Kehamilan

Penuhi Asupan, Ini 8 Merk Vitamin C untuk Ibu hamil

Penuhi Asupan, Ini 8 Merk Vitamin C untuk Ibu hamil

Banyak pilihan merk vitamin C untuk Ibu hamil di sekitar. Rupanya, apapun merknya, Ibu hamil bisa mengonsumsinya selama tidak berlebihan dari dosis yang dianjurkan. Sebenarnya mengapa Ibu hamil butuh vitamin C ya?

Kebutuhan Vitamin C Ibu Hamil

Dilansir dari laman What to Expect, vitamin C merupakan vitamin larut air yang dibutuhkan tubuh termasuk Ibu hamil. Ibu hamil penting mengonsumsi vitamin C karena berguna untuk memperbaiki jaringan tisu dalam proses penyembuhan. Penyerapan zat besi sangat dibantu oleh vitamin C. Selain itu, vitamin C membantu produksi kolagen serta menjaga imunitas. Pada janin, vitamin C berfungsi dalam perkembangan tulang dan gigi.

Rekomendasi Vitamin C Untuk Ibu Hamil

Rata-rata wanita dewasa memerlukan 75 mg vitamin C per hari dan bisa tercukupi dari sayur dan buah-buahan. Dosis vitamin C untuk Ibu hamil adalah 90 mg/hari dengan jumlah maksimal 2000mg/hari. Tetapi, jika ada suatu kondisi dimana Ibu hamil disarankan untuk menambah asupan vitamin C oleh dokter, seperti dalam situasi pandemi atau ada kebutuhan khusus lain, maka Ibu bisa memilih beberapa merk vitamin C untuk Ibu hamil di bawah ini, ya.

1. HolistiCare Ester-C

Photo source: holisticare.co.id

Merk vitamin untuk Ibu hamil yang satu ini mengklaim produknya tidak perih di lambung. HolistiCare Ester-C merupakan brand yang menghadirkn Ester-C dengan harga murah, sedangkan Ester-C biasanya cukup mahal. Variannya juga cukup beragam. Mulai dari tablet minum, tablet minum C-1000, serta tablet evervescent. Vitamin ini tergolong vitamin C yang dilepaskan perlahan selama 24 jam, sehingga baik untuk tubuh seharian. Selain untuk dewasa, HolistiCare juga menyediakan vitamin C untuk anak. Tersedia juga vitamin D3 1000. Kemasan tabletnya dijual dalam kemasan isi 4, isi 30, da nisi 90. Sedangkan tablet evervescent dijual dengan isi 10 tablet dan hadir dengan rasa jeruk, mangga dan blackcurrent. Tablet evervescent ini juga mengandung kalsium, lho. Untuk tablet vitamin C-nya dibandrol dengan harga mulai dari Rp 5.000-an saja.

2. Redoxon Triple Action

Photo source: redoxon.co.id

Redoxon merupakan vitamin C dalam bentuk tablet evervescent yang dilarutkan ke air. Produk ini mengkombinasikan vitamin C, Zinc, dan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting bagi Ibu hamil. Jadi Ibu bisa mendapatkan vitamin dan mineral lain selain vitamin C dalam satu tablet. Merk vitamin C untuk ibu hamil ini bisa dikonsumsi harian dan tidak menyebabkan nyeri lambung. Dianjurkan minum di pagi hari. Malam juga diperbolehkan asal tidak memiliki gangguan tidur. Vitamin C ini tersedia di apotek, minimarket waralaba, supermarket dan marketplace online. Harga untuk 10 tabletnya adalah Rp 45.000. Tersedia juga rasa blackcurrant selain rasa jeruk.

3. Blackmores Bio C 1000 mg

Photo source: blackmores.co.id

Blackmores yang beredar di Indonesia merupakan kerjasama antara PT. Kalbe Farma, Tbk dan Blackmores, Ltd. Telah diuji kembali kehalalannya. Untuk vitamin C, sebenarnya merk vitamin C untuk Ibu hamil ini tersedia juga dalam kadar 500mg. Seiring dengan kebutuhan imunitas yang meningkat, maka Blackmores juga tersedia dalam dosis 1000 mg. Vitamin ini berbentuk tablet salut selaput dan dikemas dalam botol isi 30 dan 90. Anjuran minumnya satu hari sekali. Tetapi Blackmores menyarankan bagi Ibu hamil dan menyusui agar berkonsultasi kembali pada dokter sebelum mengonsumsi vitamin ini. Harga vitamin C ini adalah Rp 120.000 – Rp 365.000.

4. Becom-C

Photo source: shopee.co.id

Merk vitamin C untuk Ibu hamil ini dikeluarkan oleh Sanbe Farma. Ibu hamil dapat mengonsumsinya jika merasa tidak mengasup makanan yang cukup vitamin C. Vitamin ini mengandung vitamin C 500 mg dan beberapa jenis vitamin B dengan berbagai dosis. Kombinasinya dibutuhkan Ibu hamil maupun orang dewasa pada umumnya. Harga vitamin ini sekitar Rp 20.000-an untuk 1 stripnya.

5. Enervon C

photo source: enervon.co.id

Enervon C memiliki dua jenis vitamin C, yaitu bentuk tablet minum dan tablet effervescent. Keduanya merupakan kombinasi dari vitamin C dan vitamin B kompleks, yang baik untuk Ibu hamil. Semua kemasannya mudah dipegang dan praktis. Tablet minum dikemas dalam kemasan isi 4 dan isi 30, sedangkan tablet effervescent dalam tube isi 10. Harga vitamin ini mulai Rp 5.000-an saja.

6. You C 1000

Photo source: youc1000.com

Vitamin C ini terbilang lebih praktis dan siap minum. You C 1000 hadir dalam bentuk cair dan dikemas dalam botol kaca. Dengan kata lain, minuman vitamin C ini adalah tablet effervescent yang telah dicairkan. Selain vitamin C ada juga kandungan kalsium dalam produk ini. Tidak ada bentuk tablet pada merk ini. Harganya dibandrol mulai dari Rp 8.000-an.

7. Natures Plus Super C

Photo source: iherb.com

Merk vitamin C untuk Ibu hamil asal Eropa ini cukup berbeda dari produk lainnya karena memiliki kandungan rose hip dan routine, yaitu daun Sophora japonica yang merupakan antioksidan yang baik. Produk ini juga telah teruji bebas gluten dan aman untuk vegetarian. Harganya sekitar Rp 400.000-Rp 600.000-an per botol isi 60 tablet. Ada juga yang lebih murah dengan dosis 500 mg.

8. CDR

Photo source: cdr.co.id

Merk vitamin untuk Ibu hamil yang satu ini biasa direkomendasikan karena mudah didapat dan harganya terjangkau. Bentuk vitaminnya adalah tablet effervescent dan dikonsumsi dengan dilarutkan pada air. Bahkan, brand ini jelas menyebutkan bahwa CDR mengandung kalsium, vitamin C, D, dan B6 untuk orang dewasa, ibu hamil dan menyusui. Ini menegaskan bahwa produk ini aman dikonsumsi Ibu hamil  dan merupakan salah satu rekomendasi merk vitamin c untuk Ibu hamil muda. Harga produk ini berkisar antara Rp 35.000-Rp 60.000 tergantung apotek, toko atau isi dari kemasan CDR. CDR hadir dalam kemasan strip isi 2, tube isi 10, 15 dan 20 serta memiliki 2 varian rasa yaitu orange dan fruit punch.

Nah, sekarang ibu hamil sudah tidak perlu khawatir lagi kekurangan vitamin C. Karena jajaran merk vitamin C untuk Ibu hamil di atas bahkan memenuhi tak hanya Vitamin C, tapi juga kalsium, vitamin B kompleks dan zink. Tetap seimbangkan pola makan dan penuhi vitamin C alami dari sayur dan buah-buahan ya, Bu.

Editor: Dwi Ratih