Kehamilan

Persalinan Lebih Nyaman Bersama Doula Persalinan

Persalinan Lebih Nyaman Bersama Doula Persalinan

Beberapa Ibu memutuskan untuk menggunakan jasa doula persalinan untuk membantu proses kelahiran. Tidak hanya pada saat kelahiran, seorang doula menjadi asisten Ibu hamil sejak menempuh kehamilan.

Seorang doula tidak hanya membantu dari segi fisik Ibu hamil saja. Jasa doula juga memberikan bantuan emosional selama hamil dan melahirkan seperti yang dilansir dari WebMD

Doula bukanlah tenaga medis sehingga bukan tugas mereka membantu kelahiran bayi. Seorang doula yang tersertifikasi telah mengambil pelatihan dan lulus ujian materi bagaimana membantu Ibu hamil dan keluarganya selama masa-masa kehamilan yang menyenangkan dan penuh tantangan.

Lantas apa saja tugas seorang doula?

Tugas seorang doula


Jasa doula meliputi berbagai macam peran, tergantung permintaan dari Ibu hamil yang ingin menggunakan jasa doula. Ada 3 jenis jasa doula, yaitu doula persalinan, sebelum persalinan, dan setelah persalinan. 

Ibu hamil bisa menggunakan salah satu jasa doula atau semuanya sekaligus.

1. Doula persalinan

Seorang doula persalinan memberikan perawatan berkesinambungan pada Ibu hamil selama persalinan dan setelahnya.

Sebelum persalinan, sang doula akan bertemu dengan Ibu hamil untuk saling mengenal dan dekat satu sama lain. Mereka juga akan mengajari Ibu hamil bagaimana teknik relaksasi dan bernapas saat proses kelahiran serta bersedia membantu menjawab pertanyaan seputar melahirkan. 

Ibu hamil juga akan diedukasi perihal prosedur kelahiran dan kemungkinan komplikasi yang mungkin terjadi. Setelah itu, doula persalinan dan Ibu hamil akan bersama-sama menyusun rencana kelahiran si kecil.

Selama proses persalinan, doula persalinanakan membantu memberikan kenyamanan dan dukungan moril. Ia juga akan memijat Ibu hamil agar lebih rileks serta membenahi posisi Ibu agar tetap nyaman selama menunggu proses kelahiran. 

Seorang doula persalinan juga akan membantu mencukupi nutrisi dan cairan Ibu hamil dan membantu Ibu mengkomunikasikan keinginan Ibu ke tenaga medis.

Tidak hanya berkomunikasi dengan sang Ibu, seorang doula persalinan juga berkomunikasi dengan sang ayah dan melibatkan sang ayah selama menunggu proses persalinan Ibu.

2. Doula sebelum persalinan

Bagi Ibu yang disarankan oleh tenaga medis untuk melakukan bedrest agar tidak terjadi kelahiran prematur, maka doula akan membantu Ibu melakukan tugas rumah tangga dan mengasuh anak lainnya

3. Doula setelah persalinan

Doula setelah kelahiran mendukung Ibu baru menjalani hari-hari sebagai Ibu baru selama beberapa minggu awal. Mereka membantu perawatan bayi, mengajarkan untuk menyusui, serta membantu melakukan beberapa tugas rumah tangga.

Selain itu, seorang doula akan memberikan dukungan serta semangat pada Ibu dan ayah setelah membawa pulang si kecil. Ia juga akan mengajarkan kedua orangtua untuk merawat bayi. Jika Ibu memiliki masalah menyusui, doula akan membantu mendampingi Ibu dan memberi arahan bagaimana cara menyusui yang benar.

Ayah dan kakak-kakak sang bayi juga disemangati agar dapat mendukung dan membantu Ibu. Doula juga akan memastikan bahwa Ibu beristirahat cukup, makan teratur, minum cukup, dan merasa nyaman dalam menjalani hari.

Kenapa memilih menggunakan jasa doula persalinan?


Seorang doula persalinan dapat membantu Ibu dan ayah memiliki afirmasi positif dan memiliki pengalaman persalinan yang berkesan. Beberapa alasan yang menjadi pertimbangan Ibu memilih menggunakan jasa doula:

Selama persalinan, seorang doula dapat mengambil alih ayah untuk mendukung Ibu sehingga ayah bisa istirahat sejenak

Bahkan, seorang doula dapat mengambil alih ayah sepenuhnya mengingat instruksi bagaimana mendampingi kelahiran dari kelas persiapan kelahiran. Dengan pengambil alihan tugas ini, seorang ayah bisa lebih menikmati proses persalinan dan fokus memberi dukungan emosional pada ibu.

Beberapa riset menunjukkan bahwa Ibu yang menggunakan jasa doula mengalami proses persalinan lebih singkat dan lebih sedikit kecenderungan melahirkan dengan metode caesar. Selain itu Ibu yang menggunakan jasa doula mengalami rasa sakit yang lebih ringan dan memiliki pengalaman melahirkan yang lebih berkesan

Para Ibu yang menggunakan jasa doula setelah persalinan lebih sukses melakukan proses menyusui

Rekomendasi Doula Indonesia

Sekarang sudah banyak doula Indonesia yang sudah tersertifikasi yang dapat Ibu pertimbangkan untuk menggunakan jasa mereka. Siapa sajakah mereka?

1. Rika Widjono (@rika.widjono)

Selain menjadi seorang doula, Rika Widjono juga merupakan founder dari @ceritalahir yang memberikan edukasi seputar latihan prenatal, edukasi prenatal, menyusui, hingga perawatan bayi. Doula Rika yang merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung juga seorang instruktur Yoga.

2. Jamilatus Sa’diyah (@jamilatus.sadiyah)

Doula Jamilatus Sadiyah merupakan salah satu doula yang paling terkenal di kalangan artis. Ia dikenal juga dengan nama akrab Mila. Beberapa artis yang menggunakan jasa doula Jamilatus Sadiyah adalah Nycta Gina, Aurelie Hermansyah, dan Ryana Dea.

Doula Mila merupakan lulusan dari Poltekkes Kemenkes Jakarta pada tahun 2014. Selain menjadi seorang Doula, Doula Mila juga menjadi seorang praktisi hypnobirthing dan praktisi Prenatal Gentle Yoga. Tertarik menggunakan jasa Doula Jamilatus Sadiyah?

3. Ashtra Dymach (@ashtradymach)

Doula Indonesia berikutnya adalah Ashtra Dymach yang merupakan seorang doula pasca persalinan yang sekaligus penulis buku. Ia merupakan founder komunitas @haloibu.id yang merupakan wadah para Ibu dapat berkumpul bersama tanpa menghakimi dan merayakan diri sebagai Ibu dan perempuan.

4. Diana Elsa (@douladiana)

Diana elsa adalah seorang doula yang juga merupakan founder doula sahabat Ibu. Ia juga merupakan seorang instruktur Yoga, praktisi hypnobirthing dan juga kerap memberikan edukasi seputar persalinan.

Apakah Ibu tertarik menggunakan jasa doula persalinan?