Kehamilan

Bikin Khawatir, Perut Kecil Saat Hamil Apakah Bayinya Kecil Juga?

Bikin Khawatir, Perut Kecil Saat Hamil Apakah Bayinya Kecil Juga?

Seorang Ibu yang sedang hamil memiliki ciri-ciri khusus yakni perutnya yang membesar. Perutnya pun makin membesar setiap bulannya, seiring dengan bertumbuhnya janin dalam kandungan.

Tapi ternyata nggak semua Ibu memiliki perut yang besar ketika hamil lho Bu! Bahkan saking kecil perutnya, banyak orang tak mengira bahwa Ibu tersebut ternyata sedang hamil. Tentu saja hal ini tak perlu dikhawatirkan ya Bu.

Sebab, tiap Ibu tentu memiliki besar perut yang berbeda ketika hamil. Semua tergantung dari ukuran tubuh dan tinggi badan Ibu sebelum hamil. Biasanya Ibu yang memiliki tubuh kecil dan kurus, akan cenderung memiliki perut yang kecil saat hamil.

Lalu perut kecil saat hamil apakah bayinya kecil juga? Apa saja yang menjadi penyebab perut kecil saat hamil? Normalkah jika Ibu memiliki perut yang kecil selama kehamilan? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ya Bu!

Normalkah perut kecil selama kehamilan?


Tentu saja memiliki perut kecil saat hamil merupakan hal yang normal. Apalagi tiap Ibu memiliki ukuran tubuh dan tinggi badan yang berbeda-beda yang sangat berpengaruh terhadap besar atau kecilnya perut ketika hamil.

Melansir Baby Centre biasanya perut Ibu hamil akan kelihatan membesar mulai dari 12-16 minggu kehamilan. Tapi bagaimana jika sudah mendekati trimester kedua namun perut belum terlalu besar layaknya seorang Ibu hamil?

Jangan panik ya Bu, sebab kondisi ini masih tergolong normal. Terlebih, selama dokter mengatakan bahwa kesehatan Ibu dan janin masih baik-baik saja maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Meskipun mungkin kebanyakan Ibu hamil di usia tersebut perutnya sudah mulai membesar.

Tapi, kebanyakan wanita hamil menginginkan perutnya terlihat lebih membesar sejak dinyatakan hamil oleh dokter. Tujuannya agar orang-orang percaya bahwa ia sedang hamil dan butuh perhatian khusus, terutama ketika berada di ruang publik seperti di dalam bus.

Penyebab perut kecil saat hamil


Ada banyak faktor yang menjadi penyebab perut kecil saat hamil. Melansir Belly Belly berikut adalah penyebab yang penting untuk Ibu ketahui agar tak lagi merasa panik atau khawatir:

  • Kehamilan pertama;
  • Tinggi badan Ibu;
  • Posisi bayi di dalam perut Ibu;
  • Jumlah cairan ketuban terlalu sedikit;
  • Ukuran bayi;
  • Rahim yang menggeser usus;
  • Hamil janin tunggal;
  • Tubuh Ibu memiliki otot inti yang kuat; dan
  • Tubuh Ibu yang gemuk sehingga butuh waktu lama untuk perut terlihat membesar.

Perut kecil saat hamil apakah bayinya kecil juga? 

Secara garis besar, untuk menjawab pertanyaan mengenai perut kecil saat hamil apakah bayinya kecil juga, hal ini tidak ada pengaruhnya ya Bu. 

Sebab, meski Ibu nampak memiliki perut yang kecil selama kehamilan belum tentu ketika bayi lahir juga memiliki ukuran tubuh yang kecil.

Melansir Made For Mums untuk melihat ukuran dan berat badan bayi normal atau tidak biasanya dokter akan memeriksa kondisi kehamilan setiap bulannya. 

Pada trimester pertama, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan panggul untuk mengetahui ukuran rahim yang tumbuh dan melakukan tes USG untuk melihat sudah seberapa besarkah bayi dalam kandungan Ibu.

Biasanya dengan melakukan pemeriksaan tersebut, dokter bisa mengetahui apakah kiranya ukuran tubuh baik normal atau tidak. 

Jika memang berat badan bayi tidak normal, dokter akan meminta Ibu untuk mengoreksi gizi yang dikonsumsi oleh Ibu hamil setiap hari.

Atau bisa juga dibantu dengan pemberian obat atau vitamin untuk meningkatkan nafsu makan Ibu hamil serta membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dalam kandungan. 

Tapi, biasanya bayi yang lahir cukup bulan  akan memiliki berat badan dan ukuran tubuh yang normal meski perut Ibu selama hamil cenderung kecil.

Namun, jika berat badan bayi masih kecil saat lahir meski sudah cukup bulan, biasanya dokter akan melakukan observasi lebih lanjut.  Biasanya berat badan bayi kecil saat lahir akibat kurangnya asupan nutrisi dari Ibu ke janin.

Bisa juga janin tidak menyerap nutrisi Ibu dengan sempurna sehingga menyebabkan berat badannya kurang ketika lahir. Akan tetapi ada jawaban lain mengenai apabila perut kecil saat hamil apakah bayinya kecil juga?

Satu-satunya yang perlu dikhawatirkan pada kondisi tersebut adalah oligohidramnion alias terlalu sedikitnya cairan ketuban yang akan memengaruhi asupan nutrisi dari Ibu pada janin. 

Sehingga jika tak rajin memeriksakan diri ke dokter secara rutin dapat mengganggu perkembangan janin dalam kandungan, sehingga berpotensi lahir dengan berat badan rendah.

Bentuk perut Ibu hamil yang penting diketahui


Memiliki perut besar ketika hamil nggak selamanya menunjukan bahwa bayi yang dikandung sehat dan baik-baik saja. Begitupun sebaliknya ketika kamu memiliki bentuk perut yang kecil selama kehamilan.

Untuk itu, melansir Very Well Family berikut adalah bentuk perut Ibu hamil yang penting untuk kamu ketahui:

1. Perut tampak kecil 

Sudah makan teratur dan bergizi, olahraga cukup dan menjalankan hidup sehat selama kehamilan, tapi kok perut masih tampak kecil menjelang trimester dua? Tenang Bu, penyebab perut kecil saat hamil yang sudah disebutkan sebelumnya bisa mungkin bisa menjadi salah satu faktor pemicu.

2. Perut tampak besar

Bisa jadi akibat posisi bayi di dalam perut yang didukung oleh berat badan Ibu yang makin bertambah. Sehingga otomatis membuat perut menjadi tampak lebih besar.

3. Perut besar dan tampak tinggi

Kondisi ini terlihat bagai Ibu habis menelan satu buah bola basket dan perut membesar di bagian tengah. Tenang, ini merupakan hal yang normal terjadi pada trimester satu hingga dua kehamilan ya Bu. Biasanya hal ini diakibatkan karena Ibu memiliki otot perut yang sangat kuat.

4. Perut lebar

Perut lebar menandakan bawah si kecil sedang dalam posisi berbaring dan melintang di dalam perut Ibu. Biasanya kondisi ini tidak menjadi masalah yang berarti ya Bu, kecuali jika bayi tidak kembali ke posisi kepala di bawah saat waktu melahirkan tiba.

5. Perut turun ke bawah

Kondisi ini mungkin membuat banyak Ibu merasa tidak nyaman. Namun pada Ibu yang memiliki masa otot rendah biasanya hal ini bisa terjadi di trimester dua hingga tiga kehamilan. 

Tetapi, jika perut turun ke bawah terjadi pada akhir trimester tiga kehamilan maka ini menandakan bahwa bayi sudah turun panggul dan tanda melahirkan sudah dekat.

Nah, semoga ulasan di atas sudah bisa menjawab pertanyaan Ibu mengenai perut kecil saat hamil apakah bayinya kecil juga ya Bu!

Editor: Dwi Ratih