Kehamilan Dibaca 216 kali

15 Ide Kado untuk Ibu Hamil

Share info ini yuk ke teman-teman
Menur
15 Ide Kado untuk Ibu Hamil

Kehamilan memang menjadi momen yang paling ditunggu oleh pasangan yang baru saja menikah. Meskipun banyak cerita yang mewarnai hari-hari calon ibu, mulai dari mengatasi morning sickness hingga tetap harus bekerja saat kandungan sudah membuat mobilitas melambat, ibu hamil tetap menjalani kehamilan dengan penuh semangat. Apalagi, saat ini semakin banyak teknologi dan penyedia kebutuhan penunjang kehamilan. Takut goncangan saat mengendarai motor? Ibu bisa mengenakan korset ibu hamil. Posisi tidur tidak ada yang pas memasuki trimester ketiga? Gunakan saja bantal hamil.

Bagi ibu hamil, tentu hal-hal di atas sangat membantu membuat kehamilan menjadi lebih nyaman dijalani. Tentu akan sangat menyenangkan apabila lingkungan terdekat memberikannya sebagai kado. Sama dengan kelahiran, kehamilan juga merupakan kabar gembira yang patut disyukuri. Hanya saja, budaya yang ada hanya memberikan kado untuk bayi saat kelahiran, bukan kado untuk ibu hamil. Padahal, menjalani kehamilan, persalinan, dan perawatan bayi pasca persalinan merupakan perjuangan bagi seorang ibu. Sedikit reward tentu tidak masalah, bukan?

Nah, jika lingkungan terdekat Ibu ada yang sedang hamil, tidak ada salahnya memberikan kado untuk mood booster mereka. Tidak perlu yang mahal, sesuaikan dengan anggaran. Beberapa kalangan memiliki perayaan untuk kehamilan yang bisa Ibu jadikan kesempatan untuk memberikan kado untuk ibu hamil. Contohnya, baby shower atau upacara tujuh bulanan. Jika masih bingung ingin memberi kado apa untuk ibu hamil, berikut inspirasinya!

  1. Selimut anti radiasi

    Tanpa disadari, penggunaan alat elektronik sehari-hari mampu membahayakan kehamilan. Sebagian besar alat elektronik yang umum digunakan di rumah maupun tempat kerja, seperti ponsel, televisi, komputer, laptop, microwave, memancarkan radiasi gelombang elektromagnetik dan gelombang radio. Sebagian besar piranti tersebut terbukti aman bagi janin, namun gelombang radio dari piranti nirkabel (wireless) seperti ponsel dan router WiFi dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah saraf dan perilaku pada bayi kelak. 

    Sebagai solusi, kini Ibu bisa memberikan selimut anti radiasi sebagai kado untuk ibu hamil. Kain selimut ini terbuat dari sejenis benang perak yang mampu menangkal radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel dan piranti nirkabel (dengan panjang gelombang 10MHz hingga 8GHz). Beberapa merk selimut anti radiasi yang dapat Ibu peroleh secara online adalah Belly Armor, Belly Blanket, dan Radia Smart. Harga mulai dari 1,4 jutaan hingga 2 jutaan. Mahal memang, namun tidak ada salahnya melindungi janin dari potensi cacat, apalagi jika pekerjaan ibu hamil tidak dapat dipisahkan dari piranti elektronik.

  2. Krim anti stretch mark

    Rasa gatal di area perut dan paha saat hamil dapat menyebabkan stretch mark atau bekas luka seperti parutan jika digaruk. Bahkan, tanpa digaruk pun, ibu hamil bisa mendapatkan stretch mark akibat peregangan kulit saat hamil. Meski tertutup pakaian, namun stretch mark dapat mengurangi rasa percaya diri di depan suami, juga rasa tidak pede saat menggunakan pakaian renang yang memperlihatkan area perut dan paha. Untuk mencegahnya, krim anti stretch mark dapat dijadikan kado untuk ibu hamil.

    Apa saja kandungan krim anti stretch mark

    Beda merk berbeda pula kandungannya. Contohnya, krim keluaran Mothercare memiliki kandungan shea butter dan almond oil untuk menjaga elastisitas kulit sekaligus menutrisinya. Bio-Oil mengandung Calendula yang berfungsi untuk regenerasi sel kulit, dilengkapi vitamin E sebagai antioksidan, kandungan Rosemary dan Lavender untuk bahan antiseptik ringan. Karenanya, Bio-Oil juga bisa digunakan untuk bekas luka dan penuaan kulit.

    Meskipun tidak ada jaminan stretch mark akan hilang 100%, penggunaan secara rutin sejak masa kehamilan diklaim bisa mencegah dan mengurangi stretch mark. Tidak ada salahnya dicoba, kan? Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 160.000 tergantung merk dan ukuran. 

  3. Bantal hamil

    Memasuki trimester tiga kehamilan, posisi tidur apa saja nampaknya tidak pernah benar-benar terasa pas. Kandungan yang semakin berat membuat beban panggul dan punggung saat tidur meningkat, sehingga menimbulkan rasa tak nyaman. Memberi bantal hamil sebagai kado untuk ibu hamil tentu membuatnya senang. Ibu hamil tidak lagi merasa keberatan tidur dalam posisi miring.

    Bantal yang berfungsi untuk menyangga perut ini berbentuk seperti dua buah guling yang bagian atasnya menyatu, dengan kontur yang disesuaikan dengan bentuk perut dan punggung. Ibu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 175.000.

  4. Voucher Maternity Spa

    Bagi yang hobi pijat dan spa, kehamilan tentu membuat keinginan untuk memanjakan diri di salon semakin besar. Keluhan fisik saat hamil tentu membutuhkan sedikit pijatan. Ibu bisa memberi voucher maternity spa sebagai kado untuk ibu hamil yang tentu akan diterimanya dengan senang hati. Namun, bolehkah ibu hamil mendapatkan perawatan pijat dan spa di salon?

    Biasanya, maternity spa sudah memiliki panduan layanan apa saja yang aman untuk ibu hamil, termasuk jenis minyak pijit yang tanpa bahan kimia. Beberapa layanan yang aman untuk ibu hamil antara lain body massage, foot bath, manicure, pedicure, body scrub, dan totok wajah. Jika salon tersebut sudah mencantumkan bahwa layanan tersebut khusus untuk ibu hamil, ibu tidak perlu waswas. Yang perlu dihindari adalah sauna karena dapat meningkatkan suhu tubuh dan sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah, termasuk pembuluh darah plasenta.

    Harga perawatan untuk ibu hamil tergantung dari jenis layanan dan salon. Di salon yang relatif kecil, Rp 100.000 bisa sudah mendapatkan pijatan. Sementara di salon ternama, Rp 300.000 sudah dianggap terjangkau.

  5. Buku panduan kehamilan

    Membaca artikel kehamilan di internet bagi sebagian ibu hamil ternyata tidak cukup memuaskan. Bisa juga, sumber yang diragukan kredibilitasnya serta banyaknya informasi yang tersedia membuat ibu hamil bingung. Sehingga, buku panduan kehamilan bisa menjadi kado untuk ibu hamil sejak trimester awal. Ibu bisa memilih jenis buku apa yang kira-kira cocok dengan selera ibu hamil. Ada yang berisi panduan dari bulan ke bulan, ada yang khusus menjelaskan gentle birth, pengalaman nyata ibu hamil, maupun panduan gizi dan resep. Harga buku mulai dari Rp 60.000 tergantung kualitas dan spesifikasi. 

  6. Korset kehamilan

    Korset kehamilan bisa menjadi kado untuk ibu hamil yang memiliki mobilitas tinggi. Korset ini berfungsi untuk membantu menopang perut yang semakin membesar di trimester ketiga kehamilan. Tekanan pada rahim dan punggung bagian bawah membuat ibu hamil harus memperlambat gerakannya karena perubahan posisi bisa membuat badan cepat pegal. 

    Korset kehamilan ada yang berbentuk panjang seperti stagen pada pakaian adat Jawa, ada pula yang berbentuk instan sehingga ibu hamil bisa langsung mengenakannya. Meskipun aman digunakan, ibu hamil disarankan untuk memakainya sekitar 2-3 jam saja per hari agar sirkulasi darah di area perut dan rahim lancar. Tekanan pada area rahim juga diperlukan untuk memudahkan ibu hamil untuk mengejan saat persalinan nanti.

    Dibandingkan kado untuk ibu hamil yang telah disebutkan sebelumnya, korset kehamilan memiliki harga yang lebih bersahabat, yaitu mulai dari Rp 37.000.

  7. Birth ball

    Pernah melihat proses persalinan di mana ibu hamil berusaha mengurangi nyeri kontraksi menggunakan birth ball? Ya, birth ball yang menyerupai gym ball untuk keperluan olahraga ternyata juga dapat bermanfaat untuk menjaga kehamilan sehingga dapat dijadikan kado untuk ibu hamil. Birth ball berukuran 65-75 cm dengan bahan karet yang tidak licin jika digunakan di lantai sehingga ringan dan aman untuk ibu hamil.

    Manfaat birth ball bagi ibu hamil adalah untuk mengurangi nyeri punggung, membentuk postur tubuh yang baik, serta memperbesar diameter panggul dengan catatan rutin digunakan sebelum persalinan. Tidak perlu membayangkan repot membungkus bola sebesar itu ya, Bu, karena birth ball dibeli dalam keadaan kempes. Jadi, jika memberi birth ball sebagai kado untuk ibu hamil, jangan lupa sertakan pompanya. Harga birth ball mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 265.000 tergantung merk dan kualitas.  

  8. Daster longgar

    Kelihatannya sepele, namun daster longgar dapat menjadi kado untuk ibu hamil yang pasti dipakai. Saat hamil, rasa gerah kerap menghampiri. Karet pada rok atau celana pun dapat memicu rasa gatal di bagian perut sehingga daster longgar dapat menjadi pakaian “kebangsaan” saat hamil. Bila daster dilengkapi kancing depan atau ritsleting, ibu hamil bisa memakainya untuk menyusui kelak sehingga daster dapat dipakai lebih lama. Harganya juga bersahabat, tergantung bahannya. Pilih yang berbahan adem seperti katun jepang atau rayon.

  9. Pregnancy journal

    Kehamilan memang momen yang layak didokumentasikan bagi sebagian wanita. Ada lho, yang masih menyimpan testpack positif beserta foto USG saat hamil meskipun Ananda sudah memasuki usia sekolah. Nah, jika teman  Ibu merupakan tipe penyimpan memorabilia seperti ini, mengapa tidak memberikannya pregnancy journal atau jurnal kehamilan sebagai kado?

    Pregnancy journal menjadi kado untuk ibu hamil yang dapat disimpan hingga anak-anak dewasa. Siapa yang tidak senang membaca cerita saat ibunya mengandungnya? Membagikan cerita kehamilan dalam media sosial dan blog tentu berisiko hilang jika akun mengalami masalah, sehingga pregnancy journal bisa menjadi solusi. Karena tidak banyak produsen lokal yang membuatnya, Ibu bisa memesan jurnal secara custom, membelinya di toko buku impor, atau memberi agenda tahunan standar yang memungkinkan ibu hamil untuk menuliskan cerita kehamilannya dan menyimpan memorabilianya. Harga mulai dari Rp 169.000 di online shop. 

  10. Speaker kehamilan

    Janin mulai dapat mendengar sejak usia kandungan 3 bulan. Karenanya, stimulus berupa suara orang tuanya, musik, maupun ayat suci bisa mulai diperdengarkan sejak usia ini. Kini terdapat speaker khusus (pregnancy headphone speaker) yang ditujukan untuk janin yang bisa menjadi kado untuk ibu hamil. Speaker ini berukuran kecil dan dapat ditempelkan di perut, terhubung juga dengan headphone ke telinga ibu sehingga ibu dan janin dapat mendengarkan musik yang sama. Alat ini juga dilengkapi dengan kabel ke ponsel sebagai sumber audio. Produk impor ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 750.000.

  11. Legging hamil

    Sama seperi daster hamil, legging hamil atau celana hamil bisa menjadi kado untuk ibu hamil yang akan selalu dikenakan. Perbedaan legging hamil dengan legging standar adalah ukuran perut yang lebih lebar atau memiliki karet yang bisa disesuaikan. Bahannya pun biasanya nyaman dan menyerap keringat. Ibu bisa membeli dengan harga 60 ribuan untuk legging dengan ukuran perut permanen dan harga 100 ribuan untuk legging dengan karet pinggang yang lebarnya bisa disesuaikan.

  12. Camilan sehat 

    Kado untuk ibu hamil tidak harus berupa barang kan? Satu paket camilan sehat dan bernutrisi bagi janin dan ibunya tentu membuat ibu hamil lebih bersemangat menjalani hari. Terkadang, kondisi kehamilan yang tidak kondusif dengan berbagai keluhan membuat acara “terjun ke dapur” menjadi hal yang paling dihindari oleh ibu hamil. Persediaan camilan sehat tanpa harus repot mengolah sendiri akan sangat meringankan bebannya. Beberapa camilan siap makan yang bisa Ibu berikan adalah granola (perpaduan oats, kacang-kacangan, buah kering), healthy chips (keripik yang dipanggang dan tanpa MSG), granola bars (granola dalam bentuk snack batangan yang bisa dibawa dalam tas), atau kukis rendah gula. Almond, chia seeds, dan superfood lain juga bisa dijadikan hampers untuk ibu hamil.

  13. Essential oil (EO)

    Kini, makin banyak pengobatan alami untuk berbagai penyakit. Salah satunya adalah dengan menggunakan essential oil. Selain meredakan gejala penyakit, essential oil juga dapat berfungsi sebagai aromaterapi yang membuat rileks. Namun, hindari penggunaan EO hingga minggu ke 13 kehamilan karena dapat menyebabkan kontraksi dan berpotensi mempengaruhi janin. Menurut National Association for Holistic Aromatherapy, tidak ada bukti bahwa EO membahayakan janin pada trimester 2 dan 3 kehamilan. Beberapa jenis yang direkomendasikan antara lain lavender, ylang-ylang, orange, lemon, frankincense, bergamot, dan sandalwood.  Gunakan diffuser atau mengencerkan dengan minyak kelapa, hindari mengoleskan ke kulit secara langsung atau dihirup. Ibu bisa membeli EO lokal dengan harga mulai Rp 25.000 dan EO impor dengan harga mulai Rp 130.000 per botol 5 ml. 

  14. Paket maternity shoot

    Pre wedding bukan lagi momen sakral yang layak dijadikan sesi foto tersendiri. Kini momen kehamilan pun dapat diabadikan ke dalam foto yang terkonsep. Sejumlah studio foto menyediakan paket maternity shoot yang bisa Ibu pilih sebagai kado untuk ibu hamil. Tentu harganya bervariasi tergantung dari ketenaran studio foto serta kualitasnya. Memilih teman yang hobi foto sebagai fotografer juga bisa dipilih untuk memangkas biaya. Ibu hanya tinggal mencetaknya dalam bentuk album atau foto berpigura. 

  15. Kosmetik dan perawatan tubuh alami

    Kehamilan membuat sebagian ibu terpaksa menghentikan penggunaan kosmetik dan produk perawatan tubuh yang dipakai selama ini. Alasannya, kandungan bahan kimia pada kosmetik berisiko menimbulkan cacat janin. Nah, kosmetik dari bahan alami yang terbukti aman secara medis bisa menjadi kado untuk ibu hamil. Beberapa merk yang aman antara lain Wardah, Sensatia Botanicals, The Body Shop, Burt’s and Bees, Mineral Botanica, Emina, dan Cetaphil.

Banyak bukan pilihannya? Ibu bisa menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Tidak perlu yang mahal, yang penting Ibu tahu kado tersebut sesuai dengan selera ibu hamil.   
 

(Menur / Dok.Freepik)