Kehamilan

Benarkah Ada Tanda-tanda Hamil 1 Hari? Ini Dia Penjelasannya

Benarkah Ada Tanda-tanda Hamil 1 Hari? Ini Dia Penjelasannya

Bila Ibu sedang menantikan kehamilan, reaksi tubuh sekecil apa pun akan Ibu tafsirkan sebagai tanda-tanda hamil 1 hari. Ada Ibu yang bahkan segera melakukan tes kehamilan satu hari usai berhubungan seksual, dengan harapan bisa segera hamil. Sebenarnya, bagaimana ya cara menghitung kehamilan dan tanda-tanda seperti apa yang muncul untuk mengisyaratkan kehamilan tersebut?

Menghitung Kehamilan


Ibu tentu pernah mendengar istilah Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), yang sering ditanyakan tenaga kesehatan saat memeriksa Ibu jika berkonsultasi tentang kehamilan. Hari pertama haid biasanya dijadikan patokan untuk menghitung usia kehamilan. Hal ini bukan tanpa dasar. Dilansir dari Medical News Today, proses pembuahan dapat terjadi 14 hari setelah haid hari pertama. Artinya, sel telur matang diproduksi di hari ke 14 paska menstruasi hari pertama. Sementara proses implantasi atau pelekatan sel telur yang berhasil dibuahi pada rahim terjadi 6-7 hari setelah proses pembuahan tersebut.

Proses implantasi ini akan membuat Ibu mengeluarkan sedikit darah. Karena melekatnya zigot ini melalui proses merusak sedikit pembuluh darah di dinding rahim.

Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Dari penghitungan hari pertama haid, Ibu biasanya akan mulai mengalami tanda-tanda sekitar 7 hari usai pembuahan. Jika Ibu berhubungan seksual pada hari ke-14 setelah menstruasi pertama, maka ada kemungkinan sel telur berhasil dibuahi. Tanda awal saat ini seperti mual setelah berhubungan seksual atau mual keesokan harinya, sering dianggap sebagai tanda-tanda hamil 1 hari. Padahal, mual usai berhubungan seksual bukan tanda-tanda hamil 1 hari atau tanda awal kehamilan. Banyak faktor bisa melatarbelakangi rasa mual ini.

Lantas, apakah ada tanda-tanda hamil 1 hari? Tidak ada kepastian tanda-tanda hamil 1 hari. Karena saat Ibu mulai merasakan tanda kehamilan, biasanya usia kandungan sudah terhitung 1-2 minggu bahkan lebih. Apa saja tanda-tanda awal kehamilan setelah sel telur berhasil dibuahi?

1. Flek dan Kram Perut


Pelekatan sel telur yang berhasil dibuahi akan menimbulkan rasa nyeri; sedikit flek berwarna pink, merah, atau cokelat; dan bertahan hingga kurang lebih 3 hari. Tidak perlu penanganan khusus, hanya perlu istirahat lebih banyak dan mengonsumsi makanan bernutrisi.

2. Mual dan atau Muntah


Menurut Office on Women’s Health, perubahan hormone menyebabkan terjadinya tanda-tanda hamil yang beragam. Meski setiap Ibu tidak sama, tetapi mayoritas Ibu mengalami mual dan bisa juga disertai muntah. Ini juga akan mengakibatkan Ibu merasa enggan untuk makan. Asupan untuk tubuh dan janin bisa jadi berkurang. Untuk itu, segera pastikan kehamilan ini, lalu berkonsultasilah pada dokter kandungan agar dokter dapat menyarankan obat pengurang mual dan muntah saat hamil. Ibu juga bisa memilih makanan dan minuman hangat untuk meredakan mual. Meski bukan tanda-tanda hamil 1 hari, mual dan muntah biasa terjadi di minggu-minggu awal kehamilan. Tetapi tak sedikit yang mengalaminya sepanjang kehamilan.

3. Tidak Menstruasi


Tidak menstruasi saat sudah tiba waktunya juga merupakan tanda awal kehamilan. Biasanya, hari pertama terlambat datang bulan dianggap Ibu sebagai tanda-tanda hamil 1 hari. Padahal, biasanya saat hal itu terjadi, pembuahan sudah terjadi dan umur kehamilan sudah terhitung sekitar 3 minggu.

4. Payudara Membengkak atau Nyeri


Payudara terasa nyeri dan tampak membengkak di awal kehamilan. Areola juga lebih gelap dan puting terasa sensitif. Ini terjadi karena perubahan hormon.

5. Sering Buang Air Kecil


Menurut laman WebMD, kebanyakan Ibu mengalami ini di masa 6-8 minggu setelah pembuahan berhasil. Meski tanda ini bisa jadi karena hal lain, jika ini benar karena kehamilan, maka perubahan hormone adalah penyebabnya. 

6. Konstipasi


Yup, meski masih awal, kehamilan muda juga bisa menyebabkan konstipasi, lho. Gerakan usus dipengaruhi oleh hormon progestron yang sedang tinggi sehingga kemampuannya mencerna makanan jadi menurun.

7. Pusing


Meski bukan selalu sebuah tanda-tanda hamil 1 hari, pusing dapat berarti Ibu tengah mengalami perubahan hormon yang signifikan. Tenang saja, biasanya sakit kepala yang dialami ringan saja, kok.

8. Mood Swing


Mood swing sudah pasti jadi gejala paling mudah dikenali. Sebenarnya gejala ini juga muncul saat menjelang menstruasi. Tetapi jika diikuti oleh tanda lainnya, bisa jadi Ibu benar-benar hamil. Apalagi jika kehamilan ini adalah kehamilan yang sangat dinantikan, atau kehamilan yang dikhawatirkan terjadi.

9. Penurunan Berat Badan atau Kenaikan Berat Badan


Setiap Ibu tidaklah sama. Di awal kehamilan ada Ibu yang mengalami penurunan selera makan sehingga berat badan ikut terkikis. Tetapi ada pula yang  mengalami peningkatan selera makan dan berat badan juga bertambah. Jika Ibu sudah memegang hasil tes kehamilan positif, pastikan makanan yang diasup bernutrisi, ya. Usahakan agar naiknya berat badan lebih terkontrol.

10. Dada Terasa Panas


Heartburn atau dada terasa panas biasa terjadi pada Ibu hamil. Biasanya menyerang saat trimester ketiga tapi tak jarang terjadi di awal kehamilan. Bila Ibu tidak sedang mengalami masalah pencernaan, bisa jadi ini adalah tanda Ibu sedang hamil.

11. Kelelahan Berlebihan


Kelelahan bisa dialami siapa saja. Tidak hanya karena kehamilan, Ibu bisa kelelahan karena faktor lainnya. Ini sudah pasti bukanlah merupakan tanda-tanda hamil 1 hari, tapi bisa jadi tanda awal kehamilan.

 

Dari semua tanda-tanda tersebut, semuanya muncul rata-rata 7-14 hari setelah proses pembuahan terjadi. Untuk itu, tidak ada tanda-tanda hamil 1 hari khusus yang muncul. Karena munculnya tanda kehamilan berarti usia kehamilan telah mencapai beberapa minggu.