Balita

Rekomendasi Terbaik 7 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Rekomendasi Terbaik 7 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Pemberian vitamin penambah nafsu makan anak menjadi pilihan terbaik, terutama jika si kecil termasuk picky eater. Anak yang sulit makan atau hanya mau makan makanan jenis-jenis tertentu dikhawatirkan kebutuhan nutrisi dan gizinya tidak terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, Ibu bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan anak secara rutin.

Di Indonesia, ada banyak jenis dan merek vitamin penambah nafsu makan anak. Hal ini tentu membuat Ibu sulit menentukan mana vitamin yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Nah, berikut ini Ibupedia sudah berikan daftar lengkap rekomendasi terbaik vitamin penambah nafsu makan anak. Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!


1. Moller's Tran Cod Liver Oil

Kisaran harga: Rp300.000 - Rp350.000

Berasal dari Norwegia, Moller's Tran Cod Liver Oil bisa menjadi vitamin penambah nafsu makan si kecil. Persis seperti namanya, produk ini mengandung minyak hati ikan kod yang kaya akan Vitamin A, Vitamin D, dan asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Ketiganya sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan perkembangan otak anak.

Menariknya, vitamin penambah nafsu makan ini juga bisa dikonsumsi orang dewasa dan lanjut usia. Jadi, cukup menyediakan satu produk vitamin untuk seluruh anggota keluarga di rumah. Moller's Tran Cod Liver Oil bisa Ibu beli dalam berbagai varian rasa, seperti natural, tutti frutti, dan lemon.


2. Blackmores Superkids Multi Chewables

Kisaran harga: Rp120.000 - Rp175.000

Blackmores Superkids Multi Chewables menjadi vitamin penambah nafsu makan anak yang banyak dipilih. Pasalnya, vitamin ini diklaim 99,5 persen bebas kandungan gula atau pemanis buatan lainnya. Meskipun demikian, vitamin berbentuk gummy ini memiliki cita rasa manis berkat kandungan Xylitol dan Stevia. Dua kandungan ini jauh lebih aman untuk metabolisme tubuh anak.

Selain meningkatkan nafsu makan, Blackmores Superkids Multi Chewables juga dilengkapi kandungan vitamin B3 dan Zinc yang penting untuk mendukung fungsi otak.  Dikutip dari Webmd, vitamin B3 ini cocok bagi anak-anak yang intoleransi dengan glukosa. Jadi, vitamin penambah nafsu makan dari Blackmores aman dikonsumsi rutin untuk si kecil, ya.


3. Scott's Emulsion

Kisaran harga: Rp90.000 - Rp130.000

Brand vitamin penambah nafsu makan Scott's Emulsion tentu sudah tidak asing lagi bagi Ibu. Produk suplemen anak yang satu ini mengandung minyak ikan kod, vitamin D, vitamin A, serta DHA yang dibutuhkan dalam pertumbuhan si kecil. Scott Emulsion hadir dalam bentuk sirup dalam dua varian rasa, yaitu rasa original dan jeruk.

Scott's Emulsion bisa diberikan untuk anak-anak usia 1 sampai 14 tahun dengan dosis yang berbeda. Pada anak-anak usia 1 sampai 6 tahun, pemberiannya sebanyak satu kali dalam sehari dengan dosis 10 ml. Sementara anak-anak di usia 7-10 tahun dosisnya 15 ml sebanyak satu kali sehari. Pemberian Scott's Emulsion dua kali sehari dengan dosis 15 ml hanya untuk anak di atas usia 10 tahun.


4. Curmunos Sirup

Kisaran harga: Rp82.000 - Rp95.000

Selanjutnya, ada Curmunos Sirup yang bisa jadi andalan Ibu saat si kecil susah makan. Vitamin berbentuk sirup ini bisa dikonsumsi untuk bayi usia 6 bulan sampai anak-anak usia 2 tahun ke atas. Persis seperti namanya, Curmunos ini mengandung kurkumin dalam jumlah tinggi.

Tak hanya berperan dalam meningkatkan nafsu makan si kecil, kurkuma juga efektif meningkatkan daya tahan tubuh. Cocok dikonsumsi di tengah situasi pandemi seperti saat ini, kan?


5. Likurmin Sirup

Kisaran harga: Rp60.000 - Rp75.000

Likurmin Sirup bisa menjadi alternatif bagi anak yang sulit makan. Kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya bekerja secara optimal dalam meningkatkan nafsu makan si kecil. Di samping itu, Likurmin Sirup juga mengandung asam amino untuk mendukung fungsi organ tubuh anak.

Likurmin Sirup mudah dikonsumsi karena berbentuk cairan. Vitamin penambah nafsu makan anak ini juga sudah melalui uji laboratorium. Jadi, Ibu tidak perlu ragu memberikannya secara rutin untuk si kecil.


6.  Curcuma Plus

Kisaran harga: Rp15.000 - Rp25.000

Dibuat dengan menggunakan temulawak sebagai bahan utama, Curcuma Plus memiliki kandungan kurkumin dalam jumlah besar. Kandungan inilah yang bisa meningkatkan nafsu makan si kecil. Selain itu, Curcuma Plus juga memiliki ekstrak 11 sayuran dan buah-buahan sehingga efektif melancarkan sistem pencernaan.

Meski dibuat dengan bahan alami, Curcuma Plus dipadukan dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak. Vitamin penambah nafsu makan ini bisa diberikan untuk anak mulai usia satu tahun ke atas sebanyak satu kali sehari.


7. Fitkom

Kisaran harga: mulai dari Rp10.000

Satu lagi, vitamin penambah nafsu makan anak yang bisa Ibu pilih yaitu Fitkom. Berbeda dari vitamin lainnya, Fitkom berbentuk berbentuk tablet hisap dengan rasa buah. Tersedia dalam tiga pilihan rasa buah favorit anak, seperti jeruk, stroberi, dan  anggur.

Tak hanya enak, Fitkom juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagai vitamin khusus anak-anak, produk ini dilengkapi kandungan DHA, EPA, dan AA yang berperan penting mendukung perkembangan otak anak. Dengan demikian, hal ini bisa merangsang nafsu makan anak lebih baik daripada sebelumnya.


Kira-kira vitamin penambah nafsu makan anak mana yang akan Ibu pilih?


Editor: Atalya