Kehamilan

Hasil Testpack Satu Garis Jelas Satu Garis Samar, Apa Artinya Ya?

Hasil Testpack Satu Garis Jelas Satu Garis Samar, Apa Artinya Ya?

Saat hasil testpack satu garis jelas satu garis samar, wajar kok kalau kita merasa dag dig dug sekaligus khawatir.

Biasanya hal yang dipikirkan saat itu adalah, apakah benar ini menunjukan kehamilan ataukah alat testpack-nya yang rusak? Tenang Bu, saat melakukan testpack memang beberapa wanita seringkali hasilnya tidak jelas atau samar.

Ini bisa jadi dikarenakan hormon hCG atau human chorionic gonadotropin hormone yang ada pada tubuh Ibu masih tergolong rendah. Tapi perlu diketahui, masih ada hal lain yang menyebabkan mengapa hasil testpack satu garis jelas dan satu garis samar ya Bu.

Biar nggak penasaran apa penyebabnya, ada baiknya simak terlebih dahulu dalam ulasan berikut ini ya!

Penyebab hasil testpack satu garis jelas satu garis samar


Testpack merupakan alat uji kehamilan menggunakan sampel urine yang bertujuan untuk mengetahui seorang wanita hamil atau tidak. Jika melansir Healthline testpack bekerja dengan cara mendeteksi hormon hCG atau human chorionic gonadotropin hormone dalam tubuh Ibu hamil.

Perlu diketahui, hormon hCG merupakan hormon yang hanya dilepaskan jika sel telur yang telah dibuahi menempel di luar rahim atau ke lapisan rahim dan menandakan seorang wanita sedang hamil. Testpack dilakukan dengan cara menampung sampel urine yang kemudian akan dicelupkan pada alat tersebut.

Apabila seorang wanita positif hamil, maka hasil testpack menunjukan dua garis merah. Sementara jika negatif maka hasil testpack menunjukan satu garis merah. Akan tetapi, seringkali kita menemukan hasil testpack satu garis jelas satu garis samar yang mungkin bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:

1. Kadar hCG masih rendah

Melansir Baby Centre kadar hCG yang rendah ini biasanya dikaitkan dengan calon Bumil yang terlalu dini untuk melakukan testpack. Biasanya dilakukan beberapa hari setelah curiga bahwa dirinya positif hamil.

2. Adanya kesalahan dalam melakukan testpack

Bagi calon Bumil yang baru pertama kali melakukan uji kehamilan menggunakan alat testpack, diharapkan ada baiknya teliti dan baca dengan baik instruksi yang terdapat pada kota kemasan ya Bu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya kemungkinan kesalahan dalam melakukan testpack.

Sehingga dapat menyebabkan hasil testpack satu garis jelas satu garis samar yang justru hanya membuat Ibu kebingungan.

3. Penguapan urine

Hal lain yang menyebabkan hasil testpack satu garis jelas satu garis samar adalah adanya kemungkinan penguapan urine saat melakukan test. Biasanya hasil garis testpack akan keluar setelah 3-10 menit setelah test.

Nah, kalau lewat dari waktu tersebut dapat dipastikan bahwa hasil testpack satu garis jelas satu garis samar tersebut menandakan adanya kesalahan test. Garis yang muncul dipastikan akibat adanya penguapan urine.

Untuk itu, sangat penting untuk membaca cara melakukan testpack yang benar agar hasilnya akurat ya Bu. Kamu juga bisa melakukan testpack kembali minimal 3 hari setelahnya supaya hasilnya lebih pasti. 

Pilih beberapa alat testpack yang berkualitas, bila perlu Ibu juga bisa gunakan alat testpack jenis digital.

4. Kemungkinan keguguran

Menunggu hari yang tepat untuk melakukan testpack kembali bisa jadi sangat menegangkan bagi calon Ibu. Sehingga seringkali perasaan dan emosinya menjadi tidak stabil.

Sayangnya hal ini bisa menyebabkan Ibu mengalami keguguran dini. Menurut The American Collage of Obstetricians and Gynecologist early pregnancy loss atau keguguran dini bisa terjadi sebelum memasuki usia kehamilan 13 minggu. Kondisi ini umum terjadi pada 10 dari 100 Ibu hamil di dunia.

Sehingga saat melakukan uji kehamilan kembali bisa saja menunjukan hasil testpack satu garis jelas satu garis samar yang disebabkan masih adanya hormon hCG di dalam tubuh Ibu dalam level rendah.

5. Alat testpack rusak

Alat testpack yang rusak atau sudah kadaluarsa juga bisa menjadi salah satu penyebab hasil testpack satu garis jelas satu garis samar. Sehingga sebelum membeli testpack ada baiknya perhatikan kemasannya terlebih dahulu.

Arti hasil test pack satu garis jelas satu garis samar


Pada beberapa kasus, arti testpack satu garis  jelas satu garis samar adalah menunjukan Ibu tetap positif hamil. Hanya saja hormon hCG dalam tubuh Ibu mungkin masih terlalu rendah sehingga satu garisnya samar.

Namun melansir WebMD pada beberapa kasus yang jarang terjadi, hasil testpack dengan salah satu garis samar ini bisa jadi menunjukan hasil negatif. Karenanya penting untuk melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter agar dapat diketahui hasil yang tepat.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan USG dan tes darah untuk mengetahui kepastian hamil atau tidaknya. Pada kehamilan awal dokter akan melakukan USG transvaginal untuk mengetahui letak pasti kantung bayi, apakah sudah terdengar detak jantung bayi dan berapa usia kehamilannya.

Editor: Dwi Ratih