Balita

Tips Menidurkan Anak Tanpa Harus Digendong

Tips Menidurkan Anak Tanpa Harus Digendong

Tips menidurkan anak merupakan hal yang sering dicari para orangtua, khususnya bagi para Ibu baru. Pasalnya, tips menidurkan anak ini terbilang tricky dan cenderung menguras tenaga.  

Nah, baru-baru ini artis Nikita Willy sekaligus Ibu baru, membagikan tips menidurkan anak yang berhasil dilakukannya melalui channel Youtube milik Atta Halilintar. Anaknya yang disapa baby Izz, sudah bisa tidur sendiri tanpa ditemani orangtuanya sejak usia 4 bulan, lho! 

Tidak hanya itu, baby Izz juga bisa tidur tanpa harus digendong saat terbangun di malam hari. Memang sebelum baby Izz tidur, ada beberapa rutinitas yang dilakukan seperti mandi, menyusu, baca buku, meredupkan lampu dan memberikan white noise

Tips menidurkan anak ala Nikita Willy ini menarik untuk dipelajari dan dicoba. Tapi, selain itu hal apa saja sih yang perlu Ibu lakukan agar dapat menidurkan si kecil tanpa drama? Biar Ibu tidak penasaran, simak yuk tips menidurkan anak berikut ini yang bisa Ibu praktekkan bersama Ayah di rumah!

Tips menidurkan anak tanpa digendong


Selama ini, kebiasaan menidurkan anak yang paling sering dilakukan adalah menggendong. Biasanya dilakukan sambil menyanyikan lagu lullaby dan merupakan cara paling sederhana agar si kecil mudah tertidur.

Walaupun sederhana, tapi lumayan drama juga ya, Bu. Pasalnya, ketika Ibu berusaha meletakkan si kecil di kasur, biasanya ia akan terbangun dan menangis. Kondisi ini membuat Ibu lelah dan terpaksa harus menggendong lagi. 

Saking trickynya, memindahkan anak dari gendongan Ibu ke tempat tidur bagaikan meletakkan bom yang bisa meledak kapan saja, harus ekstra hati-hati ya, Bu! Dikutip dari Wonder Baby, terdapat beberapa alasan mengapa bayi tidak bisa tertidur begitu saja tanpa digendong, diantaranya sebagai berikut:

  • Bayi ingin dekat dengan Ibu
  • Bayi melalui banyak perubahan fisik dan menginginkan kenyamanan orangtua
  • Ibu membiarkan bayi terbiasa tidur dengan cara digendong sejak lahir.

Namun nggak perlu khawatir, dikutip dari Sleeping Should Be Easy, ada beberapa cara menidurkan anak tanpa digendong yang bisa Ibu coba

1. Jangan biarkan si kecil terjaga terlalu lama

Tidurkan segera begitu si kecil mulai menguap dan terlihat mengantuk. Jangan biarkan si kecil terlalu lelah, karena akan membuat ia jadi sulit tertidur. Untuk memastikan bayi tidak terlalu lelah, lihat dan catat jam berapa bayi biasa bangun tidur.

2. Letakkan dalam keadaan mengantuk setengah terjaga


Jika si kecil terbiasa tertidur dalam pelukan, maka jangan heran jika bayi menangis ketika ditidurkan dengan cara lain. Untuk itu, Ibu perlu mematahkan kebiasaan tersebut dengan cara menidurkannya ketika bayi mulai mengantuk, namun dalam kondisi terjaga. Dengan cara ini, anak akan mendapat pengalaman tertidur jauh dari pelukan Ibu.

3. Biarkan bayi tidur di tempat yang nyaman


Bayi memiliki posisi yang nyaman setelah menghabiskan banyak waktu di dalam rahim selama 9 bulan lebih. Ibu bisa menawarkan rasa nyaman tersebut dengan memposisikan tidur bayi seperti tengkurap atau dimiringkan. Bisa juga menggunakan alat tambahan seperti bouncer, baby wrap, dan swinger agar bayi merasa sedang tidur sambil diayunkan oleh Ibunya.

4Jaga kehangatan kasur bayi

Untuk membuat tempat tidur yang sama nyamannya dengan pelukan Ibu, letakkan penghangat atau botol air hangat di atas boks bayi beberapa menit sebelum Ibu meletakkan bayi tersebut. Alternatif lainnya menaikkan suhu ruangan sebelum merebahkan bayi .

5. Belai wajah manisnya


Setelah menidurkan bayi, usap pipi dan dahinya sampai matanya terpejam. Gerakkan jari Ibu dari pangkal hidungnya ke atas kepalanya. Belai pipinya dengan lembut, bergerak dari hidung ke telinga. 

6. Gunakan white noise atau musik

Gunakan white noise untuk meredam suara-suara yang tiba-tiba mengejutkan bayi. White noise ini mengingatkan bayi pada suara konstan ketika masih di dalam rahim. Ibu bisa menggunakan aplikasi atau membeli mesin white noise sendiri yang banyak dijual di pasaran. 

Selain itu, Ibu juga bisa mengunduh dan memutar musik suara white noise di ponsel Ibu. Cara sederhana lainnya cukup dengan menyalakan kipas angin .

7. Biarkan bayi berbaring dalam kondisi setengah terjaga

Jangan mudah terdorong untuk mengangkat bayi ketika melihat si kecil kembali terjaga setelah Ibu meletakkan bayi di tempat tidur. Beri kesempatan untuk menidurkan dirinya sendiri, apalagi jika bayi terjaga tanpa menangis. Ini merupakan salah satu tips menidurkan anak tanpa digendong yang cukup ampuh.

Cara menidurkan anak yang susah tidur


Nggak semua anak bisa dengan mudah tertidur dengan cara yang disebutkan di atas ya Bu. Namun, cara menidurkan anak susah tidur tentu ada solusinya.

Sebenarnya menidurkan anak yang susah tidur ini banyak terjadi pada anak usia toddler. Dikutip dari Aha! Parenting, terdapat beberapa cara menidurkan anak yang susah tidur berikut ini:

  1. Mulailah proses istirahat lebih awal di malam hari
  2. Ikuti rutinitas malam yang sama seperti, memastikan anak kenyang, mandi, dan membaca buku cerita 
  3. Bantu anak mengatur jam biologisnya agar anak punya waktu tetap untuk tidur setiap malam
  4. Siapkan tempat tidur yang nyaman dengan cahaya redup dan diiringi dengan white noise
  5. Jangan menghentikan jam tidur siang terlalu dini, karena kebanyakan anak belum siap berhenti tidur siang sampai usia 3 tahun. Melewatkan tidur siang hanya akan membuat anak menjadi rewel dan terpacu adrenalinnya sehingga waktu tidur jauh lebih menantang.
  6. Pastikan si kecil mendapatkan cukup udara segar, cahaya matahari dan olahraga di siang hari, karena anak akan tidur lebih nyenyak ketika lebih banyak bermain di luar ruangan.

Demikian adalah tips menidurkan anak yang bisa Ibu coba lakukan. Menerapkan tips menidurkan anak ini mungkin tidak sesederhana teorinya dan bisa jadi akan ada trial and error ketika menerapkannya. Namun, Ibu jangan patah semangat untuk menerapkan tips menidurkan anak demi terciptanya pola tidur yang baik ya.

 Editor: Aprilia