Kehamilan

6 Manfaat Gym Ball untuk Ibu Hamil yang Menakjubkan

6 Manfaat Gym Ball untuk Ibu Hamil yang Menakjubkan

Gym ball untuk ibu hamil itu yang sering digunakan untuk yoga dan olahraga, bukan? Kok bisa ya gym ball untuk ibu hamil? 

Banyak sekali pertanyaan yang ada di benak para ibu-ibu yang mungkin penasaran saat disuguhkan dengan beragam gerakan senam ibu hamil menggunakan gym ball. Gym ball yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan lho, tak hanya untuk olahraga atau kebugaran saja, namun seringnya gym ball untuk ibu hamil digunakan sebagai persiapan kelahiran nanti. 

Gym ball juga sering ditemukan di ruang fisioterapi untuk digunakan pada kegiatan terapi tertentu. Selain itu, manfaat gym ball untuk ibu hamil juga cukup sepadan dengan harga gym ball untuk ibu hamil yang ditawarkan di pasaran. 

Supaya lebih lengkap wawasannya, yuk kita simak ulasan mengenai gym ball untuk ibu hamil berikut ini lengkap dengan cara memilih gym ball untuk ibu hamil yang direkomendasikan.


Mengenal Gym Ball untuk Ibu Hamil

Gym ball untuk ibu hamil seringnya di luar negeri sana juga disebut dengan birthing ball atau bola bersalin. Gym ball untuk ibu hamil menggunakan bahan yang sama saat digunakan pada gym ball latihan biasa, yaitu berbahan tebal dan tidak mudah kemps karena tusukan atau benturan. 

Perbedaan gym ball biasa dengan gym ball untuk ibu hamil atau birthing ball ini adalah dari ukurannya. Gym ball biasa punya ukuran yang lebih kecil sedangkan gym ball untuk ibu hamil lebih besar, lebih nyaman, dan punya anti slip jadi lebih aman saat digunakan. 

Fitur istimewa anti slip pada gym ball untuk ibu hamil ini berfungsi supaya ibu hamil aman duduk di atasnya meski dalam waktu yang cukup lama. Harga gym ball untuk ibu hamil juga ternyata cukup variatif, ibu tinggal pilih saja di mana Ibu akan membelinya nanti.


Manfaat Gym Ball untuk Ibu Hamil

Gym ball ternyata ngga hanya digunakan untuk proses kelahiran saja, ini bisa digunakan selama masa kehamilan dan bahkan setelah ibu melalui proses kelahiran buah hati tercinta.  Penggunaan gym ball untuk ibu hamil ini sifatnya tidak wajib ya, jadi misalnya Ibu memutuskan untuk tidak memakainya pun tidak berpengaruh pada kesehatan kehamilan Ibu. 

Namun sebuah studi pada tahun 2015 berhasil mengungkapkan tentang manfaat gym ball untuk ibu hamil seperti:

1. Dapat Mengurangi Nyeri Punggung

Cara menggunakan gym ball untuk ibu hamil sebaiknya melalui pengawasan yang ketat oleh tenaga ahli, atau minimal Ibu bisa mempelajarinya terlebih dahulu karena tidak bisa digunakan sembarangan terutama saat sedang hamil. Saat hamil, area tubuh bagian belakang terutama punggung, panggul, dan perut biasanya akan mengalami nyeri atau pegal-pegal yang tak karuan. Menurut beberapa orang yang sudah berpengalaman menggunakannya, manfaat gym ball untuk ibu hamil mampu mengurangi rasa nyeri dan pegal-pegal yang ditimbulkan.

2. Bisa Digunakan Kapan Saja

Harga gym ball untuk ibu hamil tidak murah namun manfaat gym ball untuk ibu hamil ini bisa dirasakan sebelum kehamilan, saat hamil, persalinan, hingga nanti setelah melahirkan si kecil. jadi harga gym ball untuk ibu hamil yang mungkin sedikit pricey ini tetap worth to buy karena bisa dipakai lama dan kapan saja!

3. Dapat Digunakan Sebagai Tempat Duduk yang Nyaman

Ibu hamil memang membutuhkan kenyamanan yang extra, misalnya tidur dengan bantal yang banyak, sepatu flat shoes yang menyelamatkan hari-hari Ibu ketimbang stiletto, hingga tempat duduk yang nyaman dan mampu membentuk anggota tubuh seperti saat duduk di atas gym ball. Ya benar sekali, manfaat gym ball untuk ibu hamil dapat digunakan sebagai tempat duduk yang super nyaman dan tetap aman karena anti slip.

4. Memberi Ruang Gerak untuk Bayi

Manfaat gym ball untuk ibu hamil selanjutnya adalah saat duduk di atasnya dalam posisi tegak, ini akan mendorong pembukaan otot panggul Ibu sehingga akan memberikan ruang gerak bagi bayi yang belum juga turun ke posisi yang benar padahal hari perkiraan lahir sudah mulai dekat. Cara menggunakan gym ball untuk ibu hamil dengan latihan yang tepat juga dapat memberikan manfaat yang tepat pula.

5. Membantu Mengurangi Stress dan Kecemasan

Perasaan galau, gundah gulana, penuh dengan stress, hingga kecemasan memang sering kali menghampiri ibu hamil yang memiliki kondisi psikis dan emosi berbeda-beda. Cara menggunakan gym ball untuk ibu hamil dengan latihan tertentu mampu meredakan stress dan kecemasan ini. Selain itu, manfaat gym ball untuk ibu hamil juga dapat membuat Ibu lebih percaya diri saat melahirkan nantinya.

6. Tersugesti Persalinan yang Menyenangkan

Persalinan adalah proses yang menyakitkan, apapun bentuk persalinan yang dipilih, semua Ibu hampir setuju karena hal ini. Namun sejumlah penelitian mengungkapkan, ibu hamil yang melahirkan dan rutin melakukan latihan menggunakan gym ball untuk ibu hamil selama 30 menit setiap hari cenderung memiliki rasa sakit yang berkurang setelah proses persalinan. Tak hanya itu saja, rasa cemas yang muncul berangsur-angsur membaik dan hilang. Menarik ya Bu?


Cara Memilih Gym Ball untuk Ibu Hamil

Harga gym ball untuk ibu hamil memang beragam dengan variasi harga dari yang lebih murah hingga yang paling mahal. Namun kisaran harga gym ball untuk ibu hamil ini adalah sekitar Rp.100.000-an ke atas untuk penggunaan selamanya dan dengan bahan yang sangat kuat. Ini adalah investasi yang bagus untuk kesehatan. 

Cara memilih gym ball untuk ibu hamil juga tak bisa sembarangan, melansir dari laman Healthline, berikut ini cara memilih gym ball untuk ibu hamil yang direkomendasikan:

1. Memilih Gym Ball dengan Bahan yang Nyaman

Jangan tertukar gym ball untuk latihan biasa dengan gym ball khusus birthing ball ya Ibu. Cara memilih gym ball untuk ibu hamil adalah yang memiliki bahan nyaman dan anti slip supaya Ibu tidak mudah tergelincir saat sedang duduk di atasnya. 

Bila membeli secara online, jangan tergiur dengan harga gym ball untuk ibu hamil yang murah karena dikhawatirkan gampang kempes, meletus, hingga licin saat digunakan.

2. Disesuaikan dengan Tinggi Badan Ibu

Cara memilih gym ball untuk ibu hamil selanjutnya adalah memperhatikan ukuran gym ball itu sendiri. Perlu diketahui bahwa gym ball untuk ibu hamil khusus memiliki ukuran tersendiri yaitu ukuran kecil, sedang, hingga besar. Pedoman umum cara memilih gym ball untuk ibu hamil adalah:

  • Jika Ibu 163 cm atau lebih pendek pilihlah gym ball berukuran 55 cm
  • Jika Ibu 163 – 178 cm dapat memilih gym ball berukuran 65 cm
  • Jika Ibu di atas 178 cm dapat memilih gym ball ukuran 75 cm

Penggunaan gym ball berdasarkan tinggi Ibu akan memudahkan Ibu dalam menggunakan gym ball ini selamanya. Jadi perhatikan kembali ukuran yang cocok ya!

3. Selalu Baca Label Kemasan Gym Ball

Apapun merk gym ball yang Ibu pilih, sebaiknya baca dengan teliti gym ball tersebut apakah boleh dan direkomendasikan untuk ibu hamil. Apakah terbuat dari bahan yang aman, dan apakah gym ball untuk ibu hamil ini menyediakan variasi ukuran sesuai dengan tinggi wanita yang direkomendasikan? Bila ternyata bola tersebut hanya satu ukuran, sebaiknya dipertimbangkan lagi ya kalau tidak cocok dengan tinggi badan Ibu supaya tidak menyusahkan nantinya.


Cara Menggunakan Gym Ball

Ada berbagai macam cara menggunakan gym ball untuk ibu hamil, saat persalinan, dan juga setelah kelahiran si kecil. Bila belum benar-benar yakin, ikuti cara menggunakan gym ball untuk ibu hamil dan momen lainnya seperti berikut ini:

1. Saat Proses Kehamilan

Pada masa kehamilan, gym ball untuk ibu hamil biasanya digunakan untuk meredakan sejumlah nyeri pada anggota tubuh terutama nyeri pada punggung dan panggul. Cara menggunakan gym ball untuk ibu hamil yang benar bisa dengan duduk di atas gym ball tersebut saat sedang di kantor, menonton tv, atau kegiatan lainnya di rumah. Dengan duduk di atas gym ball ini berarti Ibu sedang mengurangi tekanan yang muncul dan dapat membantu Ibu merasa lebih nyaman.

Duduk di atas gym ball juga merupakan latihan yang bagus karena dapat membantu menguatkan otot-otot  perut dan punggung, memperbaiki postur tubuh, dan mempersiapkan tubuh untuk proses kelahiran nantinya. Duduk dengan posisi tegak juga dapat membantu mengubah posisi bayi dari posisi posterior ke posisi anterior yang juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

2. Selama Proses Persalinan

Gym ball bisa juga digunakan selama proses persalinan untuk menemukan posisi yang nyaman. Menggunakan gym ball saat persalinan dan melakukan eksperimen posisi mana yang lebih enak akan meringankan tekanan panggul atau tulang belakang. Ibu bisa duduk di atas gym ball dan bergoyang dari setiap sisi atau dari arah depan ke belakang dan sebaliknya. 

Beberapa ibu hamil juga tampak duduk di atas gym ball sambil mencondongkan tubuh ke depan ke arah meja atau tempat tidur sambil dipijat punggung belakangnya oleh suami. Selain posisi itu, ibu juga bisa memosisikan diri dengan memeluk gym ball sambil berlutut (jangan lupa lutut dialasi bantal empuk) lalu kemudian mulai bergerak mencondongkan tubuh ke arah depan sambil terus memeluk bolanya.

3. Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan biasanya area vagina dan anus masih terasa sedikit nyeri dan akan sakit kalau dipakai duduk. Solusinya, ibu bisa meminta bantuan keluarga untuk mengempiskan gym ball sedikit supaya lebih lembut dan bisa digunakan duduk santai oleh Ibu nantinya. Bila sudah pulih, gym ball untuk ibu hamil tetap bisa digunakan sebagai alat bantu latihan di rumah supaya badan tetap sehat dan bugar. 

Ada berbagai macam gerakan olahraga yang dapat dilakukan menggunakan gym ball ini. Yang paling sering adalah gerakan yoga, ibu bisa langsung cari video olahraganya di Youtube karena sudah tersedia cukup banyak.

Perlu menjadi perhatian, meskipun gym ball ini bermanfaat sejak masa kehamilan hingga pasca persalinan, namun gym ball tidak dapat menginduksi persalinan ya Bu. Konsultasikan kembali hal-hal lain sebelum melakukan persalinan dengan dokter kandungan.

 

Editor: Atalya