Balita

Rekomendasi Susu Formula untuk Anak 1 Tahun Dengan Rasa Enak

Rekomendasi Susu Formula untuk Anak 1 Tahun Dengan Rasa Enak

Apa saja rekomendasi susu formula untuk anak 1 tahun jika pemberian ASI sudah tidak memungkinkan lagi?

Hampir semua Ibu bercita-cita untuk memberikan anaknya ASI hingga genap berusia 2 tahun. Namun, terkadang para Ibu dihadapkan oleh kenyataan bahwa ASI sudah tidak dapat diberikan lagi kepada si kecil yang sudah berusia satu tahun. 

Berbagai macam alasan Ibu memilih memberikan si kecil ASI, misalnya karena kehamilan anak berikutnya dan pemberian ASI kepada anak yang lebih tua dapat membahayakan kehamilan.

Susu menjadi salah satu pelengkap nutrisi karena susu formula diperkaya dengan asupan nutrisi yang diperlukan oleh anak. Namun harus diperhatikan, asupan utama untuk pemenuhan nutrisi harus diprioritaskan dari makanan padat sehari-harinya. Selain itu, pemberian susu formula sebaiknya juga dikonsultasikan kepada dokter dahulu.

Cara memilih susu formula untuk bayi 1 tahun

Susu formula untuk bayi 1 tahun terbaik adalah susu yang tidak menyebabkan alergi baik gangguan kulit, pernapasan, dan pencernaan pada bayi. Sejatinya, semua susu formula memiliki kandungan yang tidak jauh beda. Yang bikin berbeda adalah apakah formulasinya dapat memicu alergi pada anak atau tidak.

Beberapa jenis susu formula bahkan menggunakan soya sebagai bahan dasar susu untuk mengakomodasi si kecil yang menderita alergi pada susu sapi seperti intoleransi laktosa.

Rekomendasi susu formula untuk anak 1 tahun

Jika Ibu sedang mencari susu formula untuk bayi 1 tahun, simak rekomendasinya disini!

1. Nutrilon Royal 3

rekomendasi-susu-formula-untuk-anak-1-tahun-dengan-rasa-enak-1

Nutrilon Royal 3 adalah rekomendasi susu formula untuk anak 1 tahun pertama. Susu ini sudah terbukti secara klinis dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Selain itu, pihak produsen juga mengklaim bahwa susu ini dapat membantu perkembangan otak anak berkat adanya kandungan kombinasi emas ActiDuobio+.

Salah satu kandungan ActiDuobio+ yang telah dipatenkan adalah FOS:GOS 1:9 yang secara klinis mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik pencernaan bifidobacteria dan lactobacilus pada sang buah hati. 

Bakteri baik pada pencernaan ini akan mendukung perkembangan sistem imun dengan memproduksi antibodi, memperkuat sistem saluran pencernaan, serta mendukung toleransi tubuh terhadap berbagai jenis makanan sehingga risiko pun menurun.

Nutrilon Royal 3 juga tanpa sukrosa tambahan sehingga lebih aman untuk dikonsumsi si kecil secara rutin. Terdiri dari dua varian rasa yang dapat dipilih, yaitu vanila dan madu yang pastinya disukai sang buah hati.

2. Similac Gain Plus 3

rekomendasi-susu-formula-untuk-anak-1-tahun-dengan-rasa-enak-2

Similac Gain Plus 3 adalah rekomendasi susu formula untuk anak 1 tahun yang mengandung zat besi. Zat besi adalah komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan berperan membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga mengurangi potensi anemia pada anak. 

Susu ini mengandung 12 vitamin dan 9 mineral. Selain itu, Similac Gain Plus 3 juga merupakan susu tinggi kalsium yang berperan dalam pembentukan dan pertahanan kepadatan tulang dan gigi si kecil.

Uniknya, Similac Gain Plus 3 dibuat dengan campuran minyak nabati yang berupa minyak bunga tinggi oleat, minyak kelapa, dan minyak kedelai.

3. Puregrow Organic 1

rekomendasi-susu-formula-untuk-anak-1-tahun-dengan-rasa-enak-3

Jika Ibu menginginkan rekomendasi susu formula untuk anak 1 tahun yang mengandung bahan-bahan organik, maka Puregrow Organic 1 adalah jawabannya.

Susu ini berasal dari sapi organik yang tidak mengandung gula tambahan meski rasanya manis dan gurih sehingga anak akan menyukainya. Puregrow organic 1 adalah rekomendasi susu formula untuk anak 1 tahun yang kaya akan zat besi dan menjaga kesehatan jantung anak. 

Kandungan Omega 3 dan Omega 6 dapat meningkatkan kemampuan berpikirnya. Kandungan vitaminnya juga lengkap untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit dan menunjang pertumbuhannya.

4. Friso Gold 3

rekomendasi-susu-formula-untuk-anak-1-tahun-dengan-rasa-enak-4

Rekomendasi susu formula untuk untuk anak 1 tahun ini mengandung vitamin, A, C, E dan probiotik. Prebiotik berfungsi membantu pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan. Sementara itu, vitamin A, C, dan E dapat membantu daya tahan tubuh sang buah hati.

Selain itu, susu ini juga menggunakan teknologi Locknutri yang membuat kualitas protein dalam susu menjadi lebih mudah dicerna dan diserap oleh balita.

5. Nestle NAN Kid pH Pro 3

rekomendasi-susu-formula-untuk-anak-1-tahun-dengan-rasa-enak-5

Nestle NAN Kid pH Pro 3 menjadi rekomendasi susu formula untuk anak 1 tahun berikutnya. Merk susu ini diformulasikan dengan kandungan OPTIPRO HA Protein hypoallergenic, Bifidobacterium Lactis, dan DHA. NAN Kid pH Pro 3 juga berperan untuk mengurangi risiko alergi sekaligus memberikan asupan penting bagi tumbuh kembang anak.

6. Enfagrow A+3

rekomendasi-susu-formula-untuk-anak-1-tahun-dengan-rasa-enak-6

Susu formula harus dicoba berkali-kali karena anak tidak selalu langsung cocok saat mengkonsumsinya. Rekomendasi susu formula untuk anak 1 tahun ini cocok diminum oleh anak yang memiliki saluran pencernaan yang sensitif.

Enfagrow A+3 mengandung Beta-Glucan dan GOS yang bermanfaat untuk memperkuat saluran pencernaan. Pencernaan yang sehat membuat daya tahan tubuh juga menjadi tinggi.

Pada susu ini juga terdapat omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak anak. Diperkaya dengan vitamin B, DHA, dan zat besi untuk membantu pemenuhan gizi sang buah hati.

7. Morinaga Chil kid Platinum 3

rekomendasi-susu-formula-untuk-anak-1-tahun-dengan-rasa-enak-7

Rekomendasi susu formula untuk anak 1 tahun ini mengandung alfa laktalbumin, AA&DHA, zat besi, kolin, omega 3, omega 6, dan fosfolipid yang bermanfaat untuk perkembangan otak. Selain itu, produk susu ini mengandung kalsium, vitamin D, whey protein, dan protein yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Banyak anak menyukai susu aroma susu ini karena wanginya mirip biskuit vanila saat sudah diseduh dengan air panas.

Itulah 7 Rekomendasi susu formula untuk anak 1 tahun. Konsumsi susu formula tidak wajib ya, Bu! Prioritaskan pada asupan makanan si kecil dahulu.

Editor: Dwi Ratih