Balita

Ketahui Ketinggian Tempat Tidur Anak yang Aman

Ketahui Ketinggian Tempat Tidur Anak yang Aman

Saat melakukan dekorasi kamar anak, kerap kali ibu bertanya-tanya berapakah ketinggian tempat tidur anak yang tepat. Orangtua seharusnya mempertimbangkan aspek keselamatan dan keamanan anak sebagai prioritas ketimbang hanya memperhatikan sisi estetika belaka. Oleh karena itu, ketinggian tempat tidur aman untuk bayi dan anak sering tidak masuk daftar pertimbangan padahal faktor ini sangat penting untuk diperhatikan.

Ketinggian tempat tidur anak dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tampilan dan fungsi tempat tidur anak. Sebenarnya ketinggian dan kenyamanan tempat tidur anak memiliki benang merah yang berkaitan karena ketika anak bangun dari tidur, ketinggian tempat tidur yang terlalu tinggi tidak menutup kemungkinan anak untuk terjatuh.

Beberapa pakar menetapkan rata-rata ketinggian tempat tidur anak sekitar 60 cm. Namun, ketinggian ini bukan angka mutlak karena tergantung individu tiap anak serta perkembangan usia dan kemampuan mereka.

Tinggi tempat tidur terbaik

ketahui-ketinggian-tempat-tidur-anak-yang-aman-1

Dalam melakukan dekorasi kamar anak, sangat penting untung memperkirakan tinggi tempat tidur anak dalam perencanaan. Ketinggian tempat tidur anak harus sesuai dengan ketinggian si anak sehingga bisa disesuaikan pendek atau tingginya. Kebanyakan kasur berjarak 40-60 cm dari lantai.

Untuk mengukurnya, anak duduk di pinggir tempat tidur. Jika kaki anak rata dengan lantai serta lutut sejajar dengan pinggul, maka tempat tidur anak berada di ketinggian yang tepat. Namun jka lutut anak di atas pinggul tempat tidur terlalu rendah dan jika kaki si anak tidak dapat menyentuh lantai dengan nyaman, maka tempat tidur tidak terlalu tinggi.

Melansir dari Dreams UK, ketinggian tempat tidur anak berpengaruh secara signifikan pada tampilan dan fungsi dari tempat tidur anak. Tempat tidur yang sesuai juga dapat memudahkan Ibu dalam mengelola kebersihan kamar anak.

Ketinggian kasur yang sesuai akan membuat tidur anak menjadi lebih nyaman. Bahkan, tinggi kasur yang sesuai dengan anak akan memudahkannya untuk naik dan turun kasur dengan aman.

Anak-anak masih sangat aktif dan senang mengeksplorasi berbagai tempat, termasuk tempat tidurnya. Kasur yang terlalu tinggi dapat membahayakan anak dari risiko terjatuh.

Kedalaman kasur

ketahui-ketinggian-tempat-tidur-anak-yang-aman-3

Kedalaman kasur tergantung pada rangka tempat tidur anak yang dipilih. Tinggi kasur harus menyesuaikan dengan rangka tempat tidur. Sebagai contoh, jika menginginkan kasur ekstra tebal, maka pilih tinggi rangka kasur yang pendek agar ketinggian tempat tidur anak tidak terlalu tinggi. Begitu juga sebaliknya. JIka menyukai kasur yang lebih tipis, maka pilihlah rangka kasur yang lebih tinggi agar ketinggian tempat tidur anak tidak terlalu pendek.

Selain mempengaruhi faktor keselamatan dan keamanan anak di kamar tidur, ketinggian tempat tidur juga mempengaruhi dekorasi kamar anak karena mempengaruhi tampilan kamar anak secara keseluruhan.

Misalnya ranjang yang rendah dapat membuat ruangan terlihat lebih luas daripada ranjang yang lebih tinggi. Namun, jika kamar anak memiliki plafon ruangan yang tinggi, tempat tidur yang lebih tinggi dapat lebih sesuai dengan ruangan tersebut.

Selain itu, tempat tidur tinggi dapat menawarkan kesan lebih mewah. Sedangkan tempat tidur pendek memiliki kesan lebih membumi dan menciptakan kesan yang santai dan minimalis.

Tempat tidur susun

Bagi Ibu yang memiliki banyak anak dengan jumlah kamar terbatas, menggunakan tempat tidur susun masih menjadi pilihan yang ideal. Jika Ibu mempertimbangkan menggunakan tempat tidur susun, maka tinggi kamar anak juga harus dipertimbangkan agar kamar tidak sempit. 

Ibu bisa memilih tempat tidur susun yang berukuran pendek agar kepala anak tidak menyundul plafon. Jarak minimal antara kasur atas dengan plafon minimal 70 cm, tetapi tetap jangan lupa sesuaikan dengan tinggi anak. 

Ide dekorasi kamar anak dengan tempat tidur susun

Ibu mungkin bingung jika memiliki anak banyak tetapi harus memikirkan desain yang tepat agar anak tetap nyaman dan tidak berbahaya. Ada beberapa ide dekorasi kamar anak dengan tempat tidur susun:

1. Tempat tidur tingkat khusus dua arah

ketahui-ketinggian-tempat-tidur-anak-yang-aman-4

Sumber: peterhinzmann.com

Ibu mungkin mempertimbangkan tempat tidur tingkat dengan desain custom. Jika tempat tidur pertama mengambil arah lurus, maka tempat tidur tingkat kedua mengambil arah yang berlawanan. Dengan demikian, penggunaan tempat tidur bawah merasa lapang untuk beraktivitas. Perabot custom lainnya seperti keberadaan meja belajar dan kabinet laci membuat ruangan lebih fungsional.

2. Corak warna yang ceria

ketahui-ketinggian-tempat-tidur-anak-yang-aman-5

Sumber: freshome.com

Ruang tidur menggunakan konsep tempat tidur tingkat yang didominasi dengan warna putih. Perabot seperti kursi, kabinet, hingga hampir semua interior menggunakan warna putih bersih. Yang membuat ruangan ini terlihat cantik adalah motif dan warna-warni mencolok tetapi tetap menawan. Sebagai contoh warna-warni untuk sprei, selimut, dan pencahayaan yang serba kontras.

3. Kamar tidur adik kakak dengan tempat tidur minimalis

ketahui-ketinggian-tempat-tidur-anak-yang-aman-6

Konsep dekorasi kamar anak seperti ini cukup membuat ruangan terlihat lebih lega dengan menggunakan motif sederhana konsep garis-garis minimalis yang simpel. Cat warna putih yang dipilih memberikan kesan adem yang tak lekang oleh jaman. Penggunaan sprei warna cerah juga membuat suasana kamar yang semakin gaya.

Pemilihan warna sprei dan selimut dengan warna berbeda dapat memberikan aksen dan kepemilikan dari tiap anak. Ide yang simpel bukan?

Itulah informasi ketinggian tempat tidur anak yang layak serta siasat dekorasi kamar anak yang menggunakan tempat tidur susun.

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih