Kelahiran Dibaca 12,761 kali

19 Ide Kado Unik Untuk Teman yang Baru Melahirkan dan Bayinya

Share info ini yuk ke teman-teman
Ismawati

Terakhir diperbaharui 09 Agustus, 2019 15:08

19 Ide Kado Unik Untuk Teman yang Baru Melahirkan dan Bayinya

Ketika teman mengabarkan kelahiran buah hatinya atau memposting foto calon bayi di akun media sosialnya, Anda mungkinmulai berpikir untuk memberikan kado istimewa untuknya. Kadang sulit menemukan hadiah yang unik untuk ibu baru maupun buah hatinya. Nah, berikut ini Ibupedia akan berikan beberapa ide kado unik untuk bayi baru lahir selain selimut atau baju bayi, tapi tetap sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk para ibu baru.

1. Baju 

Pilihkan pakaian yang terasa nyaman dengan material kain yang tidak mudah kusut. Tentu ibu baru membutuhkan item ini ketika melakukan berbagai aktivitas di rumah bersama bayi. Anda bisa sertakan sandal datar, tank top, dan celana yoga. Pastikan baju ini mudah dicuci dan gampang dicopot agar ibu bisa cepat bersiap menyambut tamu ketika bel pintu berbunyi.

Para ibu yang baru melahirkan tak perlu merasa malu mengenakan celana pendek atau legging setelah melewati persalinan. Selama proses melahirkan, para ibu sudah merasakan sakit, atau ada yang mendapat jahitan sesar, dan mengalami payudara bocor karena ASI. Jadi anggap saja mengenakan baju yang santai, super nyaman, dan mungkin tidak tampak terlihat bagus di depan orang itu adalah reward untuk ibu yang baru melahirkan.

2. Coffee Maker

Jangan salah, ibu yang baru melahirkan membutuhkan kafein. Tapi mereka juga menginginkan kopi yang nikmat, bukan sajian kopi siap minum dari kemasan botol atau kaleng. Khawatir kopi mempengaruhi ASI atau menyebabkan bayi terjaga seharian? Tenang, yang penting asupan kafein yang masuk ke tubuh tidak berlebihan.

Ibu baru bisa minum kopi, teh, atau apapun yang mereka butuhkan agar bisa merasa segar di pagi hari. Anda bisa membuat hari-hari ibu baru jadi lebih berenergi dengan menghadiahkannya alat pembuat kopi. Bayi itu ibarat jam alarm, semua ibu pasti tahu kapan ia harus terjaga untuk menemani anaknya. Sebelum melakukannya, para ibu baru bisa mempersiapkan diri dengan menikmati secangkir kopi seduh dengan aroma yang khas dan menenangkan.

3. Jasa Doula

Ibu yang baru melahirkan akan sangat terbantu ketika Anda datang sebagai pemberi bantuan seperti yang dilakukan Doula. Atau Bunda juga bisa menggunakan jasa Doula sebagai hadiah untuk teman Anda yang baru melahirkan. Profesi doula mungkin tidak terlalu dikenal di Indonesia. Tapi tugas Doula sangatlah membantu keluarga baru dan ada agen-agen di Indonesia yang menyalurkan jasa doula. Salah satu tugas Doula yang sangat berharga adalah ia bisa mengajarkan ibu baru trik menidurkan bayi dan merawat anak yang lebih besar di waktu yang sama.

4. “Me Time” 

Tawaran bantuan Anda untuk mengasuh si kecil akan selalu jadi hadiah yang paling diharapkan ibu baru. Dengan begitu ibu baru bisa punya waktu untuk mandi, beristirahat, atau sekedar minum teh tanpa ada bayi di gendongannya. Yang ada hanya waktu untuk diri sendiri. Hadiah berupa “me time” membuat ibu baru bisa melakukan fungsinya dengan lebih baik.

5. Breastpump elektrik

Kalau teman kamu berencana tetap menyusui anaknya saat harus kembali bekerja, breastpump elektrik akan sangat berguna untuknya. Mempompa ASI pasti jauh lebih efektif dan cepat dengan breastpump elektrik.

6. Buku Parenting

SIbu yang baru melahirkan tentu perlu panduan untuk merawat bayinya. Kita bisa memberikan buku parenting yang kredibel untuk membantunya mengasuh si kecil.

7. Bingkai Foto

Bingkai foto mungkin terlihat sebagai kado yang membosankan, tapi ibu baru selalu membutuhkan benda ini untuk memajang foto-foto si kecil yang tak sedikit jumlahnya.

8. Cemilan atau booster ASI

Menyusui membuat ibu baru sering merasa lapar. Selain itu, untuk menjaga mood tetap baik, ibu baru membutuhkan persediaan cemilan yang ia sukai. Kita juga bisa memberikan booster ASI untuk membantu meningkatkan produksi ASInya.

9. Kursi Goyang

Kursi goyang jadi item yang patut Anda jadikan sebagai hadiah karena akan sangat bermanfaat, terutama di malam hari ketika teman Anda harus terjaga untuk menyusui anaknya. Anda bisa pilihkan design kursi goyang yang dinamis dan cocok diletakkan di ruang tamu ketika bayi sudah mulai besar.

10. Syal

Syal yang lembut bisa menghangatkan tubuh atau menyamarkan tampilan ibu baru yang belum sempat mandi karena sibuk mengurus anak. Syal bisa juga digunakan untuk menutupi bagian payudara ketika menyusui di tempat umum.

11. Travel Kit

Anda bisa membuat bayi baru lahir lebih bergaya saat bepergian dengan menghadiahkan travel kit berisi semua kebutuhannya. Berikan car seat yang disertai pelindung matahari, mainan di mobil, atau kacamata bayi. Mungkin kebanyakan orang tua baru sudah memiliki car seat untuk bayi usia kecil, jadi carikanlah model car seat untuk usia bayi yang lebih besar. Ini pasti akan sangat terpakai saat anak teman Anda sudah bertumbuh besar dan tidak cukup lagi di carseat lamanya. Orang tua baru juga akan menyukai mainan yang membuat bayi sibuk ketika mereka konsentrasi menyetir, dan pelindung matahari serta kacamata bayi akan melindungi mata dan kulit si kecil yang sensitif dari sinar matahari.

12. Bunga

Bunga jadi hadiah yang simpel tapi menarik karena sesuai untuk banyak kesempatan. Lagi pula, tak ada yang bisa menceriakan hari-hari ibu baru yang letih selain karangan bunga yang indah.

13. Bouncer

Bayi baru lahir dan orang tuanya akan menyukai kado berupa bouncer. Bayi bisa bergerak, bergoyang ketika duduk di bouncer dan orangtua bisa melakukan tugas rumah dengan tenang karena tahu bayinya aman dan terhibur. Perlengkapan bayi ini mudah dibawa dan memiliki pilihan bahan kerangka dari logam atau plastik, dengan sabuk untuk memastikan keamanan bayi. Beberapa model menggunakan tenaga baterai atau dengan tambahan musik, mainan, dan suara yang menenangkan. Tapi ingat, ini juga jadi tempat yang tidak aman untuk menidurkan bayi ya. Jadi harus hati-hati!

14. Playmat

Bayi umumnya tertarik dengan lingkungan sekitar mereka, dan Anda bisa membuat interaksi bayi jadi lebih menyenangkan dengan aktivitas di playmat. Biasanya pada playmat terdapat cermin warna-warni, serta benda-benda lain dengan bentuk, ukuran, dan warna berbeda yang bergantungan di tiang dan bisa digapai bayi. Ini akan mendorong perkembangan mata dan kemampuan pertumbuhan fisik.

15. Bantal Menyusui

Benda ini bisa digunakan ibu maupun bayi. Bantal berbentuk bulan sabit ini membantu menopang bayi ketika belajar duduk tapi ibu juga bisa menggunakannya ketika menyusui untuk merasa nyaman meletakkan bayinya di level payudara. Bantal kecil ini biasanya memiliki aneka motif, bayipun semakin senang  meringkuk dengan nyaman.

16. Baju Tidur

Semua orang tahu kalau ibu baru pasti begadang di malam hari. Baju tidur bisa jadi pilihan hadiah yang tepat. Pilihlah material yang ringan dan hangat dengan kerah lebar dan lengan yang bisa dilipat. Dengan tambahan tali pengikat pada bagian pinggang, item ini membuat ibu merasa nyaman ketika berjalan atau menyusui bayi. Pilihkan baju tidur dengan saku agar bisa digunakan untuk menyimpan krim popok atau bib si kecil.

17. Mainan Edukatif

Anak-anak, termasuk bayi, menyukai mainan. Mainan dengan warna dan pola hitam putih akan disukai bayi baru lahir dan mendorong perkembangan penglihatannya. Selain itu, aktivitas dan gerakan di matras akan membantu kemampuan motoriknya. Mainan lembut, yang bisa digigit membuatnya bereksplorasi dengan aman dengan mulutnya.

18. Diaper Bag

Anda bisa pilihkan diaper bag terkini yang multifungsi. Benda ini akan selalu dibawa saat pergi dengan bayi. Pastikan diaper bag bayi muat untuk semua keperluan bayi dan ibu. Akan lebih baik bila tas popok memiliki pegangan pendek serta tali pundak yang bisa disesuaikan.

19. Paket Perawatan Kecantikan

Setelah menjalani kehamilan selama 9 bulan, ibu baru layak mendapat perawatan spa. Hadiahkan perawatan kuku kaki dan tangan untuknya, atau spa lengkap dengan pijat, perawatan wajah, dan hal lain yang berhubungan dengan perawatan tubuh.


(Ismawati)