menyakitkan buat si kecil. 

Lalu, sebenarnya gigi geraham tumbuh umur berapa, ya? Jika melansir Kids Health, gigi bisa tumbuh lebih awal, saat umur 3 bulan walaupun sebagain besar pada kisaran 6–12 bulan. Gigi yang pertama muncul biasanya terletak di 2 gigi rahang bawah di bagian depan, atau dikenal sebagai gigi seri. 

Barulah, pada 4–8 minggu kemudian gigi lainnya menyusul tumbuh sampai anak berusia 3 tahun. Nah, mengenai gigi geraham tumbuh umur berapajika mengutip Healthline, biasanya mulai pada usia 13-19 bulan.

Sebab, gigi geraham tumbuh, jadi gigi terakhir yang muncul pada periode gigi susu. Sebagian besar anak mendapat gigi geraham atas pertamanya maksimal di usia 19 bulan.

Sementara gigi geraham bawah saat umur 14-18 bulan. Sedangkan, untuk gigi geraham kedua tumbuh saat umur 25-33 bulan pada rahang atas, dan umur 23 - 31 bulan untuk rahang bawah. 

Bagaimana dengan si kecil, apakah sudah melewati fase ini?

Mengurangi rasa sakit saat gigi geraham tumbuh pada anak?

https://ibupediacdn.imgix.net/images/iu0260h9sqgm0k2c1.jpg

Tumbuh gigi merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan bagi si kecil dan juga orang tua pastinya. Begitupun saat gigi geraham tumbuh pada anak. 

Setiap anak memiliki pengalaman yang berbeda. Bahkan, beberapa anak ada yang mengalami sakit kepala dan rewel saat gigi geraham tumbuh.

Saat gigi geraham tumbuh memang tak jarang bikin si kecil jadi nggak nyaman. Menurut Better Health, proses pertumbuhan satu gigi membutuhkan waktu sekitar 8 hari. 

Selama masa pertumbuhan ini, diperlukan langkah-langkah untuk membuat si kecil nyaman. Berikut beberapa tips yang bisa Ibu coba lakukan saat gigi geraham tumbuh: 

  • Lakukan pijatan dengan lembut pada area gusi, dengan jari yang bersih atau kain lembut yang basah.
  • Dinginkan (jangan sampai beku) gelang untuk digigit (teether), atau biskuit (rusk) dan tempelkan pada bagian gigi yang tumbuh. Tekanan dari bahan yang dingin dapat mengurangi ketidaknyamanan saat gigi geraham tumbuh. Untuk teether yang berbahan plastik, Ibu harus lebih teliti sebelum membelinya. Hindari bahan yang menggunakan pelembut plastik yang biasa disebutkan sebagai diisononyl phthalate
  • Pilihlah biskuit (rusk) tanpa pemanis tambahan. Ini dapat diberikan pada anak umur 6 bulan keatas/telah mulai mengonsumsi makanan padat
  • Obat pain killer seperti paracetamol mungkin juga perlu diberikan. Dengan catatan harus sesuai dengan petunjuk dokter
  • Pada beberapa anak, gigi geraham tumbuh dapat menyebabkan keluarnya air liur di sekitar mulut. Ini bisa mejadikan kulit disekitar mulut, khususnya area dagu mengalami iritasi. Ibu perlu mengusap dengan lembut bagian ini dengan kain yang lembut  tiap beberapa jam.

Menjaga kesehatan gigi anak

https://ibupediacdn.imgix.net/images/70zdsi5m9ifpsxhet.jpg

Jika mengutip dari NHSinform, gigi yang sehat berperan penting pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gigi membantu kita dalam banyak hal seperti tersenyum, berbicara serta menggigit dan mengunyah makanan. 

Oleh karena itu menjaga kesehatan gigi perlu dilakukan sejak dini. Bahkan sebelum gigi geraham tumbuh.

Ibu boleh memberikan pasta gigi sebesar biji beras sejak gigi pertama tumbuh, saat hendak menyikat gigi si kecil. Selain itu, ada satu tips penting untuk mencegah pengeroposan/pembusukan gigi anak yaitu, jangan biarkan si kecil tidur dengan menggigit botol. 

Dengan atau tanpa diisi susu maupun jus sekalipun. Hal ini dapat memicu tergenangnya cairan di mulut, sehingga menyebabkan pengeroposan/pembusukan serta plak pada gigi lebih awal.

Nah, semoga ulasan tentang gigi geraham tumbuh pada anak ini dapat membantu Ibu dalam menghadapi si kecil yang sedang tumbuh gigi saat ini, ya!

Editor: Aprilia