Kehamilan

Lakukan 11 Tips Mencegah Keguguran Ini Agar Kehamilan Aman

Lakukan 11 Tips Mencegah Keguguran Ini Agar Kehamilan Aman

Pada dasarnya tidak ada tips mencegah keguguran yang ampuh jika masalah utama dari keguguran tersebut adalah kelainan genetik. Kelainan genetik terjadi secara alami dan menghasilkan kualitas embrio yang kurang baik dan tidak berkembang.

Sehingga menyebabkan tubuh membacanya sebagai sesuatu yang harus dilawan. Keguguran pun terjadi.

Dr. Andra Kusuma Putra, Dokter Spesialis Kandungan dan Ginekologi menyebutkan dalam Instagram Live bersama Ibupedia, bahwa 50% penyebab keguguran adalah masalah genetika. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Namun, untuk masalah non-genetika, keguguran bisa dicegah dengan melakukan beberapa tips mencegah keguguran.

Tips mencegah keguguran

1. Cari tahu terlebih dahulu akar masalahnya


Pada kasus keguguran berulang, penting bagi pasangan untuk mencari tahu akar permasalahan penyebab keguguran agar keguguran berikutnya dapat dicegah. Melakukan pemeriksaan lengkap terhadap kualitas sel telur, sperma dan kondisi saluran tuba merupakan cara mencegah keguguran dini.

Karena dengan mengetahui bahwa sel telur, sperma maupun saluran tuba aman, maka penyebab keguguran bukanlah faktor genetika. Bisa saja penyebabnya adalah infeksi bakteri, gaya hidup tidak sehat, atau kurangnya asupan nutrisi.

Namun bila ternyata masalahnya ada pada faktor genetika, pemberian obat atau vitamin penunjang dapat mencegah keguguran berulang.

2. Konsumsi asam folat sesuai anjuran

Mengonsumsi asam folat merupakan cara mencegah keguguran sejak kehamilan masih diprogram. Asam folat dianjurkan untuk dikonsumsi 2-3 bulan sebelum kehamilan untuk memberikan penunjang nutrisi yang baik bagi sel telur dan sperma sebelum bertemu.

Lebih lanjut, asam folat dikonsumsi secara rutin selama kehamilan untuk mencegah cacat lahir dan mendukung pertumbuhan janin. Bila janin tumbuh dengan sehat dan keadaan rahim baik, keguguran dapat dicegah.

Anjuran konsumsi asam folat adalah 400 mikrogram per harinya. Sebelum kehamilan berlangsung, baik istri maupun suami dianjurkan untuk sama-sama mengonsumsinya.

3. Mempersiapkan kehamilan dengan tepat


Sebelumnya telah disebutkan bahwa pemeriksaan menyeluruh akan membantu menemukan masalah sebelum kehamilan atau masalah yang menyebabkan keguguran. Bila sudah menemukan masalahnya, ambil langkah tepat untuk mempersiapkan kehamilan.

Pemeriksaan yang dilakukan akan bisa menentukan apakah pasangan bisa hamil secara alami atau memerlukan bantuan medis. Langkah berikutnya adalah menjalani program hamil sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Program hamil dengan bantuan medis juga merupakan langkah mencegah keguguran yang disebabkan kelainan genetika. seperti dilansir dari National Health Service (NHS).apabila bukan karena masalah genetika, obat-obatan atau treatment tertentu dapat dilakukan sebelum kehamilan dimulai guna mencegah keguguran.

4. Penuhi nutrisi tubuh

Menyiapkan rumah pertama janin adalah langkah penting dalam tips mencegah keguguran. Karena ketika nutrisi Ibu tercukupi, Ibu telah menyiapkan rahim yang sehat untuk calon buah hati. Aliran darah menuju ke rahim baik dan memungkinkan janin berkembang dengan sehat.

Konsumsi makanan bergizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Bila perlu, tambahkan tablet tambah darah untuk mencegah anemia.

Ibu yang anemia dan kurang gizi akan memengaruhi kondisi rahim dan besar kemungkinan berdampak pada kehamilan. Termasuk di antaranya adalah mengalami keguguran.

5. Batasi asupan kafein


Tips mencegah keguguran berikutnya yaitu membatasi asupan kafein. Kafein dalam kopi, teh, cokelat atau makanan lain yang dikonsumsi lebih dari 200 mg per hari akan menyebabkan keguguran.

Kafein menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh termasuk yang dialirkan melalui plasenta. Ini akan menyebabkan nutrisi ke janin terganggu dan keguguran terjadi.

6. Perhatikan cara mengolah makanan

Melansir dari laman Very Well Familycara mengolah makanan yang tidak tepat akan memengaruhi kehamilan. Infeksi karena bakteri dari makanan yang belum matang atau susu dan keju yang belum dipasteurisasi dapat menyebabkan keguguran. Tips mencegah keguguran karena makanan ini adalah:

  • Konsumsi makanan yang benar-benar sudah matang
  • Perhatikan cara penyimpanan makanan mentah di dalam kulkas
  • Cuci bersih sayuran atau bahan makanan lain, bila perlu gunakan cairan pembersih khusus
  • Ingat untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bahan makanan
  • Olah protein beku dalam waktu maksimal 3 hari.

7. Hindari rokok dan alkohol


Perokok aktif maupun pasif perlu waspada ketika hamil. Ini akan memengaruhi janin dan mengganggu asupan nutrisi dari Ibu ke janin. Sehingga potensi keguguran akan semakin besar terjadi. Bila perlu, hentikan total kontak dengan rokok dan alkohol selama kehamilan.

8. Aktif bergerak dan jaga berat badan

Rutin berolahraga baik untuk memperlancar aliran darah Ibu. Di mana ini juga memperlancar aliran darah ke plasenta. Bergerak dan melakukan olahraga ringan membantu menyamankan Ibu hamil dari keluhan-keluhan di masa kehamilan.

Pantau juga kenaikan berat badan selama hamil, jangan sampai berlebihan. Berolahraga dan memantau berat badan dapat mencegah keguguran.

9. Berhati-hati dalam berhubungan seksual


Ini bukan tentang berapa kali berhubungan seksual selama kehamilan yang akan menyebabkan keguguran. Namun tentang keamanan hubungan seksual terkait penyakit menular seksual.

Penyakit-penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual patut diwaspadai sebagai tips mencegah keguguran. Melakukan seks sehat, tidak berganti pasangan dan menjaga kebersihan area genital penting dilakukan untuk mencegah tranmisi penyakit ke janin.

Melansir Healthline para ahli juga menyarankan tes kesehatan yang melibatkan area genital sebelum kehamilan untuk memastikan keamanan. Seks oral juga sebaiknya dihindari atau gunakan pengaman saat melakukannya.

10. Mengatur penyakit kronis agar stabil atau tidak memburuk selama kehamilan

Ibu dengan diabetes melitus, tekanan darah tinggi atau autoimun sebaiknya mengatur agar penyakitnya tidak memburuk selama kehamilan. Bila penyakit memburuk, risiko keguguran karena komplikasi penyakit semakin besar.

11. Hindari stress berlebihan

Faktor stres dan kelelahan berlebih juga bisa menjadi pemicu keguguran terjadi. Pastikan untuk tenang dalam menjalani kehamilan dan kurangi aktivitas yang biasa dilakukan. Melakukan yoga, mendengarkan musik tenang atau memperbanyak bed rest baik untuk mengoptimalkan kondisi Ibu dan janin.

Banyak dari tips mencegah keguguran ini yang perlu dimulai sebelum kehamilan terjadi. Bukan tanpa sebab, justru inilah yang bisa dilakukan untuk mengamankan kehamilan dan mencegah keguguran. 

Editor: Aprilia