Kehamilan

Ambeien Berdarah Saat Hamil, Normal Nggak Ya?

Ambeien Berdarah Saat Hamil, Normal Nggak Ya?

Proses kehamilan memang seringkali cukup menyiksa bagi sebagian Ibu. Belum lagi kalau harus merasa kesakitan tiap kali buang air besar dan mengalami ambeien berdarah saat hamil.

Tentu hal ini akan sangat mengganggu, apalagi jika terjadi pada trimester akhir kehamilan. Tak jarang banyak Ibu yang merasa khawatir hal ini dapat mengganggu janin dalam kandungan.

Apalagi biasanya ambein berdarah saat hamil seringkali terjadi saat Ibu mengalami sembelit. Selain harus merasakan sakit yang luar biasa ketika hendak buang air besar, tentu saja jika sampai mengeluarkan darah membuat Ibu jadi trauma untuk mengejan.

Lalu sebenarnya normal nggak ya ambeien saat  hamil? Berbahayakah kondisi tersebut terutama bagi janin yang dikandung? Bagaimanakah cara mengatasi ambeien saat hamil? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini ya Bu.

Apa itu ambeien? 


Ambeien atau wasir dalam istilah medis disebut dengan hemorrhoids. Melansir Mayo Clinic ambeien adalah kondisi nyeri yang muncul saat pembuluh darah di area anus membesar. Ambeien ditandai dengan adanya benjolan di anus, nyeri dan pendarahan dari feses.

Ambeien bisa terjadi pada 3 dari 4 orang dewasa yang ada di dunia. Tak peduli gender, baik laki laki maupun perempuan sama-sama punya kemungkinan besar mengalami ambeien.

Meski ambeien merupakan gangguan yang bisa terjadi pada setiap orang, namun tidak ada satupun yang tahu apa yang menjadi penyebab pasti munculnya ambeien. Akan tetapi, untungnya ambeien bisa dicegah dan diatasi dengan bantuan medis serta mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Normalkah ambeien saat hamil? 


Sebenarnya ambeien saat hamil merupakan hal yang paling sering dialami oleh kebanyakan Ibu hamil. Bahkan hal ini merupakan suatu kondisi yang terbilang cukup normal dan wajar.

Sebab, melansir WebMD biasanya ambeien berdarah saat hamil sering muncul di trimester akhir kehamilan. Penyebabnya selain kurang serat dan mengakibatkan konstipasi, ukuran bayi yang makin membesar juga dapat memengaruhi.

Apalagi ketika janin membesar, maka otomatis hal ini akan memberi tekanan pada pembuluh darah besar di belakang rahim Ibu. Sehingga ambeien saat hamil pun tidak bisa dihindari lagi.

Selain keluhan ambeien berdarah saat hamil, terkadang Ibu juga merasakan sensasi sakit seperti terbakar di area anus. Bahkan juga bisa menyebabkan gatal dan membuat Ibu tidak nyaman untuk sekadar duduk.

Meski cukup mengganggu, biasanya ambeien saat hamil akan menghilang saat Ibu melahirkan nanti. Karena sudah tak ada lagi tekanan yang terjadi di sekitar pembuluh darah sekitar anus.

Tapi, ada pula yang ambeiennya kembali muncul setelah melahirkan. Untuk itu, penting dalam merawat dan menangani ambeien saat hamil agar ketika melahirkan ambeien tidak muncul kembali.

Kenapa ambeien berdarah saat hamil? 


Pembuluh darah yang melebar akan membuat anus terlihat membengkak. Pembuluh darah yang bengkak tersebut dapat robek dan menimbulkan perdarahan.

Terutama bila dilalui tinja yang keras atau mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Apalagi pada Ibu hamil biasanya tekanan tersebut lebih kuat karena adanya janin dalam perutnya.

Selain itu, mengelap anus dengan tisu yang kasar juga dapat memicu perdarahan di pembuluh darah yang bengkak ya Bu. Jadi, sebaiknya jangan sepelekan hal ini agar ambeien saat hamil tidak mengganggu aktifitas sehari-hari.

Kenali gejala ambeien saat hamil


Melansir Medical News Today ambeien hamil bisa terjadi pada pembuluh darah dalam dan luar. Gejalanya pun biasanya berbeda, diantaranya sebagai berikut:

Gejala ambeien pada pembuluh darah luar

  • Pendarahan sekitar dubur, dengan warna merah cerah ketika mengejan saat buang air besar.
  • Rasa sakit yang timbul hanya ketika mengejan dan normal kembali ketika selesai buang air besar.

Gejala ambeien pada pembuluh darah dalam

  • Gatal di sekitar anus;
  • Terdapat benjolan keras yang menyakitkan di dekat anus;
  • Sakit di sekitar anus atau nyeri yang memburuk saat duduk;
  • Lebih umum dialami Ibu hamil dan menyebabkan ambeien berdarah saat hamil.

Cara mengatasi ambeien saat hamil


Ambeien berdarah saat hamil memang tidak diketahui penyebab pastinya. Akan tetapi ada banyak cara mengatasi ambeien saat hamil seperti yang dilansir Healthline berikut ini:

  • Ubah pola hidup sehat, perbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran agar memudahkan Ibu untuk buang air besar;
  • Banyak minum air putih agar tekstur tinja tidak keras;
  • Lakukan senam kegel untuk memperkuat otot sekitar anus, hal ini juga membantu memudahkan kamu melahirkan agar rahim dan anus tetap rileks;
  • Jangan menunda ketika merasakan dorongan untuk buang air besar dan hindari mengejan terlalu kuat;
  • Biasakan membersihkan anus dari arah depan ke belakang atau dari vagina ke anus dan bukan sebaliknya;
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama saat hamil; dan
  • Tidur dengan posisi menyamping untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah di anus.
  • Gunakan kompres dingin untuk meredakan rasa sakit dan kemungkinan ambeien berdarah saat hamil.

Jika ambeien berdarah saat hamil dirasa cukup mengganggu bahkan bisa menyebabkan anemia, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter ya Bu!

Editor: Dwi Ratih