Kehamilan

8 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

8 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Meski namanya unik, banyak yang belum mengetahui manfaat buah naga untuk ibu hamil. Nama lain buah naga adalah pitaya. Buah naga banyak tumbuh di Amerika Selatan, Amerika tengah, Meksiko, India, bahkan di Indonesia.

Buah naga memiliki bentuk yang menarik dan tidak biasa. Ada beberapa varietas buah naga, yang populer terdapat di supermarket, yaitu buah naga dengan daging berwarna putih dan buah naga dengan daging berwarna merah. Selain rasanya enak dan cenderung manis, banyak sekali manfaat buah naga untuk ibu hamil. 

Nutrisi pada buah naga

Berat buah naga bervariasi tergantung varietasnya dan di mana ia tumbuh. Biasanya buah naga memiliki berat sekitar 150-600 gram. Kerap digaungkan di mana-mana bahwa banyak sekali manfaat buah naga untuk ibu hamil. Buah naga tinggi akan serat dan antioksidan, termasuk beberapa mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh ibu hamil. Karbohidrat dalam buah naga menyediakan energi bagi ibu hamil. Jumlah kalsium yang berfungsi untuk pertumbuhan tulang juga cukup banyak. Selain itu, buah naga juga mengandung besi, potassium, dan beberapa jenis protein yang penting untuk meningkatkan sistem imun.

Berikut gambaran nilai nutrisional buah naga seperti yang dilansir pada healthifyme agar Ibu mendapat gambaran seberapa besar manfaat buah naga untuk ibu hamil.

100 gram buah naga mengandung:

  • Kalori: 60;
  • Protein: 2,0 gram;
  • Karbohidrat: 9,0 gram;
  • Lemak: 2,0 gram; dan
  • Serat: 1,5 gram.

Ternyata buah naga juga mengandung folat yang berfungsi membantu perkembangan sistem saraf janin. VItamin C dan beta karoten yang terkandung di buah naga juga memberikan nilai tambah bagi tubuh ibu hamil. Selain itu, buah naga juga mengandung komponen penting bernama likopen yang membantu ibu hamil melawan berbagai permasalah jantung, hipertensi, bahkan kemungkinan terserang kanker.

Melihat uraian di atas, tidak berlebihan jika disebut bahwa buah naga mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan ibu hamil. Jika Ibu mencari kesegaran, rasa, dan nutrisi yang baik dalam asupan harian, maka buah naga adalah pilihan yang tepat.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Mengkonsumsi buah naga secara rutin cukup baik karena banyak sekali manfaat buah naga untuk ibu hamil. Selain memberi nutrisi buat ibu yang mengandung, buah naga juga baik untuk mendukung kebutuhan nutrisi perkembangan janin. Berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil seperti yang dilansir pada parenting firstcry.

1. Kaya akan lemak

Fungsi lemak baik sangat mendukung kebutuhan ibu hamil karena lemak baik tersebut tidak hanya menyediakan energi, tetapi juga menjaga keberlangsungan berbagai proses metabolisme tubuh ibu hamil. Selain itu, lemak baik juga mendukung perkembangan otak janin. Proporsi lemak pada buah naga sangat baik, terutama karena sebagian lemak yang terkandung pada buah naga adalah lemak tunggal tidak jenuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah naga secara rutin penting bagi asupan tubuh.

2. Tambahan energi yang berasal dari karbohidrat

Selain kaya akan lemak, buah naga juga banyak mengandung karbohidrat. Karbohidrat tersebut akan dibakar menjadi energi yang langsung ditransfer untuk perkembangan janin.

3. Melindungi dari infeksi

Jika ibu mengalami infeksi akibat mikroba, besar kemungkinan janin yang dikandung bisa ikutan terinfeksi karena mikroba itu dapat masuk ke janin melalui plasenta. Buah naga mengandung nutrisi yang dapat mempercepat regenerasi sel saat tubuh terserang infeksi. Selain itu buah naga juga mengandung zat yang bersifat antifungi dan antibakteri untuk melawan mikroba yang masuk ke tubuh.

4. Mencegah konstipasi

Ibu hamil kerap mengalami konstipasi. Salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil adalah meminimalisir terjadinya konstipasi. Mengkonsumsi buah naga yang banyak mengandung serat secara rutin bisa membuat sistem pencernaan lebih lancar.

5. Menaikkan kadar hemoglobin

Kandungan besi pada buah naga meningkatkan kapasitas sel darah merah untuk membawa oksigen sehingga kadar hemoglobin darah ibu hamil meningkat. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, kadar hemoglobin darah pada ibu hamil akan semakin berkurang. Oleh karena itu, salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil adalah mengurangi kemungkinan anemia.

6. Membantu pertumbuhan tulang janin

Kalsium bukanlah satu-satunya mineral yang dibutuhkan janin dalam perkembangan tulang-tulangnya. Buah naga mengandung banyak fosfor yang merupakan mineral penting yang krusial dalam pembentukan tulang. Menjaga kesehatan gigi juga merupakan manfaat buah naga untuk ibu hamil yang didapat.

7. Mencegah cacat janin

Perkembangan sistem saraf tidak boleh terhalang. Gabungan vitamin B kompleks dengan folat memegang peranan penting dalam pembentukan sistem saraf. Tabung saraf janin yang berkembang baik memastikannya bebas dari penyakit gangguan saraf.

8. Mencegah preeklamsia

Tekanan darah tinggi pada ibu hamil dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya preeklamsia yang berbahaya bagi kehamilan. Manfaat buah naga untuk ibu hamil adalah menjaga tekanan darah agar tetap normal. Selain itu, gula darah yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan juga dapat terkontrol.

Buah naga dapat dikonsumsi langsung seperti buah lainnya. Selain itu, Ibu juga dapat menghidangkan buah naga sebagai jus atau bahkan mengekstraknya untuk kreasi salad. Tidak ada alasan untuk ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi buah naga, bukan?

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih